Panduan Pengoperasian KDE Plasma Desktop Bagian 2

Melanjutkan artikel sebelumnya, tulisan ini menjelaskan pengoperasian KDE Plasma Desktop untuk Widgets dan KRunner, supaya kerja Anda lebih cepat & efisien.

Anda bisa menambahkan widget bermanfaat pada area desktop Anda.

Anda juga bisa jalankan aplikasi, jalankan perintah shell, cari berkas, berhitung, maupun konversi mata uang dengan KRunner !

Semoga ini membuat Anda makin produktif bekerja dengan KDE Plasma. 

1. KDE Plasma Widgets

KDE Plasma tersusun dari widget – widget. Semua yang Anda lihat pada penampakan Plasma sebetulnya adalah widgets.

Menu Anda itu widget, workspace switcher itu widget, task manager itu widget, system tray itu juga widget, dan seterusnya.

Menguasai widget dapat meningkatkan kecepatan kerja Anda di Plasma.

Mengoperasikan widget itu 3 hal saja : mengetahui namanya & menambahkan widget, memindah widget, menghapus widget.

  • Mengetahui & menambahkan : klik-kanan pada area desktop > Add Widget > muncul pilihan widget di sisi kiri layar > klik-tahan-geser satu widget dan lepas-klik pada area desktop.
  • Memindah widget : klik-tahan pada widget > muncul tangkai vertikal > klik-tahan tangkai itu > geser kursor ke area lain > widget pun pindah.
  • Menghapus widget : klik-tahan pada widget > muncul tangkai vertikal > klik tombol X merah di pojok bawah > widget terhapus.

2. KRunner

KDE Plasma Desktop punya fasilitas pencarian serbaguna tersembunyi di sisi atas layar. Itulah KRunner namanya yang bisa dipanggil dengan tombol Alt+F2.

KRunner ini seperti dialog Run ( Win+R ) di MS Windows.

Hanya saja, KRunner punya banyak fasilitas lain seperti pencarian file, bahkan operasi matematika, sampai konversi mata uang.

Bagaimana KRunner dapat mempercepat kerja Anda ?

Mengoperasikan KRunner itu 5 hal : menjalankan / mematikan aplikasi ( termasuk perintah shell ), mencari berkas / folder, konversi sesuatu ke sesuatu, menayangkan waktu, dan berhitung.

  • Jalankan aplikasi : ketik nama program seperti dolphin untuk menjalankan aplikasinya.
  • Matikan aplikasi : ketik kill dolphin lalu pilih Terminate dolphin ( PID sekian-sekian ) pada pilihan yang muncul untuk menutup aplikasi Dolphin yang sedang berjalan.
  • Konversi mata uang : ketik 1 usd in rupiah maka Anda peroleh berapa rupiah untuk 1 dolar Amerika.
  • Konversi besaran : contohnya ketik 1 mile in km maka Anda peroleh nilai konversi mil ke kilometer. Selain itu KRunner bisa juga konversi besaran massa ( kg, g ) dan suhu ( F, C, K ). Untuk suhu ketiklah hurufnya huruf besar ( F / C / K ) bukan huruf kecil ( f / c / k ).
  • Mengetahui waktu : contohnya ketik time wib maka Anda peroleh waktu sekarang untuk area WIB. Ketik time wita atau time wit maka Anda peroleh waktu WITA dan WIT. Ketik time saudi maka Anda peroleh waktu Saudi Arabia. Dan seterusnya.
  • Berhitung : KRunner juga bisa melakukan operasi matematika seperti tambah, kurang, kali, dan bagi. Ketik 100 / 5 tanpa tanda ‘=’ maka muncul hasilnya 10 dibagi 5. Seperti itu.
  • Mencari berkas : ketik saja sebagian nama berkas atau ekstensinya. Klik pada hasil pencarian untuk membuka langsung pada aplikasi terkait.

Bersambung . . .

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.