Trik Mengelola Belasan Hingga Puluhan PC Dengan Server Diskless

Membangun server Diskless dari nol

Apakah sehari-hari Anda bertanggung jawab mengelola banyak PC sekaligus seperti di kantor, lab sekolah, atau Warnet yang jumlahnya puluhan hingga ratusan ? Mudahkan pekerjaan Anda dengan menerapkan server Diskless !

Saat mengelola banyak PC dalam 1 waktu, saya yakin Anda mengalami masalah ini :

Begitu sulit, lambat, dan ribetnya mengelola PC-PC tersebut.

Seperti apakah maksud ribet ini ? Kita coba kupas satu persatu ya.

Sulit Menambah Aplikasi / Game Baru

Kita coba ambil 1 contoh. Misalnya kita ingin menginstall aplikasi Google Chrome di 50 PC. Apa hal yang biasa kita lakukan ? Yup. Kita harus install 1 per satu aplikasi Google Chrome di semua PC tersebut.

Memang terdengar biasa saja. Namun bayangkan jika Anda harus menginstall banyak aplikasi yang ukurannya besar-besar. Install Adobe Photoshop, Microsoft Office, Game. Bisa-bisa butuh 1-2 hari full untuk melakukan itu semua.

Lho bukannya ada software Hiren ya ? Kita tinggal buat 1 OS Windows yang sudah lengkap semua aplikasi, lalu kita ghost di semua PC. Lebih cepat dan efisien.

Hiren bukan merupakan solusi total. Hiren hanya solusi ketika OS dan aplikasi yang digunakan oleh para user di setiap PC memiliki template yang selalu sama.

Namun disini kita berbicara terkait pengelolaan yang artinya selalu ada perubahan-perubahan yang terjadi seiring berjalannya waktu.

Baik di Warnet, Lab Sekolah, maupun kantor pasti mengalami perubahan-perubahaan ini. Yang install aplikasi baru lah, yang update game online lah, dsb.

Bayangkan misalnya ketika kita ingin menambah 2 aplikasi baru. Kita tidak mungkin melakukan Ghost ulang OS dengan Hiren setiap ada penambahan aplikasi baru ke 50 PC tersebut. Inilah kenapa Hiren bukanlah solusi.

Sulit Update Aplikasi / Game

Di jaman sekarang, aplikasi dan game-game online sangat sering melakukan update. Ukuran updatenya pun bahkan bisa mencapai ratusan MB hanya dalam hitungan hari.

Apa jadinya jika Warnet Anda yang berisi 50 PC harus update game online 500MB secara bersama-sama ? Yang pasti bandwidth internet Anda akan cepat habis dan user marah-marah karena lemot.

Dan yang pasti, sangat repot kalau kita harus update secara manual di masing-masing PC tersebut.

Lalu bagaimana dengan Proxy ? Bukannya Proxy juga merupakan solusi untuk menyimpan cache untuk kasus-kasus update seperti ini ya ?

Proxy sebenarnya memang bisa menjadi salah satu solusi terkait bandwidth ini.

Proxy walaupun bisa menghemat bandwidth, tapi kita harus tetap melakukan update manual di masing-masing PC. Tetap akan repot kalau jumlahnya ada 100 PC, dan operatornya hanya 1 orang. Sangat repot untuk harus klik “Update” manual satu persatu di 100 PC tersebut.

Oleh karena itu Proxy belum menjadi solusi total dari semua permasalahan jika kita melihat ini sebagai konteks “mengelola banyak PC”. Proxy lebih cocok digunakan sebagai solusi pelengkap saja.

Namun jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait Proxy anda bisa baca artikel Mikrotik dan Squid Proxy.

Sulit Maintenance ( Virus, Trojan, Error dll )

Jika kita hanya memiliki 1 buah PC / laptop, maka bisa dipastikan masalah akan sangat jarang terjadi. Namun jika kita bicara puluhan hingga ratusan PC, maka masalah akan datang bertubi-tubi setiap hari.

Apalagi kalau user-usernya bukan orang yang paham komputer. Alhasil berbagai masalah kecil dan konyol pasti selalu muncul.

Mulai dari virus, tidak sengaja terinstall aplikasi yang aneh-aneh, tiba-tiba Windows menjadi lemot, driver lupa terinstall, ada game yang corrupt, dll.

Seringkali pula masalah-masalah aneh ini tidak mempunyai solusi yang konkrit. Ujung-ujungnya akhirnya kita melakukan install ulang Windows nya.

Maintenance-maintenance seperti ini sangat sangat merepotkan dan menyita waktu.

Bagaimana dengan Deepfreeze ? Bukankah Deepfreeze diciptakan untuk menghindari problem-problem dari user seperti ini ?

Deepfreeze sekali lagi kurang tepat untuk diterapkan dalam kondisi yang “selalu update”.

Apakah Anda mau untuk men-disable Deepfreeze di seluruh komputer hanya untuk menambah aplikasi baru atau melakukan update game online, lalu mengaktifkannya kembali ?

Secara sederhana bisa disimpulkan sumber masalah Anda yang sudah dibahas sebelumnya adalah sebagai berikut :

  1. Sulit untuk menambah aplikasi/game. Karena harus install manual di setiap PC.
  2. Sulit untuk selalu update aplikasi/game. Karena update harus dilakukan manual di setiap PC.
  3. Sulit untuk maintenance. Karena tiap PC memiliki permasalahannya masing-masing dan harus diperbaiki secara manual di tiap PC.

Lalu apa solusi total untuk itu semua ? Adakah 1 solusi totalnya ? Jawabannya ada. Dan itu adalah Diskless !

Apa Itu Diskless ? Dan Bagaimana Diskless Menjadi Solusi ?

Sederhananya, Diskless adalah teknologi untuk membuat PC/Komputer bisa tetap running dengan normal tanpa menggunakan Harddisk. Bagaimana caranya?

PC Diskless berjalan dengan metode booting melalui jaringan dan mengambil seluruh OS dan aplikasi-aplikasi langsung dari PC Server, bukan dari harddisk lokal.

Ilustrasinya adalah sebagai berikut :

Seluruh data OS dan aplikasi yang terpusat di PC Server ini di bungkus menjadi sebuah image. Dan image inilah yang diambil oleh seluruh PC klien melalui jaringan agar bisa booting dan menjalankan berbagai aplikasi.

Secara sederhana image ini seperti seluruh folder C:\ yang ada di Windows ( yang berisi OS, Program Files dll ) dibundling ke dalam 1 buah file. Ibarat seperti sebuah kardus yang berisi berbagai data OS, aplikasi dan game online dijadikan satu.

Disinilah magic itu terjadi.

Kita hanya perlu melakukan seluruh proses update data seperti menghapus aplikasi, menambah game terbaru, hingga update game online di 1 image ini saja. Sedangkan para PC klien tinggal mengambil data yang terupdate dari image tersebut.

Cukup 1x saja, tidak perlu di masing-masing PC Klien.

Mulai masuk akal ?

Pada prakteknya, nanti kita tinggal melakukan instalasi seluruh OS, aplikasi, game-game di PC server saja. Ingat, hanya satu kali.

Setelah itu semua PC Klien tinggal booting melalui jaringan untuk mengambil image yang berisi seluruh data OS dan aplikasi tersebut.

Tanpa perlu melakukan install-install apapun, PC Klien akan memiliki isi aplikasi yang sama persis dengan yang di PC Server.

Lalu bagaimana kalau ada update game online? Atau mau ada penambahan aplikasi baru?

Sama saja. Kita cukup lakukan update dan penambahan 1x di server. Setelah itu otomatis image akan berubah berisi data terbaru dari update yang barusan dilakukan.

Dari PC Klien tinggal lakukan restart untuk booting menggunakan image yang terbaru. Setelah nyala kembali, update game online dan penambahan aplikasi yang sebelumnya dilakukan pun sudah tersedia.

Bagaimana dengan performa ?

Mungkin anda berfikir performa dari server Diskless ini pasti buruk karena seluruh data digunakan bersama-sama. Betulkah seperti itu?

Pada kenyataannya tidak.

Walaupun data OS dan aplikasi digunakan bersama-sama melalui jaringan, namun seluruh proses komputasi tetap dilakukan di masing-masing PC klien.

PC Klien tetap akan bekerja dengan menggunakan CPU, RAM, dan VGA mereka masing-masing. Sehingga performa tetap akan sama persis dengan spesifikasi PC aslinya.

Bagaimana dengan virus? Bukankah ketika 1 PC klien terkena virus maka seluruh PC lainnya akan ikut terkena virus?

Tenang saja, sistem pembungkusan data berupa image membuat sistem Diskless ini menjadi kebal virus.

Seluruh data-data yang terdapat di dalam image sifatnya tidak bisa diubah-ubah oleh PC klien. Yang bisa mengubah-ubah data image ini hanyalah PC Server.

Artinya apa ? Artinya ketika misalnya ada 1 PC klien yang saat running terkena virus, maka itu sama sekali tidak akan mempengaruhi isi image yang tersimpan di server.

Tinggal lakukan reboot di PC Klien yang terkena virus tersebut, maka PC klien akan mengambil ulang image original dari server yang masih bebas virus. Dan PC Klien tersebut akan kembali bersih lagi dari virus.

Hal ini pun bisa dilakukan untuk kasus-kasus trouble lainnya. Seperti adanya troujan, atau ada data sistem yang tidak sengaja terhapus, dll. Tinggal restart, masalah selesai.

Apa Manfaat Menerapkan Server Diskless ?

Manfaat-manfaat yang pasti Anda dapatkan ketika menerapkan sistem Diskless adalah :

  1. Kerjaan Anda menjadi lebih santai.
  2. Anda tidak pernah lagi melakukan maintenance dan troubleshooting khususnya terkait virus. Tinggal restart komputer, semua virus hilang.
  3. Menghemat cost jutaan karena tidak pakai harddisk lagi dan tidak perlu meng-gaji banyak operator untuk mengelola.
  4. Menambah pendapatan karena pengguna merasa puas.

Siapa Saja Yang Bisa Menerapkan Diskless ?

Sistem Diskless ini sangat cocok untuk diterapkan di :

  1. Warnet
  2. Lab Sekolah / Kampus
  3. Kantor

Jadi apabila Anda adalah pemilik Warnet atau orang IT di Kantor dan Lab sekolah/kampus, maka saatnya terapkan Diskless sekarang juga.

Semua demi kenyamanan Anda sendiri agar tidak lagi pusing mengelola puluhan PC.

Namun satu saran saya, jangan pernah gunakan jasa konsultan atau beli PC Diskless yang langsung jadi. JANGAN.

Kenapa? Karena nanti Anda akan sangat ketergantungan tanpa tahu apa-apa. Akibatnya kalau suatu saat ada trouble anda akan kebingungan.

Dari yang sering saya alami, hampir 80% konsultan atau beli PC Diskless yang langsung jadi itu penanganannya lambat ketika ada error. Dan ini sangat merugikan Anda.

Jadi Anda yang harus bisa sendiri. Anda yang harus belajar sendiri. Supaya Anda tidak ditipu, supaya Anda bisa menangani dengan cepat ketika terjadi trouble.

Plus, ada satu poin utama kalau Anda bisa menguasai ilmu Diskless ini. Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda nanti bisa buka jasa pembuatan Server dan PC Diskless ini sendiri. Lumayan kan buat menambah-nambah pendapatan ?

Belajar membangun server Diskless ini tergolong mudah. Cukup luangkan waktu 1-2 minggu, sudah beres.

Tapi kuncinya 1, Anda harus benar-benar mau praktek dan juga belajar dari tutorial / buku yang sudah fix 100% works. Tidak perlu ngulik-ngulik sendiri lagi.

Salah satu modul yang selalu saya rekomendasikan kepada rekan – rekan saya adalah modul Eksklusif membangun Server Diskless untuk warnet / lab / kantor dari Cilsy.

Modul yang seluruh materinya dijamin pasti works 100%, karena ini bukan materi abal-abal yang asal comot di Youtube ataupun google.

Materi modul ini murni buatan mas M. Fakhri Abdillah selaku Trainer dan Tutorial Creator yang sudah membuat puluhan materi di Cilsy.

Beliau dan tim riset cilsy berusaha menemukan rahasia setting Diskless ini selama hampir 2 bulan. Benar-benar hasil kerja keras mereka untuk melakukan riset sendiri serta membuat modul dan video tutorialnya dengan kualitas tinggi.

Dan siap membagikannya kepada Anda secara buka-bukaan. Full, tidak ada yang ditutup-tutupi.

Silabusnya lengkapnya dapat Anda lihat sebagai berikut :

  1. Kenapa harus Diskless ?
  2. Persiapan Topologi dan Hardware Requirement
  3. Konfigurasi MikroTik Router
  4. Instalasi Windows Server 2008
  5. Instalasi CCBoot Server
  6. Setting Drive / Disk
  7. Setting Image
  8. Setting Client di Server
  9. Settings BIOS Client
  10. Konfigurasi CCBoot Client
  11. Install Driver Client
  12. Install Billing ( Server – Client )
  13. Testing billing paket malam dan paket per jam
  14. Install aplikasi dan game dari server secara terpusat
  15. Testing update game online Steam

Insya Allah modul ini akan sangat cocok untuk Anda, bahkan jika Anda pemula dari nol sekalipun. Karena materinya membahas secara menyeluruh mulai dari konsep-konsep dari awal hingga step-by step cara settingnya.

Ingin Memiliki Modul Ini ?

Modul ini berbentuk e-book dan video tutorial agar memudahkan Anda saat belajar. E-book untuk yang lebih suka baca dan copy paste, dan video tutorial untuk memperjelas tiap step by stepnya.

Dan yang paling pasti, modul ini adalah materi membangun server Diskless untuk warnet / lab / kantor yang sangat langka. Saya jamin, Anda tidak akan menemukan materi selengkap dan sebagus ini di internet.

Klik gambar di bawah ini untuk akses Modulnya.

Penutup

Akhir kata, jika Anda ingin tidak mengalami masalah seperti :

  1. Pusing mengelola ratusan PC di kantor.
  2. Pusing soal virus yang datang bertubi-tubi di PC-PC Lab.
  3. Pelanggan warnet teriak-teriak lemot karena harus update game ratusan MB setiap hari.
  4. Harddisk puluhan PC sering rusak.
  5. Pusing harus meng-gaji banyak operator/orang IT untuk mengelola PC.

Dan ingin merasakan benefit luar biasa berikut :

  1. Kerja lebih nyantai. Jauh lebih nyantai.
  2. Pendapatan bertambah karena pelanggan warnet Anda puas.
  3. Hemat jutaan rupiah karena tidak perlu beli harddisk
  4. Hemat jutaan rupiah karena tidak perlu meng-gaji banyak operator
  5. Anda bisa buka jasa setting membangun Server dan PC Diskless sendiri untuk menambah pendapatan

Anda wajib belajar sendiri serta memahami cara membangun Server Diskless. Karena ilmu ini sangat sangat penting, dan juga masih jarang yang mengajarkan secara lengkap dari dasar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *