Bermain DOTA 2 di Ubuntu 14.04 LTS

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Bagi kalian semua para pecinta game, kini janganlah pernah takut lagi untuk segera beralih ke Linux. Karena dengan adanya aplikasi Steam, banyak sekali game-game keren yang bisa kalian mainkan. Dan salah satu game favorite saya adalah DOTA 2.

Steam sendiri adalah aplikasi yang mendistribusikan game-game maupun aplikasi berbasis internet yang di buat oleh perusahaan Valve. Didalam steam ini ada ribuan aplikasi dan game yang dapat dimainkan secara multiplayer bersama ribuan user lainnya diseluruh dunia. Dan senangnya, Steam juga tersedia di Linux. Kalian bisa membaca apa itu Steam secara lebih lengkap disini.

Untuk menginstall Steam di Ubuntu 14.04 LTS, kalian cukup menginstall perintah berikut di terminal :

$ sudo apt-get install steam

Setelah terinstall, jalankan aplikasinya. Nanti kalian akan diminta untuk mengupdate aplikasi ini terlebih dahulu sebelum bisa memainkannya. Kira-kira ada 300MB file yang perlu kalian download. Jika sudah, barulah kalian bisa menjalankan Steam-nya lagi.

Kemudian, kalian juga perlu untuk membuat akun Steam terlebih dahulu. Silahkan merujuk ke alamat ini untuk cara membuat akun Steam. Mudah kok.

Selanjutnya, kalian juga perlu mendownload game Dota 2nya. Tenang saja, game ini gratis, tapi yang jadi masalah adalah ukuran filenya, yaitu sekitar 9GB. Jika kalian tidak mempunyai internet yang kencang, kalian bisa beli saja game DOTA 2 nya ke orang-orang. Murah kok, biasanya sekitar 20 ribu – 40 ribu. Ini salah satu orang yang menjual game-game di Steam.

Saya anggap kalian sekarang sudah memiliki file mentahan si DOTA 2. Untuk menginstallnya, cukup klik menu Steam > Backup and Restore Games > Restore a previous Backup.

Lalu pilihlah letak folder DOTA 2 kalian, dan klik Select. Selanjutnya tinggal tunggu proses penginstalan sampai selesai.

Terkadang setelah DOTA 2 selesai terinstall, dia akan meminta update terlebih dahulu. Jumlah ukuran file yang harus didownload bervariasi, tergantung seberapa jadulkah file backup DOTA 2 yang kalian beli dibanding dengan DOTA 2 yang paling terupdate sekarang. Siapkan lagi koneksi internet tercepat kalian ya.

Setelah proses update kalian selesai, selanjutnya kalian tinggal mainkan DOTA 2 nya dengan men-klik menu Library > Installed > Play.

Dan ini adalah tampilan menu awalnya.

Spesifikasi komputer dan internet saya :

  • Intel Core i3
  • Ram 4GB
  • VGA Intel HD Graphic Shared Memory
  • Internet DSL up to 512 Kbps 

Dengan spesifikasi seperti diatas, saya bisa memainkan DOTA 2 dengan lancar tanpa lag sama sekali tapi dengan semua opsi pengaturan low.

Selamat bermain kawan!

Semoga bermanfaat 🙂

Komentar Pembaca . . .

  1. gan kenapa ane dapet error ya…
    kan pas install dota 2 nya,,
    connection time out
    padahal koneksi udah oke,,
    prediksi ane, sih masalah nya folder yang buat save nya kekunci,,
    jadi kgk bisa save game,,,

    minta bantuan nya dong..

    Balas
  2. gan, kalo di linux emang bisa ya gan ?? soalnya kemarin aku mau main dota 2. aplikasinya langsung not responding gan, sementara laptopku diem nggak gerak sama sekali mouse
    nya

    Balas

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.