Latihan LibreOffice Writer IV : Membuat Daftar Isi

Latihan LibreOffice Writer IV - Membuat daftar isi

Artikel bagian IV kali ini akan memberikan latihan membuat daftar isi otomatis di LibreOffice Writer.

Aplikasi seperti Word atau Writer disebut pengolah kata karena Anda tidak usah mengetik titik-titik-titik ratusan kali ( yang bila salah, ketik ulang ) untuk menyusun daftar isi, karena dia sudah dilengkapi fasilitas Insert > Table of Contents.

Perubahan yang Anda tambahkan pada dokumen akan otomatis mengubah daftar isi tanpa campur tangan Anda. Anda akan melihat bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di sini..

Artikel ini melanjutkan latihan sebelumnya : Membuka Dokumen.

Latihan 1

Untuk persiapan membuat daftar isi, buatlah dokumen dengan kriteria :

  1. Tiga halaman
  2. Halaman pertama kosong
  3. Judul di halaman kedua
  4. Tiga subjudul di halaman kedua
  5. Tiga subjudul di halaman ketiga

Latihan 2

Terapkan Heading 1, Heading 2, Heading 3, Heading 4 :

  1. Judul di halaman kedua = Heading 1
  2. Subjudul pertama ( hal. 2 dan 3 ) = Heading 2
  3. Subjudul kedua ( hal. 2 dan 3 ) = Heading 3
  4. Subjudul ketiga ( hal. 2 dan 3 ) = Heading 4
Penerapan heading-heading di halaman 2 dan 3

Latihan 3

Membuat daftar isi otomatis dengan cara :

  1. Letakkan kursor di halaman pertama ( halaman yang kosong )
  2. Buka menu Insert > Table of Contents > Table of Contents
  3. Muncul dialog “Table of Contents”
  4. Pencet tombol “OK”
  5. Jadilah daftar isi otomatis berjudul “Table of Contents”
Halaman daftar isi, halaman 2, dan halaman 3

Latihan 4

Tambahkan halaman baru dan subjudul – subjudul baru :

  1. Buatlah halaman baru atau pencet Ctrl+Enter
  2. Buatlah 3 subjudul baru dengan berurutan dikenakan Heading 2, Heading 3, Heading 4
  3. Kembali ke halaman daftar isi
  4. Klik-kanan daftar isi > Update
  5. Jadilah daftar isi terbarukan otomatis memuat perubahan di atas
Daftar isi berubah apabila isi dokumen berubah

Latihan 5

Ubahlah penampilan daftar isi sesuai kebutuhan Anda :

  1. Klik-kanan daftar isi > Edit
  2. Muncul jendela “Table of Contents”
  3. Ubah bagian Title dari asalnya “Table of Contents” menjadi “Daftar Isi”
  4. Ubah bagian Evaluate up to level dari “10” menjadi “2”
  5. Pencet tombol OK
  6. Jadilah berubah daftar isi Anda sekarang dengan judul “Daftar Isi” dan hanya memuat 2 level subjudul ( hanya yang mengenakan Heading 1 dan Heading 2 yang dimuat )
Mengubah judul daftar isi dan batasan heading

Bersambung . . .

Artikel ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *