Install Virtualbox 5.0 di Fedora 22/Centos 7/RHEL 7

 Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Virtualbox adalah aplikasi untuk dapat menjalankan berbagai macam Sistem Operasi di komputer kita secara virtual. Virtual disini berarti kita tidak perlu menginstall sistem operasi – sistem operasi tersebut langsung ke harddisk kita. Dengan bantuan aplikasi ini, kita bisa belajar berbagai macam jenis sistem operasi berbasis Windows, BSD, Linux hingga Mac OS tanpa harus mempunyai komputer fisik/nyatanya masing-masing.

Versi terbaru Virtualbox saat ini adalah versi 5.0. Versi ini memiliki banyak pembaharuan dan perbaikan dibanding versi-versi terdahulu. Yang paling saya sukai adalah adanya fitur drag-and-drop file dari/ke Host (komputer kita) ke/dari Guest OS (sistem operasi virtual yang kita jalankan) secara langsung.

Berikut adalah tampilan Virtualbox 5.0 yang berjalan di komputer saya :

Artikel ini hanya akan membahas cara install Virtualbox 5.0 di Fedora 22. Tapi tidak tertutup kemungkinan pula untuk dapat diterapkan di distro berbasis RedHat lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Virtualbox 5.0 :

1. Download paket Virtualbox dari halaman ini : Download Virtualbox 5.0. Pilihlah paket yang sesuai dengan versi distro dan arsitektur komputer kalian masing-masing. Contohnya, saya pilih installer AMD64 untuk distro Fedora 22 karena saya memakai distro Fedora 22 64 bit.

Jangan lupa juga untuk mendownload paket extension pack Virtualbox (berlaku untuk semua distro dan arsitektur) : Download Extension Pack

2. Jika di komputer kalian masih terinstall Virtualbox versi sebelumnya, silahkan hapus terlebih dahulu paket tersebut :

 # yum remove VirtualBox-4.3.x86_64  

Saran : Diatas terlihat bahwa versi Virtualbox saya yang lama adalah Virtualbox 4.3. Milik kalian bisa saja berbeda. Untuk mengetahui pasti nama paket yang harus kalian remove, saat kalian sudah mengetik yum remove Virtual, langsung saja tekan TAB. Maka sistem akan otomatis melengkapi nama paketnya secara lengkap.

3. Setelah paket Virtualbox yang lama terhapus, sekarang pindahkan file Virtualbox 5.0 yang sudah kalian download ke Home folder kalian, lalu bukalah terminal dan eksekusi perintah berikut untuk menginstallnya :

CATATAN! : Ganti nama VirtualBox-5.0-5.0.0_101573_fedora22-1.x86_64.rpm dengan nama file yang sudah kalian download masing-masing.

 # rpm -ivh VirtualBox-5.0-5.0.0_101573_fedora22-1.x86_64.rpm
   
 Preparing...             ################################# [100%]  
 Updating / installing...  
   1:VirtualBox-5.0-5.0.0_101573_fedor################################# [100%]  
 Creating group 'vboxusers'. VM users must be member of that group!  
 No precompiled module for this kernel found -- trying to build one. Messages  
 emitted during module compilation will be logged to /var/log/vbox-install.log.  
 Stopping VirtualBox kernel modules             [ OK ]  
 Uninstalling old VirtualBox DKMS kernel modules      [ OK ]  
 Trying to register the VirtualBox kernel modules using DKMS[ OK ]  
 Starting VirtualBox kernel modules             [ OK ]  

Pastikan semua output sudah OK.

4. Terakhir, untuk menginstall file Extension Pack Virtualbox, kalian cukup mengklik dua kali file tersebut, kemudian pilih Install > I Agree.

Semoga bermanfaat 🙂

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.