Panduan Instalasi Solus OS GNU/Linux

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Panduan ini Anda langkah demi langkah menginstal sistem operasi Solus GNU/Linux. Tahap instalasi berjumlah 13 langkah dengan total waktu dibutuhkan sekitar 10 menit. Versi Solus yang digunakan ialah 1.2.0.5 64 bit. Proses instalasi Solus sedikit berbeda dari Ubuntu atau Fedora, karena Solus mempersyaratkan pengguna sudah membuat partisi kosong dulu sebelum aksi instalasi Solus dikerjakan. Panduan ini menjelaskan hal tersebut dengan cara yang enteng dan mudah dikerjakan. Semoga panduan ini bermanfaat.

Sistem Komputer

Saya menggunakan spesifikasi komputer berikut untuk menginstal Solus. Spesifikasi Anda bisa kurang bisa lebih.

  • Acer AspireOne 756
  • Intel Pentium Dual Core
  • RAM 4 GB
  • SSD 120 GB
  • Partisi utama 20vGB
  • Partisi swap 2vGB

Persiapan 1: Buat Partisi Kosong

Hal paling penting sebelum setiap instalasi OS apa saja dilakukan, ialah pengguna wajib menyiapkan dahulu partisi kosong untuknya. Buatlah partisi kosong berjumlah dua buah, satu untuk partisi utama dan satu untuk partisi swap. Saya merekomendasikan minimal partisi utama 20 GB (jangan kurang) dan minimal partisi swap 2 GB (pada zaman ini, boleh tidak lebih). Gunakan program GParted melalui live session GNU/Linux apa saja untuk melakukannya.

Persiapan 2: Booting ke Media Instalasi

Buat dahulu USB bootable berisi sistem operasi Solus yang siap instal. Gunakan program konsol dd (program dari GNU, ada di setiap distro GNU/Linux) untuk membuatnya. ISO Solus berukuran sekitar 1 GB, jadi minimal sediakan USB flash drive berukuran 2 GB.

Langkah 1: Menyalakan Penginstal

Buka menu Solus > cari Install Solus to Disk > nyalakan. Atau klik pada ikon biru berpanah putih di panel atas. Ketika sebuah jendela penginstal muncul, pilih pilihan Install Solus to Disk.

Langkah 2: Memilih Bahasa

Pilih English.

Langkah 3: Memilih Lokasi Geografis

Jangan pilih apa-apa. Cukup lanjut.

Langkah 4: Memilih Keyboard

Pilih pilihan default: English US.

Langkah 5: Memilih Zona Waktu

Pilih zona waktu Anda dari peta dunia yang diberikan. Misalnya saya, Jakarta Indonesia.  Pilihan ini menjadikan pengaturan waktu sistem Solus saya menjadi Waktu Indonesia Barat (WIB).

Langkah 6: Memilih Metode Pemartisian

Selalu pilih manual, yakni pilihan terakhir Assign Mount Points.

Langkah 7: Menentukan Main Partition

Klik pada titik kolom: Mount point, baris: nama partisi Anda. Di titik itulah Anda bisa memilih partisi untuk partisi utama. Di sini, pilih pilihan “/” (slash).

Langkah 8: Menentukan Swap Partition

Klik pada titik kolom: Mount point, baris: nama partisi Anda. Di titik itulah Anda bisa memilih partisi untuk partisi swap. Di sini, pilih pilihan “swap”.

Langkah 9: Menentukan Hostname & Posisi Bootloader

Anda diminta menentukan nama komputer Anda (ditayangkan nanti di setiap Terminal oleh Solus) dan di mana bootloader akan Anda pasang. Pilih nama hard disk Anda di sini bila Anda hanya memiliki 1 hard disk internal. Bila Anda menginstal Solus di hard disk eksternal, pilih nama hard disk eksternal tersebut. Saya menggunakan SSD internal, jadi saya pilih nama SSD saya di sini.

Langkah 10: Menentukan Username

Anda akan diminta menentukan username dan password. Ini adalah informasi rahasia yang akan selalu ditanyakan setiap kali Anda login ke desktop atau ke Terminal (sudo akan selalu menanyakan password ini).

Langkah 11: Menentukan Jumlah User

Anda diminta menentukan jumlah user. Di sini, penginstal Solus memberi Anda kebebasan apakah Anda hanya akan sendiri menggunakan komputer ini ataukah bersama user lain. Anda bisa membuat username-username lain di sini. Namun biasanya Anda tidak perlu membuatnya di sini. Jadi abaikan ini dan lanjut saja.

Langkah 12: Memeriksa Rangkuman 

Anda akan melihat peta rencana yang telah Anda sendiri tentukan dari langkah 1 sampai langkah 11 di atas, di sini. Penginstal Solus memberitahukan rangkuman detail aksi yang akan dikerjakan olehnya kepada hard disk Anda. Sampai langkah 12 ini tidak ada data yang diformat, kecuali Anda menyetujui rencana ini dan melanjutkan ke langkah 13.

Langkah 13: Prosesi Instalasi

Anda masuk ke prosesi instalasi Solus sesungguhnya. Pada langkah 13 inilah pemformatan, penghapusan data, dan penyetelan sistem operasi Solus terjadi. Biarkan sampai ia selesai.

Selesai

Anda akan melihat pesan Installation Complete! dan gambar centang hijau dari penginstal Solus yang menandakan instalasi sistem operasi ini telah berhasil. Anda bisa segera restart dan memilih Solus pada pilihan ketika booting. Selamat menginstal Solus!

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.