Apa Itu Computer Science ? Kenapa Populer di Indonesia ?

Bagi yang sudah akrab dan cukup sering bergelut dengan dunia komputer, istilah computer science tentunya tidak asing lagi.

Jadi apa sebenarnya computer science ini ? Dan apakah sama dengan IT ( Information Technology / teknologi informasi ) yang selama ini akrab dengan dunia komputer ? Apa saja yang dipelajari dalam disiplin ilmu komputer dan bagaimana peluang kerjanya di Indonesia ?

Computer science merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputer dan sistem komputasi. Orang yang bergelut di bidang ini biasanya melakukan proses interaksi dengan data yang kemudian disajikan ke dalam format program.

Tidak seperti insinyur komputer dan elektrik, computer scientist ( sebutan untuk orang yang bekerja di di bidang ini ) biasanya berhadapan dengan software dan sistem perangkat lunak. Termasuk juga di dalamnya teori, desain, pengembangan hingga pengaplikasiannya di industri.

Di Indonesia, kita lebih mengenal computer science sebagai ilmu komputer, salah satu jurusan yang cukup banyak dibuka di universitas-universitas di tanah air.

Perbedaan Computer Science dengan Information Technology

Secara umum, baik ilmu komputer dan teknologi informasi sebenarnya memiliki cakupan yang tidak jauh berbeda. Secara teoritis hingga penerapannya di lingkungan industri, kedua ilmu ini sangat mirip.

Materi yang akan dipelajari juga sama-sama tidak jauh dari algoritma, pemrograman dan pengetahuan lainnya seputar komputer. Meski begitu, ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Apa saja perbedaannya ?

Perbedaan Penamaan

Istilah ilmu komputer lahir dari beberapa universitas di Indonesia yang pertama kali membuka fakultas yang mempelajari komputer. Kedua kampus tersebut adalah Universitas Indonesia (ITB) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada masa itu, dosen-dosen di UI belajar tentang komputer di Amerika Serikat dan memperkenalkan program studi yang kemudian diberi nama computer science atau ilmu komputer.

Di sisi lain, guru-guru besar di ITB banyak yang latar belakang pendidikan komputernya berkiblat ke Eropa, terutama Prancis. Di sana ilmu tentang komputer dikenal dengan nama informatics yang kemudian kita kenal sebagai teknologi informasi.

Fokus Ilmu yang Berbeda

Karena pedoman awal yang digunakan berbeda, mau tak mau ada perbedaan dari kedua disiplin ilmu. Di jurusan ilmu komputer, mahasiswa akan diberi pengetahuan dasar tentang komputer itu sendiri.

Hal-hal yang bersifat teoritis seperti teori jaringan, pemrograman sistem hingga algoritma. Walaupun begitu, praktik dan penerapan juga tetap diajarkan. Bisa dibilang dalam ilmu komputer, praktik dan teori memiliki porsi yang sama.

Di sisi lain teknologi informasi lebih menitikberatkan praktik daripada teori. Tidak heran jika banyak tenaga profesional yang dihasilkan adalah orang-orang yang terampil melakukan implementasi di lapangan, misalnya saja pembuatan aplikasi.

Mahasiswa jurusan teknologi informasi umumnya lebih banyak melakukan praktik daripada mahasiswa ilmu komputer.

Apa Saja Materi dalam Computer Science dan Kenapa Programmer Harus Mempelajarinya ?

Semakin banyaknya pengguna ponsel pintar dan komputer membuat profesi programmer semakin populer. Aplikasi yang dipasang baik yang berbasis mobile, desktop atau web, semua dibuat oleh seorang programmer.

Jika dilihat dari pengertiannya, programmer adalah orang yang mempunyai skill atau kemampuan untuk merancang syntax ( kode program ) dengan menggunakan beragam bahasa pemrograman.

Berdasarkan skill yang dituntut, seorang programmer haruslah mempelajari computer science. Kenapa ? Karena dalam disiplin ilmu ini ada dua materi yang ditekankan dan keduanya sangat penting bagi seorang programmer. Apa saja ?

1. Pemrograman

Pemrograman merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting bagi seorang programmer. Pemrograman sendiri merupakan proses menulis, menguji, memperbaiki dan memelihara kode yang digunakan untuk membangun suatu program atau aplikasi komputer.

Tujuan pemrograman ini adalah untuk membuat program bisa melakukan penghitungan atau task sesuai dengan keinginan pembuatnya.

Untuk dapat melakukan pemrograman, seseorang dituntut paham tentang algoritma, logika, matematika dan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman sendiri banyak sekali jenisnya namun dalam pembuatan satu program biasanya hanya 1 atau 2 jenis saja yang dipakai. Beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan di Indonesia antara lain :

  • Java

Java adalah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat mulai dari PC hingga mobile. Bahasa pemrograman ini sangat populer karena memiliki berbagai kelebihan.

Selain bisa digunakan di berbagai sistem operasi, Java termasuk ke dalam OOP ( pemrograman berorientasi objek ) yang mudah digunakan oleh programmer termasuk masih pemula. Banyak aplikasi Android yang beredar saat ini dibangun dengan menggunakan bahasa Java.

  • C

Bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Diciptakan pertama kali oleh Dennis Ritchie, Bahasa C populer di Indonesia karena banyak perguruan tinggi dan lembaga kursus pemrograman menggunakannya sebagai dasar sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain.

  • PHP

PHP atau PHP Hypertext Pre-processor banyak digunakan di Indonesia karena gratis dan merupakan server side scripting yang diciptakan untuk membangun website dinamis. Beberapa situs ternama yang menggunakan PHP antara lain Facebook, WordPress dan Digg.

  • Visual Basic

Dikembangkan oleh Microsoft, Visual Basic menawarkan IDE visual untuk membuat perangkat lunak. Visual Basic yang merupakan bahasa pemrograman turunan BASIC ini banyak digunakan untuk pengembangan software-software untuk sistem operasi Windows.

Hingga saat ini ada banyak sekali programmer di Indonesia yang melakukan pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan Visual Basic.

  • Python

Berdasarkan kelas dalam bahasa pemrograman, Phyton termasuk ke dalam bahasa tingkat tinggi. Bahasa ini dapat digunakan untuk membangun aplikasi baik yang berbasis web atau mobile. Meski begitu Phyton cukup mudah dipahami oleh pemula karena menggunakan syntax yang mudah dipahami.

Beberapa perusahaan besar yang membuat aplikasi dan situs dengan menggunakan Phyton antara lain Instagram, Pinterest dan Rdio. Beberapa pengembang besar populer dunia seperti Google dan NASA juga menggunakan bahasa pemrograman Phyton.

  • JavaScript

Berbeda dengan Java, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang kebanyakan digunakan untuk web. Dengan menggunakan JavaScript, Anda bisa membuat situs dengan tampilan yang interaktif dan menarik. JavaScript sendiri pertama kali dikembangkan oleh Netscape.

Selain keenam bahasa pemrograman yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya yang bisa dipelajari oleh seorang calon programmer. Semakin banyak bahasa pemrograman yang Anda kuasai, semakin banyak perusahaan yang akan mencari Anda untuk dipekerjakan.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Materi lain yang juga harus dikuasai oleh seorang programmer adalah rekayasa perangkat lunak atau RPL. RPL dipelajari untuk mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak mulai dari proses merancang, membuat, memelihara hingga pengembangan dan manajemennya.

Seorang programmer yang menguasai rekayasa perangkat lunak harus bisa memastikan program yang dibuatnya dapat dirawat, bisa mengikuti perkembangan teknologi, memenuhi kebutuhan yang diinginkan, mampu memenuhi keinginan pengguna serta efektif dan efisien energi dalam penggunaannya.

Computer Scientist Populer dan Berpengaruh di Dunia

Ilmu komputer sendiri sebenarnya sudah lama ada. Salah satu ilmuwan komputer yang paling terkenal dan diingat dunia adalah Alan Turing.

Selain Alan Turing, ada cukup banyak lagi nama-nama tokoh dunia lainnya yang berhasil mengubah dunia dengan ilmu komputer yang mereka pelajari. Simak beberapa di antaranya berikut ini :

Barbara Liskov

Barbara Liskov mengembangkan dan mengimplementasikan CLU. CLU sendiri menjadi buku panduan bahasa pemrograman lain seperti Java yang dibuat dengan meminjam syntax dan semantiknya.

Dia juga membantu mengembangkan Argus, bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang untuk mendukung pembangunan dan pemeliharaan program yang didistribusikan.

Elon Musk

Terkenal dengan julukan Iron Man di dunia nyata, Elon Musk sebenarnya memulai karirnya dengan mempelajari ilmu komputer. Bos Tesla Motors dan SpaceX ini belajar pemrograman otodidak di usianya yang masih 12 tahun.

Dari sana dia kemudian meluncurkan perusahaan pertamanya, Zip2. Tidak berhenti di sana, dia menggagas PayPal yang kemudian mempertemukannya dengan orang-orang hebat di belakang Tesla Motors sekarang.

Larry Page

Mungkin nyaris tak ada satupun pengguna internet di dunia yang tidak menggunakan Google. Berterima kasihlah karena semua itu bisa terwujud berkat kerja keras Larry Page dan rekannya, Sergey Brin.

Saat masih berkuliah di Stanford, Page memulai Google sebagai sebuah proyek riset dan mengajak Brin bergabung. Keduanya kemudian sadar bahwa dari ilmu komputer yang mereka pelajari dan proyek yang sedang digagas itu, mereka bisa menciptakan mesin pencari raksasa internet yang tidak pernah dibayangkan oleh siapapun sebelumnya.

Carl Sassentrath

Jika bukan karena Amiga Computer yang dibuat Sassentrath, Anda mungkin hanya bisa mengerjakan 1 tugas dalam satu waktu di komputer. Artinya, kita harus memilih mau mengetik atau membuka Facebook.

Tidak hanya itu, kita mungkin akan butuh waktu 20 kali lebih lama untuk menyelesaikan per task-nya. Selain Amiga Computer, Sassentrath juga dikenal sebagai pengembang REBOL, teknologi bahasa komputer khusus.

Mark Zuckerberg

Jika Anda pengguna Facebook, hampir tidak mungkin jika Anda tidak pernah mendengar namanya. Media sosial raksasa dunia itu awalnya hanyalah program yang dibuat Zuckerberg khusus untuk mahasiswa Harvard saja. Hari ini, Facebook tercatat memiliki 2,3 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Peluang Karir dengan Keahlian Computer Science di Indonesia

Di tengah industri digital yang terus berkembang pesat hingga hari ini, ilmu komputer merupakan salah satu disiplin yang semakin banyak peminatnya. Ini tentu saja bukan tanpa sebab. Ada banyak sekali peluang karir bagi siapapun yang memiliki keterampilan dan skill di bidang computer science.

Jika kita melihat bagaimana sepak terjang para ilmuwan komputer yang sudah disebutkan di pembahasan sebelumnya, Anda tentu bisa mulai meraba pekerjaan apa saja yang cocok untuk orang-orang yang ahli di bidang komputer.

Perusahaan-perusahaan software seperti Microsoft hingga raksasa media sosial Facebook pun menggunakan keahlian tenaga ahli ilmu komputer.

Masih bingung untuk apa ilmu komputer yang Anda miliki kelak ? Simak beberapa contoh posisi dan karir menjanjikan berikut ini :

1. Programmer

Programmer adalah salah satu pekerjaan yang banyak dipilih oleh orang yang memiliki skill ilmu komputer mumpuni. Seperti dokter, programmer juga memiliki berbagai pembagian khusus, tergantung jenis program apa yang akan Anda buat. Anda bisa jadi programmer desktop, programmer website hingga pembuat aplikasi Android.

Untuk lapangan kerja programmer Indonesia saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan kecil seperti start-up hingga perusahaan menengah. Ada banyak juga perusahaan besar di Indonesia yang masih membutuhkan banyak programmer untuk mengembangkan hingga me-maintenance perangkat lunak mereka.

Semakin banyaknya start-up yang muncul beberapa tahun ke belakang juga menjadi peluang besar bagi para programmer. Anda juga bisa menjadi tenaga lepas dengan menerima pesanan pembuatan aplikasi untuk perusahaan-perusahaan rintisan ini.

2. System Integrator

Peluang karir selanjutnya yang bisa dicoba peruntungannya adalah menjadi system integrator. Profesi ini bertugas untuk melakukan analisis sistem perangkat lunak yang akan dibuat untuk tujuan tertentu. Profesi ini juga sangat menjanjikan dari segi penghasilan.

3. Konsultan IT

Seorang konsultan IT harus mampu memberikan nasihat dan masukan terkait komputer baik itu perangkat lunak atau jaringan. Profesi ini cukup banyak peminatnya karena gaji yang dijanjikan cukup menggiurkan.

Konsultan IT tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan komputer. Orang-orang yang bekerja dengan memanfaatkan komputer umumnya juga memerlukan seorang konsultan IT.

4. Game Developer

Banyaknya pengguna ponsel membuat mobile games menjamur di pasaran. Kesempatan ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang paham bahasa pemrograman untuk membuat game-game baru yang menarik.

Jika Anda seorang pencinta games dan punya skill ilmu komputer yang mumpuni, Anda bisa bekerja dengan perusahaan-perusahaan pembuat games atau yang lebih keren lagi, membuat games sendiri.

5. Web Designer

Saat ini teknik marketing memang lebih berfokus pada pemasaran secara digital atau online. Hampir semua perusahaan besar memiliki situs masing-masing. Begitupun dengan perusahaan-perusahaan kecil yang mencoba memperkenalkan bisnis melalui internet.

Untuk Anda yang menguasai bahasa pemrograman situs seperti PHP, ini bisa jadi kesempatan emas bagi Anda. Anda bisa bekerja secara tetap di satu perusahaan, atau menawarkan jasa sebagai freelance web designer.

6. Menjadi Guru Programming

Untuk Anda yang senang berbagi pengetahuan, posisi sebagai guru atau pengajar ilmu komputer juga cukup menjanjikan. Tidak harus melalui sekolah, Anda bisa membuka kursus JAVA atau berbagi keterampilan lain terkait komputer dengan anak-anak muda di sekitar tempat tingga.

7. Blogger dan Youtuber IT

Jika salah satu dari posisi yang sudah disebutkan di atas tidak cukup menantang, Anda bisa membagikan ilmu yang Anda punya dengan cara berbeda yang kekinian. Anda bisa berbagi pengetahuan dengan menulis di blog IT atau menjadi Youtuber IT.

Saat ini konten yang berhubungan dengan ilmu komputer terutama pemrograman sangat banyak dicari.

Dengan menjadi blogger atau membuat video yang berhubungan dengan komputer, tidak hanya membantu para pemula, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan. Kalau beruntung dan video Anda ditonton orang banyak, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Penutup

Beberapa peluang kerja yang sudah disebutkan di atas hanya sebagian kecil dari posisi yang bisa Anda incar dengan kemampuan computer science yang Anda miliki. Karena cabang ilmunya ada banyak, mempelajari lebih banyak tentu akan memberikan peluang kerja yang lebih luas lagi.

Dengan banyaknya kesempatan yang tersedia, belajar computer science jelas akan menjadi modal yang sangat menjanjikan untuk karir Anda.

Selain melalui pendidikan formal di kampus dan sekolah, beberapa cabang ilmu komputer bisa Anda dapatkan melalui kursus baik online maupun offline. Ayo tambah skill Anda untuk bisa dapatkan peluang kerja yang lebih luas lagi !

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

RajaBackLink.com

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.