Latihan LibreOffice Writer III : Membuka Dokumen

Artikel bagian III ini memuat panduan cara membuka dokumen dengan aplikasi LibreOffice Writer.

Anda akan belajar membuka dokumen Microsoft Word 2007 ( .docx ), Word 2003 ( .doc ), Rich Text Format ( .rtf ), dan tentu dokumen Writer itu sendiri ( .odt ).

Anda dapat mengunduh berkas – berkas dokumennya di sini maupun memakai dokumen dari Latihan II : Membuat Dokumen.

Selamat belajar !

Unduh Dokumen Contoh

Syarat menjalani latihan III ini adalah Anda punya dokumen untuk di buka. Silakan unduh dokumen berikut :

Pertama : Cara Membuka Dokumen

Sebagaimana di Word, di Writer pun ada 2 macam cara membuka dokumen yaitu cara standar dan cara cepat. Berlatihlah melakukan semuanya.

Latihan 1

Buka menu File > Open > muncul jendela pemilih berkas “Open” > buka atau cari folder yang berisi dokumen Anda > klik pada nama berkasnya > pencet tombol Open > dokumen terbuka.

Cara di atas adalah cara standar. Cara standar adalah cara paling umum yang diketahui semua pengguna. Adapun cara cepatnya ada 2 macam :

Latihan 2

Lihat toolbar di bawah menubar Writer > pencet tombol Folder Kuning > muncul jendela pemilih berkas “Open”.

Latihan 3

Pencet Ctrl+O > muncul jendela pemilih berkas “Open”.

Kedua : Menyaring Format Dokumen

Ketika jendela “Open” terbuka, ketika ada terlalu banyak dokumen pada satu folder, Anda bisa menemukan dokumen yang Anda cari lebih cepat dengan menyaring format dokumen.

Maksudnya, Anda bisa membatasi yang ditampilkan hanya dokumen Word, atau dokumen Writer, atau hanya dokumen RTF, sehingga Anda mengenali dokumen Anda dengan cepat.

Lakukan latihan berikut :

Pastikan sebelum latihan, Anda punya folder berisi banyak dokumen .docx, .doc, .rtf, dan .odt seperti gambar berikut.

Latihan 1

Buka menu File > Open > muncul jendela “Open” > masuki folder tempat Anda menyimpan banyak dokumen > klik tombol All Files > scroll ke bawah > pilih format Microsoft Word 2007 – 2011 XML > maka jendela “Open” hanya menampilkan dokumen Word 2007 ( .docx ).

Ini namanya penyaringan.

Latihan 2

Buka menu File > Open > muncul jendela “Open” > pilih saringan Microsoft Word 2003 XML ( inilah format dokumen Word 2003 .doc ) > apa yang Anda lihat ? >  tutup jendela “Open”.

Latihan 3

Buka menu File > Open > muncul jendela “Open” > pilih saringan ODF Text Document ( inilah format dokumen Writer .odt ) > apa yang Anda lihat ? > tutup jendela “Open”.

Latihan 4

Buka menu File > Open > muncul jendela “Open” > saring dokumen Rich Text Format ( inilah format dokumen .rtf ) > apa yang Anda lihat ? > tutup jendela “Open”.

Latihan 5

Buka menu File > Open > muncul jendela “Open” > pilih saringan Text documents > maka jendela “Open” menayangkan semua dokumen teks ( .odt, .docx, .doc & .rtf ) tetapi tidak menampilkan selain teks ( seperti dokumen spreadsheet ( .xlsx, .ods ), dokumen presentasi ( .pptx, .odp ), dan selainnya ).

Ketiga : Membuka Dokumen Terbaru

Di Word ada fasilitas “Recent Documents”, di Writer juga ada. Dengan itu Anda bisa membuka kembali dokumen – dokumen terbaru.

Latihan 1

Buka menu File > Recent Documents > terlihat daftar dokumen yang pernah diedit baru – baru ini > pilih salah satu > dokumen terbuka.

Latihan 2

Bila muncul pesan kesalahan berhubungan dengan “partisi”, maka buka terlebih dahulu partisi yang ada, baru kembali ulangi Latihan 1.

Latihan 3

Bila muncul pesan kesalahan berhubungan dengan “USB flash disk” atau “external hard disk” atau pada intinya “penyimpanan yang tadinya dipakai yang sekarang sedang tidak tersambung”, maka masukkan dahulu USB flash disk atau penyimpanan yang bersangkutan, baru kembali ulangi Latihan 1.

Latihan 4

Bila muncul pesan kesalahan berhubungan dengan “data yang diminta sudah terhapus” maka itu berarti Anda telah menghapus berkas yang hendak dibuka.

Silakan buat berkas baru saja.

Bonus : Apa Itu Dokumen RTF ?

Menyimpan dokumen ke RTF lebih baik daripada menyimpan ke DOCX.

RTF itu bisa diberikan ke teman – teman Anda yang komputernya keluaran lama tanpa di paksa memakai software versi terbaru.

RTF dapat dibaca di semua aplikasi pembaca dokumen ( seperti LibreOffice dan Microsoft Office ), versi lawas maupun baru ( jadi tidak dikunci pada versi 2007 ke atas saja ), dan di sistem operasi apa pun ( Unix, GNU / Linux, Windows, macOS, bahkan Android ).

Baca ringkasannya disini.

Simpan sebagai RTF kalau dokumen Anda hendak diberikan ke teman – teman yang komputernya keluaran lama.

Adapun bila teman Anda siap untuk LibreOffice, maka jangan gunakan RTF tetapi gunakan selalu ODT.

Bersambung . . .

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0.

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.