Mengenal Unity Game Developer & Peluang Karirnya Saat Ini

Berbicara tentang banyaknya game engine yang beredar saat ini, salah satunya Unity Game, tentunya tak lepas dari industri game yang kini menjadi salah satu industri yang berkembang sangat pesat.

Bermula dengan kemunculan game-game berbasis komputer, saat ini game-game juga bisa dijumpai pada berbagai platform.

Anda bisa menjumpai game yang secara khusus dimainkan pada perangkat PC dan Mac, virtual reality (VR), konsol game, handheld, smartphone, tablet, browser, ataupun smart TV. Jumlah game yang di rilis ke pasaran jumlahnya sangat banyak. Data tahun 2016 dari New Zoo mengungkapkan bahwa terdapat sebanyak 2,5 miliar game dijual ke pasaran.

Jumlah game yang banyak itu juga diimbangi dengan angka penjualan tinggi. Data PwC mengungkapkan bahwa angka penjualan game di tingkat global pada tahun yang sama, berada di kisaran US$74,99 miliar.

Dengan potensi yang sangat besar tersebut, membuat banyak perusahaan pembuat game getol dalam meluncurkan game terbaru.

Di waktu yang sama, kebutuhan tenaga developer game juga sangat tinggi. Apalagi, developer yang mampu menciptakan game berkualitas di berbagai platform, baik PC, virtual reality, konsol game, smartphone, dan lain-lain.

Cara Developer Game Mengembangkan Game Berkualitas

Bagi seorang developer, termasuk juga Unity Game Developer, membuat game sebenarnya adalah hal yang tidak terlalu rumit. Ada 5 tahapan umum yang perlu dilakukan oleh seorang kreator game, yakni :

1. Riset Awal

Riset menjadi tahapan pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat game. Langkah ini penting agar Anda bisa mengetahui hal-hal yang tak boleh dilewatkan dalam game. Selain itu, riset juga berguna untuk mengetahui apa saja yang diperlukan untuk pembangunan game tersebut.

2. Perancangan

Langkah selanjutnya adalah mulai merancang game. Pada tahapan ini, Anda perlu memiliki gambaran mengenai game yang akan dibuat.

Perhatikan pula jenis bahasa pemrograman yang ingin dipakai. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan apakah game tersebut bakal memiliki update di masa depan atau tidak.

3. Kebutuhan Software Tambahan

Tahapan ketiga, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan software tambahan atau tidak. Untuk game yang sederhana, Anda hanya perlu perangkat lunak berupa compiler serta code editor.

Namun, game yang berkualitas dan kompleks, membutuhkan software seperti model 3D ataupun edit gambar. Tidak ketinggalan, Anda juga perlu menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi yang menunjang kinerja software model 3D dan edit gambar.

4. Pembuatan Kode Program

Langkah yang keempat adalah memulai pembuatan kode game. Anda bisa membangun game dari berbagai jenis bahasa pemrograman, di antaranya Javascript, Java, Swift, C++, C#, dan lain-lain.

Game-game kecil, dapat Anda bangun secara langsung dengan bahasa pemrograman tersebut. Namun, untuk game dengan fitur yang kompleks, Anda memerlukan bantuan game engine.

Sama halnya seperti memilih bahasa pemrograman, Anda juga bisa menemukan banyak opsi game engine. Beberapa game engine yang populer di kalangan developer game dunia di antaranya adalah Unreal Engine, Unity, GameMaker, Godot, CryEngine, LibGDX, ataupun Urho3D.

Menariknya, keberadan game engine memberi peluang kepada developer pemula untuk menciptakan game tanpa perlu coding.

5. Pengujian dan Pemasaran

Langkah akhir yang perlu Anda lakukan adalah menguji game sehingga tidak ada celah atau bug. Proses pengujian bisa memakan waktu yang lama. Setelah proses pengujian cukup, Anda dapat mulai memasarkan game tersebut.

Cara pemasarannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, lewat website, mengunggahnya ke marketplace, ataupun memproduksi hard copy dan menawarkannya ke toko game.

Kenapa Harus Menggunakan Game Engine ?

Dalam tahapan proses pembuatan game, Anda mungkin bertanya-tanya mengenai keharusan menggunakan game engine oleh seorang developer. Jawabannya, game engine bukanlah perangkat yang wajib dalam pembuatan game. Anda bisa saja menciptakan game berkualitas tinggi tanpa perangkat lunak yang satu ini.

Hanya saja, Anda perlu kerja ekstra kalau ingin menghasilkan game bagus tanpa disertai game engine. Bahkan, aktivitas membangun game tanpa game engine seperti layaknya Anda bekerja di perusahaan game puluhan tahun yang lalu. Pada tahapan tersebut, Anda harus membangun semua komponen yang digunakan dalam game mulai dari nol.

Beberapa komponen penting yang perlu Anda bangun ketika membuat game dari nol di antaranya adalah rendering engine, audio engine, physics engine, serta artificial intelligence (AI). Tidak ketinggalan, Anda juga perlu mempertimbangkan spesifikasi minimum serta platform yang digunakan untuk memainkan game.

Dengan segudang tugas tersebut, menciptakan game berkualitas dari nol merupakan pekerjaan yang berat. Butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Alhasil, konsep game yang sudah matang bisa menjadi konsep yang usang karena sudah didahului oleh developer lain.

Pekerjaan semacam ini, sangat cocok kalau Anda memang bertujuan untuk belajar cara membuat game secara komprehensif. Sebaliknya, kalau Anda punya keinginan untuk menghasilkan game bagus untuk dijual ke pasaran, cara tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan game engine.

Pilihan game engine yang bisa Anda pakai sangat banyak. Unity menjadi game engine yang dalam beberapa tahun terakhir memiliki popularitas tinggi. Unity pertama kali diluncurkan secara khusus untuk platform Mac OS X pada Worldwide Developers Conference Apple tahun 2005. Saat ini, Unity telah mendukung lebih dari 25 platform.

Alasan Kenapa Banyak Developer Menggunakan Unity Game

Unity Game development
Game Development

Saat ini, Unreal Engine dikenal sebagai game engine terpopuler dunia. Hal ini cukup lumrah, mengingat Unreal telah berkembang lama, sejak tahun 1998.

Di sisi lain, Unity menawarkan tren penggunaan yang sangat positif, khususnya pada pembuatan game mobile. Sebagai buktinya, 34% dari 1.000 top free games merupakan game berbasis Unity.

Popularitas Unity Game tentunya bukan tanpa sebab. Ada beberapa keuntungan yang membuat Unity disukai oleh para developer game, di antaranya :

1. Kemudahan Membuat Game Dalam Berbagai Platform

Unity Game membuat Anda punya kemampuan untuk bisa membuat game dalam berbagai platform. Seperti yang telah disebutkan, Unity mendukung lebih dari 25 platform digital. Anda bisa memilih untuk membangun game berbasis Windows, Android, Mac, Xbox, PS4, Tizen, dan sebagainya cukup dalam satu perangkat lunak.

Kemampuan Unity untuk menghasilkan game dalam berbagai platform ini juga sangat berguna ketika Anda ingin meningkatkan popularitas game. Sebagai contoh, pada awal peluncurannya, Anda hanya menyediakan game berbasis PC.

Namun, seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, Anda ingin meluncurkan game untuk Android ataupun iOS. Lewat Unity, Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah.

2. Kemampuan Membuat Berbagai Jenis Game

Kreativitas Anda membuat game tidak akan terbatasi ketika menggunakan Unity Game. Anda dapat menciptakan berbagai jenis game di Unity. Kemampuan membangun game 3D menjadi keunggulan utama Unity. Namun, Anda dapat pula memanfaatkan game engine yang satu ini untuk memproduksi game 2D.

Anda dapat berkreasi menciptakan role playing game (RPG) dengan Unity. Game edukatif berupa puzzle juga dapat Anda buat dengan mudah. Tidak ketinggalan, Unity memberi sarana yang luas bagi para developer dalam mengembangkan multiplayer game.

3. Kemudahan Dalam Berkolaborasi

Mengembangkan game bukanlah pekerjaan personal, tetapi kerja tim. Di Unity, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan anggota tim secara mudah. Tersedia fitur berupa Unity Teams yang memungkinkan hal ini. Lewat Unity Teams, Anda dapat berbagi ataupun melakukan sinkronisasi proyek dengan anggota lain dalam waktu singkat.

Menariknya lagi, kolaborasi menggunakan fitur Unity Team, tidak mengharuskan Anda berada dalam satu ruangan. Unity Team bekerja dengan sistem cloud. Dengan cara kerja seperti ini, Anda bisa berkolaborasi secara jarak jauh.

4. Cara Penggunaan Yang Mudah

Membuat game dengan Unity menjanjikan cara yang sangat praktis. Unity Game memiliki sebuah fitur menarik yang disebut Play Mode.

Fitur ini memungkinkan Anda mencoba game yang tengah dibuat secara langsung tanpa menunggu proses compile. Keberadaan fitur ini membuat Anda bisa membangun game dalam waktu yang ringkas.

5. Fitur Yang Membantu Pengembangan Game

Fitur lain yang tak kalah mengagumkannya dari Unity Game adalah Unity Analytics. Fasilitas ini memberi informasi berupa hasil analisis game yang bakal sangat berguna bagi Anda.

Data analisis yang didapatkan, bisa dijadikan sebagai sarana pengembangan game di masa depan. Data ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan para gamer. Di waktu yang sama, data ini juga berguna bagi developer dalam meningkatkan monetasi game.

6. Komunitas Yang Besar

Komunitas para pengguna Unity Games juga sangat besar. Keberadaan komunitas menjadi faktor penting dalam pengembangan game. Lewat komunitas tersebut, Anda bisa memperoleh banyak informasi penting. Bahkan, Anda juga bisa berkolaborasi dengan sesama developer lewat forum Unity.

7. Tersedia Secara Gratis, Lho !

Daya tarik berikutnya yang membuat banyak developer menggunakan Unity adalah karena game engine ini dapat digunakan secara gratis. Pihak Unity memberi keleluasaan pemakaian Unity Game secara cuma-cuma untuk personal, lengkap dengan segala fitur yang tersedia.

Game Populer yang Dibangun dengan Game Engine Unity

Dengan berbagai keuntungan seperti itu, membangun game dengan Unity jadi pengalaman menarik. Apalagi, banyak game populer yang dibangun dari Unity, di antaranya :

1. Pokemon Go

Permainan Pokemon Go
Pokemon Go

Hampir semua orang mengenal game yang fenomenal ini. Game ini mendorong penggunanya untuk berkeliling ke berbagai tempat dan berburu pokemon. Cara permainannya asyik, menggunakan teknologi augmented reality.

2. Temple Run Trilogy

Permainan Temple Run
Temple Run

Temple Run Trilogy menjadi game populer berikutnya yang dibangun dari Unity. Game ini diluncurkan tahun 2011 dan tersedia untuk Android, iOS, serta Windows Phone. Sejak awal peluncurannya, game ini langsung menjadi hits.

3. Assassin’s Creed : Identity

Permainan Assassin's Creed
Assassin Creed

Assassin’s Creed : Identity menjadi game seri Assassin’s Creed yang tidak kalah populernya. Game genre action role-playing ini diluncurkan pertama kali dalam versi beta pada tahun 2014.

Selanjutnya, Ubisoft resmi merilis Assassin’s Creed: Identity secara global masing-masing untuk iOS dan Android pada tahun 2016.

4. Deus Ex : The Fall

Permainan Deus Ex : The Fal
Deus Ex

Deus Ex : The Fall (2013) merupakan seri game yang berkaitan erat dengan game Deus Ex: Human Revolution (2011). Game yang memiliki genre FPS/RPG ini mengajak Anda berperan sebagai mantan prajurit Inggris bernama Ben Saxon. Ceritanya menarik, dengan latar belakang tahun 2027.

5. Escape Plan

Permainan Escape Plan
Escape Plan

Escape Plan merupakan game yang dirancang oleh Fun Bits Interactive untuk perangkat PS Vita dan PS4. Game ini bertema survival dan puzzle. Anda diajak untuk memerankan 2 karakter, yakni Lil dan Laarg dan berusaha melarikan diri dari berbagai perangkap yang mematikan.

6. Battlestar Galactica Online

Permainan Battlestar Galactica
Battlestar Galactica

Game berbasis massive multiplayer online (MMO) yang dibangun dengan Unity bisa Anda temukan pada Battlestar Galactica Online. Game ini bisa dimainkan lewat aplikasi browser. Diluncurkan pada tahun 2011, game ini sempat menjadi game yang populer dengan jumlah pengguna mencapai angka 250 juta.

7. Angry Birds 2

Permainan Unity Game : Angry Birds 2
Angry Birds 2

Angry Birds 2 menjadi game populer selanjutnya yang membuktikan kemampuan Unity Game dalam menciptakan game berkualitas. Game ini menawarkan cara bermain yang santai dan sangat menyenangkan.

Peluang Kerja Developer Game Unity di Indonesia

Sampai di sini, Anda tidak perlu meragukan kemampuan yang dimiliki oleh Unity Game sebagai salah satu game engine terpopuler dunia.

Namun, bagaimana dengan peluang kerja sebagai seorang developer Unity Game di Indonesia ? Jawaban atas pertanyaan ini tentu saja sangat sederhana. Peluang kerja developer Unity Game di tanah air, sangat besar.

Seperti yang telah disebutkan, Unity Game merupakan game engine yang secara khusus sangat cocok digunakan untuk pengembangan game mobile.

Di sisi lain, angka penggunaan smartphone di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Menurut data eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia pada 2018 mencapai angka 103 juta.

Sebagai tambahan, tingkat penggunaan game mobile di Indonesia juga sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari hasil riset yang dilakukan oleh New Zoo terkait pasar industri game di tanah air.

Laporan New Zoo tahun 2017 menunjukkan bahwa ada sebanyak 23,7 juta gamer di Indonesia dengan potensi pemasukan mencapai angka US$880 juta.

Di sisi lain, geliat para pelaku industri game di Indonesia juga sangat tinggi. Bukti dari tingginya aktivitas usaha tersebut bisa dilihat dari begitu banyaknya perilisan game oleh para developer tanah air. Menariknya, beberapa developer mampu menciptakan game yang populer di tingkat dunia.

Sebagai informasi, ada beberapa developer yang sudah memiliki nama di tingkat internasional, seperti :

Touchten Games

Touchten Games menjadi developer yang punya nama tenar di level internasional. Game buatan mereka, Infinite Sky, menjadi game yang masuk dalam top 10 App Store iOS di 43 negara.

Mereka juga sempat melakukan kolaborasi dengan 9GAG saat memproduksi game berjudul Redhead Redemption.

Digital Happiness

Bagi sebagian orang, nama Digital Happiness mungkin tidak terlalu familier. Namun, tahukah Anda bahwa game populer bertajuk DreadOut merupakan kreasi dari developer game yang berbasis di kota Bandung ini. Menariknya lagi, cerita DreadOut kini telah diangkat ke serial TV oleh Netflix.

Toge Production

Reputasi sebagai Best Browser Strategy and Simulator serta Best Game of The Year tahun 2012 dari game Infectonator menjadi bukti kualitas dari game buatan Toge Production.

Developer ini juga terbilang sangat aktif dalam meluncurkan game baru, di antaranya Infectonator 3 : Apocalypse, Coffee Talk, Rising Hell, Ultra Space Battle Brawl, dan lain-lain.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, memulai langkah sebagai developer Unity Game bisa menjadi jalan meraih kesuksesan.

Penutup

Unity Game memberi kemampuan bagi Anda dalam menciptakan game di berbagai platform. Kemampuan ini, selanjutnya bisa memberi pilihan bagi Anda untuk mencari tempat kerja yang terbaik. Pilihannya tak terbatas zonasi, lho !

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

RajaBackLink.com

Yakin Ngga Mau Diskusi ?