Catatan : Yang sedang saya bahas kali ini adalah Error Zimbra Multi Server, bukan pada zimbra Single Server.
Baru – baru ini saya mengalami pengalaman error yang unik di sistem Zimbra saya.
Setiap saya buka menu Mail Queue Monitoring dan Configure > Certificate di halaman Zimbra Admin Console muncul error seperti ini :
Message :
system failure: exception during auth {RemoteManager: mail.MYDOMAINNAME.net->[email protected]:22} Error code: service.FAILURE Method: [unknown] Details:soap:Receiver
Awal analisa saya adalah kenapa di pesan errornya ada kaitannya dengan port 22 ( bagian [email protected]:22 ) ?
Sedangkan port 22 adalah port SSH.
Selidik punya selidik, error ini ternyata muncul setelah beberapa hari yang lalu rekan saya mengupdate SSH key di salah satu mesin zimbra.
Karena saya pakai sistem Multi Server, jadinya ketika hanya satu server saja yang SSH keynya yang di update, maka yang lain tidak dapat updatean tersebut.
Akibatnya server zimbra pun tidak mempercayai lagi server yang SSH key nya di update.
Akhirnya langkah yang saya lakukan adalah mengenerate ulang SSH key seluruh server satu persatu dengan perintah ini ( eksekusi perintah ini di masing – masing server zimbra ) :
su – zimbra
zmsshkeygen
Lalu update seluruh SSH key di seluruh server dengan perintah berikut ( eksekusi perintah ini di masing – masing server zimbra ) :
su – zimbra
zmupdateauthkeys
Taraaa ! Pesan error Zimbra multi server pun hilang 🙂
Baca juga : Error Saat Install Zimbra Di CentOS 7
Ngomong – ngomong, kalo ada di antara kalian yang mau belajar bikin server zimbra sendiri dari nol, bisa ikuti Tutorial PREMIUM Cilsy ya :
Pada tutorial berbasis video tersebut, kalian akan dipandu oleh trainer profesional Cilsy sampai bisa mengerti dan menguasai ilmu yang dipelajari.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !