Pengertian Proxy Server Dan 7 Hal Yang Bisa Anda Pelajari

Pengertian proxy server

Tulisan ini menjelaskan pengertian proxy server, kegunaan dan jenis – jenisnya seperti HTTP proxy dan mail proxy, contoh perangkat lunak proxy server ( Squid, HAProxy, Varnish ), web cache, reverse proxy, cara kerjanya secara umum, dan di akhir tulisan ada kamus istilah dan referensi.

Diharapkan dengan tulisan ini siapa saja dapat mengetahui fungsi proxy secara umum dan memperoleh referensi untuk mempelajari lebih lanjut.

1. Pengertian Proxy Server Secara Umum

Proxy server adalah istilah untuk menyebut komputer server atau perangkat lunak yang beroperasi padanya yang bertindak sebagai perantara antara satu ujung dengan ujung lain pada jaringan.

Pada penerapannya, proxy terbagi lagi sesuai kegunaan khususnya menjadi HTTP proxy, web cache, mail proxy, dan DNS proxy.

Adapun menurut arah transportasi datanya maka proxy terbagi dua yaitu forward proxy ( maju ) dan reverse proxy ( mundur ).

Di antara contoh perangkat lunak proxy server adalah SquidHAProxy, dan Varnish.

2. Jenis dan Kegunaannya

Pada praktiknya, ada banyak jenis proxy server dengan kegunaan yang berbeda.

HTTP proxy

Bila disebut kata “proxy” maka orang akan pertama – tama mengartikannya “HTTP proxy”. Proxy jenis ini adalah proxy paling mendasar yaitu meneruskan ( forward ) data tanpa perubahan dari pengguna ke internet ( klien ) dan sebaliknya.

DNS proxy

Menyimpan sementara ( caching ) DNS queries yang biasanya digunakan untuk mempercepat komunikasi DNS bagi pengguna akhir.

Mail proxy

Di sebut juga SMTP proxy, yaitu seperti Mail Transport Agent ( MTA ) biasa hanya saja tidak menyimpan email melainkan hanya meneruskan ( forward ) sesi SMTP ke server MTA yang sesungguhnya.

Mail proxy biasa digunakan untuk menyederhanakan autentikasi ( pada jaringan dengan banyak mail server ) atau menyediakan webmail (jadi webmail pada proxy nya dan bukan pada penyimpanan mail server nya ) atau memfilter email sebelum masuk ke mail server sesungguhnya.

Selain SMTP, terdapat pula mail proxy untuk POP3 / IMAP yaitu contohnya load balancer untuk sekelompok POP3 server.

Load Balancer

Proxy yang melakukan penyeimbangan beban ( load balancing ) kepada komputer – komputer server berjumlah banyak di satu lokasi tertentu untuk menghadapi permintaan yang dari pengguna akhir dalam jumlah besar.

Di antara tugas penyeimbangan beban ialah apabila salah satu server utama mati, pengguna yang berjumlah besar di server itu otomatis dialihkan ke server lain oleh load balancer proxy tersebut.

Filtering proxy

Memblokir atau memanipulasi data – data atau halaman tertentu dari internet secara otomatis sebelum sampai ke pengguna.

Atau sebaliknya, memblokir / memanipulasi data – data yang dikirim pengguna sebelum masuk ke server tujuan.

Di antara contoh spesifiknya ialah pemblokir alamat website dan pemblokir spam.

Transparent Proxy

Mencegat secara otomatis sambungan dari pengguna ke server untuk diarahkan kepada autentikasi ( login ), caching ( akses ke penyimpanan sementara ), atau filtering ( pemblokiran ).

Makna transparent pada namanya berarti proxy tersebut tidak terlihat ( transparan ) bagi pengguna.

Contoh transparent proxy paling umum ada di tempat internet publik di mana pengguna laptop harus login dengan browser untuk dapat mengakses layanannya.

Atau di warnet – warnet untuk menyimpan cache game online agar update game online tersebut bisa lebih cepat.

3. Contoh Proxy Server ( Software )

Terdapat banyak sekali macam macam proxy server yang beredar, tetapi yang paling dikenal di antaranya ialah SquidHAProxy, dan Varnish.

Selain itu, ada perangkat lunak web server yang sebenarnya tidak khusus web proxy tetapi memiliki fasilitas itu ( bawaan maupun ditambahkan ), yang juga sangat terkenal di antaranya Apache ( dengan mod_proxy ), Nginx, dan IIS ( di konfigurasi sebagai proxy ).

Squid

Sebuah cache proxy serba bisa dengan kemampuan HTTP, HTTPS, FTP, dll dengan kemampuan kendali akses sistem.

Squid adalah perangkat lunak bebas berlisensi GNU GPL yang tersedia untuk GNU/Linux, BSD, Unix, macOS, dan Windows.

HAProxy

Sebuah proxy server berkecepatan tinggi yang berfokus pada high availability dan load balancing pada protokol TCP dan HTTP.

HAProxy utamanya lebih terkenal sebagai load balancer proxy.

HAProxy adalah perangkat lunak bebas berlisensi GNU GPL yang tersedia untuk GNU/Linux, BSD, Unix, Solaris, dan AIX. ( www.haproxy.org )

Varnish

Sebuah web cache proxy berkecepatan tinggi yang umumnya dijadikan reverse proxy.

Varnish berbeda dengan Squid maupun Nginx, karena ia murni di desain untuk menjadi HTTP proxy saja sejak pertamanya.

Varnish adalah perangkat lunak bebas berlisensi BSD 2-Clause. Varnish tersedia untuk BSD, GNU/Linux, dan Unix. ( https://varnish-cache.org )

Apache HTTP Server

Produk yang sama dengan web servernya yang bisa di fungsikan sebagai proxy dengan modul mod_proxy.  ( https://httpd.apache.org )

Apache Traffic Server

Sebuah produk tersendiri dari Apache Foundation di luar HTTP Server yang dikhususkan sebagai web cache proxy. ( https://trafficserver.apache.org )

Nginx

Sebuah web server performa tinggi yang bisa difungsikan juga sebagai web caching, reverse HTTP, maupun POP3 / IMAP proxy.

Nginx di sini seumpama Apache HTTP Server. ( https://nginx.org )

4. Cara Kerja Proxy

Prinsip kerja proxy adalah sebagai perantara antara satu titik dengan titik lain pada jaringan ( bayangkan proxy ini layaknya makelar dalam suatu hubungan jual beli ).

Contoh cara kerja proxy bisa di ambil dari yang paling dikenal masyarakat yaitu Filtering Proxy dengan misal perangkat lunaknya Squid.

Penjelasan contoh secara nonteknisnya sebagai berikut :

  • Sebuah HTTP proxy dengan kemampuan filtering ( maka disebut filtering proxy ), di sini Squid, terletak pada komputer server di kantor antara komputer karyawan dan internet.
  • Setiap karyawan tidak bisa mengakses internet kecuali melewati proxy tersebut.
  • Proxy satu ini disetel supaya memblokir YouTube pada jam kerja. Hasilnya, semua karyawan di komputernya masing – masing tidak bisa menonton YouTube pada jam kerja.

Secara teknis, ini berarti di dalam komputer server itu ada setelan Squid yang khusus memblokir alamat – alamat situs YouTube.

Setelan itu berada pada berkas /etc/squid/squid.conf. Contoh setelannya secara sangat sederhana seperti di bawah ini.

Setelan berikut ini berarti pertama mengumpulkan alamat – alamat YouTube dan kedua memblokir kumpulan itu.

Adapun kode dstdomain di situ berarti destination domain ( alamat tujuan ).

## /etc/squid/squid.conf
## alamat yang mau diblokir
acl kumpulan_alamat_youtube dstdomain youtube.com .youtube.com .googlevideo.com .ytimg.com

## perintah pemblokiran (deny)
http_access deny kumpulan_alamat_youtube

5. Web Cache Proxy

Web cache adalah istilah untuk menyebut proxy server khusus yang menyimpan sementara halaman web dari internet secara lokal untuk mengurangi beban jaringan bagi pengguna.

Cara kerjanya, web cache mengurangi lalu lintas pengguna yang sebelumnya pengguna-internet menjadi pengguna-proxy dengan cara menyimpan halaman web atau berkas – berkas dari internet yang sering diakses pengguna

Contoh kasusnya misal ada 1 pengguna yang menonton video Youtube berjudul “Trailer Film Avenger”.

Awalnya pengguna ini akan mengunduh langsung video tersebut dari Youtube karena dia adalah pengguna yang pertama kali mengakses link itu.

Setelah selesai menonton, Proxy akan secara otomatis menyimpan video tersebut ke harddisk atau biasa disebut sebagai Cache.

Keesokan harinya ada pengguna lain yang menonton video dari link yang sama. Maka alih – alih pengguna tersebut mengunduh videonya dari Youtube, pengguna tersebut akan langsung mengunduh videonya secara lokal dari Proxy.

Tentunya ini akan membuat lebih hemat bandwidth / kuota dan aksesnya terasa lebih cepat. Dibawah ini kira – kira ilustrasinya :

Web cache bisa dipasang di komputer server lokal ( misal di warnet ) dan bisa pula dipasang secara besar – besaran bagi perusahaan tertentu ( misal dengan CDN ).

Dengan kata lain, pengguna berkurang beban jaringannya karena tidak perlu mengakses terus – menerus internet secara langsung melainkan cukup mengakses web cache proxy lokalnya karena data yang sering diakses sudah disimpan ( di-cache ) di sana.

6. Reverse Proxy

Selain proxy server biasa ( forward ), terdapat konsep kebalikannya yaitu reverse proxy ( proxy terbalik ).

Proxy server yang umum ( seperti penerapan squid di warnet ) terletak di antara klien dan server tujuan yang memberikan manfaat kepada klien.

Proxy semacam ini disebut juga forward proxy.

Reverse proxy, sebaliknya, walau juga berada antara klien dan server tujuan, tetapi memberikan manfaat kepada server tujuan.

Tugas reverse proxy umumnya adalah load balancing yaitu menyeimbangkan beban bagi server – server lain yang di belakangnya.

Cara kerjanya secara sederhana, bila ada permintaan berjumlah besar dari para pengakses ( klien ), reverse proxy akan menyalurkannya secara merata ke server – server yang dituju sehingga tidak ada yang kelebihan beban.

Contoh perangkat lunak reverse proxy yang terpopuler adalah Nginx.

Coba lihat ilustrasi dibawah :

Forward proxy yang ada di sebelah kiri lebih berfungsi menjembatani klien dengan server tujuan di internet, dan yang dapat benefitnya adalah klien yang merasa aksesnya lebih cepat.

Sedangkan Reverse Proxy di sebelah kanan, yang merasakan benefitnya adalah 3 buah Server yang di jembatani oleh Reverse Proxy, bukan Klien.

Ketiga server itu beban kerjanya akan terasa lebih ringan karena sudah dibantu oleh Reverse Proxy.

Sederhananya Reverse Proxy ini seperti seorang Kepala Proyek yang bisa mendistribusikan tugas – tugas ke masing – masing orang di timnya.

7. Kamus Istilah

Ada sangat banyak istilah dalam pembahasan materi tentang proxy server. Untuk memahaminya, dibutuhkan kamus istilah khusus untuk bidang ini.

Maka berikut ini ada sejumlah kamus di internet yang mengandung kata – kata dan artinya seputar server dan proxy.

Mengapa Orang Butuh Proxy Server ?

Berikut ini beberapa alasan dibutuhkannya proxy server ( dan berbagai jenisnya ) dan mengapa orang mempelajarinya :

  • Manfaat Proxy server menguntungkan bagi client, menguntungkan pula bagi server. Sebanyak kebutuhan itulah instalasi proxy server dibutuhkan di internet.
  • Yang paling mudah adalah kebutuhan Proxy untuk di Warnet yang dapat membuat proses update game online yang bergiga – giga akan terasa jauh lebih cepat. Atau kebutuhan di RT / RW Net yang penggunanya sering menonton Youtube dan mendownload berkas.
  • Di sisi client, misalnya untuk menembus pemblokiran atau menangkal penyadapan, mereka memanfaatkan web proxy ( contohnya https://www.startpage.com ) agar dapat mengakses tujuan melaluinya.
  • Di sisi server, dengan berbagai perbedaan kebutuhan, membangun proxy server sangat membantu mereka misalnya sebagai reverse proxy untuk web cache. Dengan adanya proxy macam itu, server – server utama menjadi ringan bebannya karena sangat banyak permintaan akses yang kembar dari client tidak usah lagi dikerjakan olehnya melainkan oleh proxy.
  • Perusahaan – perusahaan besar yang memiliki CDN di berbagai negara membutuhkan CDN agar layanannya cepat diakses oleh client di negara tersebut. CDN itu pada dasarnya proxy server juga ( web cache ).
  • Jaringan istimewa seperti Tor pada dasarnya adalah jaringan proxy server bagi client. Pengguna memakai program Tor di komputernya untuk masuk ke jaringan Tor dengan cara “melompat” dari satu titik ( proxy ) ke titik lain.

Pertanyaan & Jawaban

Berikut ini sejumlah pertanyaan umum yang mungkin diajukan terkait pengertian dan fungsi proxy server dan jawabannya.

Apakah proxy seperti di kampus ( dengan layar login memakai username mahasiswa ) itu juga proxy server?

Ya, itu sejenis proxy server juga hanya saja dengan beberapa fasilitas tambahan seperti Captive Portal dan SSL/TLS, intinya proxy yang menyaring siapa saja yang berhak mengakses sambungan internet kampus.

Apakah Web Cache / HTTP proxy dapat mempercepat unduhan pada sisi klien ?

Mempercepat secara teknis tidak, karena proxy hanyalah perantara. Tapi “terasa” mempercepat bisa.

Misal bandwidth internet yang kita sewa adalah 10 Mbps, dengan adanya Proxy ( dalam kasus ini misalnya Web Cache / HTTP Proxy ), jika ada konten yang sudah tersimpan di Cache lokal, maka kecepatan akses saat membuka konten tersebut bisa mencapai 100 Mbps ( kecepatan jaringan lokal ).

Apakah CDN itu ? Apa hubungannya dengan proxy server ?

Content Delivery Network ( CDN ) bila disederhanakan sampai paling sederhana, sebetulnya hanyalah sekelompok proxy server yang diletakkan secara fisik di area yang dekat dengan pengguna.

Bedanya dengan proxy biasa, proxy ini membawa salinan data ( utamanya yang sering di akses oleh pengguna di area itu ) dari data asli di server asal di negara / area asalnya.

Di sisi pengguna, mereka akan merasa sambungannya ke layanan CDN tersebut sangat cepat, karena proxy servernya terletak di dekat mereka.

Jadi pengguna tidak usah menyambung ke negara / area jauh melainkan cukup ke jaringan proxy terdekat, yang disebut CDN.

Layanan online yang sangat terkenal memakai CDN di antaranya Google, Facebook, Twitter, dan lain – lain.

Apa hubungannya MikroTik dengan proxy server ?

MikroTik RouterOS ( sistem operasinya ) dan MikroTik RouterBoard ( komputernya ) memiliki kemampuan manajemen bandwidth yang handal ( agar pengguna tidak berebut bandwidth, sering digunakan di warnet maupun di kantor – kantor ).

MikroTik RouterBoard sangat terkenal sebagai router dan bandwidth management hardware yang mudah di konfigurasi.

Sehingga biasanya Mikrotik akan digabungkan dengan Proxy.

Mikrotik sebagai bandwidth management, dan Proxy sebagai Web Cache maupun Filtering Proxy.

Apa hubungannya OpenWrt, LEDE, dan libreCMC dengan proxy server ?

Nama – nama ini adalah nama sistem operasi GNU/Linux untuk embedded system.

Ketiganya adalah seperti RouterOS yang bisa dipasang di mesin MikroTik RouterBoard, yaitu sistem operasi router.

Maka seperti RouterOS, ketiganya juga memiliki kemampuan bandwidth management dan Proxy Server.

Bisakah satu jenis ( atau beberapa jenis ) proxy server dipasang di komputer desktop ?

Di PC dan laptop misalnya ? Bisa, tidak ada perbedaan antara komputer server dan desktop dalam hal ini.

Contohnya, Squid Cache bisa dipasang di Ubuntu GNU/Linux di server maupun desktop.

Bisakah nomor port suatu jenis proxy diganti di sisi server ?

Bisa, dengan pengaturan. Setiap perangkat lunak proxy memiliki pengaturan sendiri yang bisa dibaca di dokumentasi masing – masing.

Mengapa banyak perusahaan atau badan menyukai reverse proxy ( bahkan membayar mahal admin yang mampu mengaturnya ) ?

Karena reverse proxy memberi manfaat sangat banyak di sisi pemilik server ( yaitu mereka ).

Contohnya, dengan adanya auth server ( sejenis reverse proxy juga ), maka ke semua klien tidak usah membebani server – server utama dengan login – login, melainkan login cukup di auth server dan auth server itulah yang mengarahkan pengguna ke server – server sesungguhnya.

Kerja server sesungguhnya otomatis berkurang.

Mengapa siswa SMK Teknik Komputer dan Jaringan diwajibkan mempelajari proxy server ?

Karena orang yang ahli mengaturnya dibutuhkan dan akan di bayar mahal di pemerintahan maupun perusahaan – perusahaan.

Selain itu ilmu ini bisa juga digunakan sebagai freelance untuk jasa setup warnet dan RT / RW Net yang bayarannya juga lumayan besar.

Adakah sistem operasi server yang free ( bebas ) dan gratis yang semua-lengkap-dalam-satu termasuk proxy server ?

Ada, misalnya Zentyal GNU/Linux dan ClearOS GNU/Linux.

Saya tidak punya komputer server. Bisakah reverse proxy ( misalnya load balancing dengan Nginx ) dipraktikkan di komputer – komputer PC ?

Ya, bisa, selama ada 2 atau lebih unit komputer dengan jaringan.

Saya tidak punya 2 komputer. Bisakah reverse proxy dipelajari tanpa membeli komputer baru ?

Bisa, dengan virtual machine, apakah itu hosted ( semacam VirtualBox atau QEMU ) maupun bare-metal ( semacam Xen Hypervisor ), walaupun ini akan membatasi dan menambah kesulitan bagi pembelajarnya.

Penutup

Dengan pembahasan yang cukup lengkap dan komprehensif mengenai pengertian proxy server, cara kerja, dan juga beberapa jenis proxy diharapkan Anda lebih mudah menguasai ilmunya.

Dengan begitu, Anda bisa lebih terampil dalam menghadapi masalah – masalah yang terjadi di dunia kerja.

Referensi


Artikel ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Artikel Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *