Seri LVM 2 : Instalasi Centos 7 dengan Partisi LVM

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Pada seri LVM kedua ini saya akan membahas cara instalasi Centos 7 dengan pemartisian langsung menggunakan LVM.

Prasyarat

1. Sudah membaca seri-seri LVM sebelumnya :

Seri LVM 1 : Konsep Logical Volume Management (LVM) di Linux

2. Mengerti cara instalasi Centos.

Spesifikasi

Sistem : Centos 7
Harddisk : 1 harddisk berukuran 20GB

Skenario

Disini saya akan membuat 3 buah partisi dengan masing-masing ukuran sebagai berikut :

Partisi 1
Tipe partisi : Standar
Ukuran : 100MB
Mount point : /boot

Partisi 2
Tipe partisi : LVM
Volume Group : vgsistem
Logical Volume : lvroot
Ukuran : 10GB
Mount point : /

Partisi 3
Tipe partisi : LVM
Volume Group : vgsistem
Logical Volume : lvswap
Ukuran : 1GB
Mount point : Swap area

Khusus partisi /boot memang harus menggunakan tipe partisi standar (non LVM), sehingga harus kita buatkan partisi tersendiri. Sedangkan untuk partisi / dan swap, saya buat dengan tipe partisi LVM dimana masing-masing saya beri nama lvroot dan lvswap. Kedua Logical Volume ini saya masukkan kedalam 1 buah Volume Group bernama vgsistem.

nb : kalian bisa sesuaikan ukuran maupun nama Volume Group dan Logical Volume sesuai kebutuhan.

Proses

1. Silahkan booting melalui installer Centos 7 seperti biasa dan selesaikan langkah-langkah awal instalasi hingga kalian mencapai menu dibawah ini :

Klik saja di pilihan INSTALATION DESTINATION.

2. Kemudian pilih I will configure partitioning > Done. Ini untuk membuat kalian bisa mempartisi secara manual.

3. Selanjutnya kalian akan memasuki menu partisi. Pertama-tama kita buat saja partisi /boot terlebih dahulu. Oleh karena itu ganti skema partisi menjadi Standard Partition, lalu klik tanda +.

4. Pilih /boot pada bagian Mount Point, dan isikan 100 MB (atau ukuran lain terserah kalian. 100 MB adalah ukuran paling minimal) pada bagian Desired Capacity. Kemudian klik Add Mount Point.

Kalian bisa tambahkan label maupun mengganti jenis filesystemnya. Disini saya memberikan label Boot, dan menggunakan tipe filesystem xfs. Kalian bisa juga menggunakan ext4.

5. Selanjutnya kita buat partisi kedua, yaitu partisi /. Klik saja tanda + lalu isikan kembali Mount Point dan Desired Capacity sesuai skenario.

Setelah partisi terbuat, gantilah Device Type menjadi LVM lalu klik menu Modify untuk mengubah nama Volume Group yang awalnya centos menjadi vgsistem. Jangan lupa klik Save setelah mengubah nama Volume Groupnya.

6. Berikutnya sesuaikan kembali hal-hal yang menurut kalian perlu diubah. Seperti misalnya Label atau tipe Filesystem. Jika sudah klik Update Settings.

7. Untuk partisi Swap, langkahnya sama saja seperti membuat partisi /. Tinggal ubah Mount Point, Desired Capacity, ubah Volume Group menjadi vgsistem, ubah label atau tipe filesystem, dan terakhir klik Update Settings.

Jika kalian ingin menambahkan partisi lagi untuk mount point yang lain seperti /home atau /var, caranya sama saja. Bahkan kalian bisa buat Volume Group yang berbeda dengan vgsistem. Misal untuk /home dan /var kalian beri nama lvhome dan lvvar, lalu kalian masukkan ke dalam Volume Group bernama vgdata. Bebas-bebas saja, tinggal kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Sampai tahap ini, tampak keseluruhannya adalah sebagai berikut. Tinggal klik Done > Accept Changes. Untuk mengakhiri proses partisi

Setelah itu kalian tinggal lakukan proses instalasi Centos 7 sisanya.

Lihat seri LVM berikutnya :

Seri LVM 3 : Dasar-dasar Manajemen LVM

Semoga bermanfaat 🙂

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.