Bagian 2 : Mengenal Endless OS Full Edition

Mengenal Endless OS Full Edition

Bagian 2 ini membahas Endless OS Full Edition lanjutan.

Perbandingannya, Full berukuran ISO 6 GB ( bahasa Indonesia ), sementara Basic hanya 2 GB. Full berisi Ensiklopedia Offline sementara Basic tidak.

Full berisi sekian banyak sampel video yang bisa ditonton offline, sementara Basic tidak. Juga, Full berisi lebih banyak aplikasi bawaan daripada Basic.

Maka tulisan ini akan menyampaikan wujudnya Endless OS Full Edition Bahasa Indonesia kepada Anda semua.

Artikel ini lanjutan dari Perkenalan Endless OS Basic Edition

Anjuran Penulis

Jika Anda ingin memakai Endless OS sendiri atau memberikannya ke orang lain yang tidak punya sambungan internet, pakailah Full Edition.

Baca keseluruhan artikel, dan Anda akan tahu kenapa.

Tampilan Endless OS Full Edition

Tampilan luar Endless OS sama saja baik itu Full maupun Basic Edition. Keduanya sama-sama GNOME yang sudah dikustom tema & ekstensinya.

Yang menarik : Tampilan berbahasa Indonesia telah siap saji !

1. Ensiklopedia Offline Bahasa Indonesia

Bagian paling menarik dari Endless OS ialah dia membawa Wikipedia Indonesia secara offline yang mendukung pencarian & dibaca dengan mudah.

Bahkan, pencarian desktop Endless OS terhubung langsung ke Ensiklopedia ini.

Silakan lihat, gambar ini memperlihatkan Ensiklopedia sedang membuka laman ‘Pulau Komodo’ ketika offline ( lihat pojok kanan-bawah, koneksi putus ).

Maka fitur ini yang bisa jadi sangat dinantikan oleh siswa – siswi serta sekolah – sekolah di Indonesia.

Ensiklopedia membuka artikel ‘Pulau Komodo’ :

Pencarian desktop tersambung ke Ensiklopedia :

2. Help Berbahasa Indonesia

Satu hal yang sangat dinantikan masyarakat Indonesia : OS dengan help lengkap berbahasa Indonesia.

Endless OS memenuhi kebutuhan itu dengan Help-nya ( bisa diakses di menu di pojok kanan-bawah > klik tombol “?”/ Tanda Tanya ).

Dengan ini, Endless OS di Indonesia akan lebih memasyarakat lagi khususnya di kalangan pedesaan dan sekolah – sekolah.

3. Bisa Edit Video

Full Edition ini sudah dilengkapi PiTiVi, sebuah program audio editor bagus berlisensi free software.

Jika Anda memasang Full Edition, Anda langsung bisa edit video.

PiTiVi ini mirip dengan Windows Movie Maker jadi kebanyakan orang diharapkan cepat terbiasa dengannya.

4. Bisa Edit Audio

Full Edition ini sudah dilengkapi Audacity, sebuah program audio editor profesional berlisensi free software.

3. Aplikasi Pendidikan

Menakjubkannya, Endless OS yang memang ditujukan untuk pendidikan, betul – betul membawa banyak software pendidikan di Full Edition seperti Gcompris ( belajar motorik & bahasa untuk anak – anak TK ), KAlzium ( kimia ), KBruch ( matematika, pembagian interaktif ), Genius ( matematika, pengganti MATLAB ), Stellarium ( peta bintang, offline ), Scratch ( belajar pemrograman interaktif ), Peta Pikiran ( mind mapping ), Tux Type ( latihan mengetik ), Tux Math ( game matematika untuk anak ), sampai Tux Paint ( program menggambar lucu & interaktif untuk anak ).

Kalzium, aplikasi kimia mewakili tingkat lanjut :

Tux Paint, menggambar dengan efek suara lucu setiap kliknya :

4. Video Game

Full Edition membawa sangat banyak video game bahkan yang berukuran besar seperti OpenArena ( seperti Counter Strike ), TORCS ( seperti Need For Speed ), Warzone 2100 ( seperti Command & Conquer ), dan MegaGlest ( seperti Warcraft ).

Selain itu, game kecil & game edukasi semacam Tux Math, Numpty ( belajar Fisika ), sampai Tux Soccer ( sepak bola ) ikut disertakan.

Semuanya sudah termasuk dalam ISO 6GB Full Edition jadi langsung bisa dimainkan.

TORCS, game balap mobil 3D

5. Fungsionalitas

Kalender bawaan Endless OS ialah Evolution.

Sekali Anda menyimpan jadwal – jadwal di dalamnya, maka jam di desktop Anda langsung menayangkan jadwal tersebut memperingatkan kapan dilaksanakan.

Fitur ini cocok sekali untuk para guru dan wiraswastawan yang sibuk.

Manajer berkas di Endless OS ( Nautilus File Manager ) bertampilan Bahasa Indonesia.

Nama – nama menu, pengaturan, folder, bahkan hasil skrinsotan pun berbahasa Indonesia.

Bahkan Help ( sudah terinstal, bisa dibaca offline ) darinya pun berbahasa Indonesia. Sungguh memudahkan semua pengguna Indonesia.

Pengaturan sistem pun berbahasa Indonesia.

Pengguna awam & nonteknis di Indonesia, orang – orang tua, serta siswa – siswi kita, tidak akan kesulitan mengoperasikan Endless OS Full Edition.

Penutup

Endless OS Full Edition Berbahasa Indonesia dengan bawaan Ensiklopedia dan aplikasi pendidikan cocok untuk sekolah – sekolah dan institusi pendidikan di Indonesia.

Di sisi lain, bawaan video game yang berlimpah cocok untuk masyarakat kebanyakan yang ingin tahu & melepas kepenatan.

Ditambah lagi, untuk mendemonstrasikan semua itu secara publik ( seperti seminar, workshop, dll ), Endless OS tidak harus diinstal melainkan bisa dijalankan langsung dari LiveCD atau LiveUSB, tanpa memformat HDD Anda.

Silakan coba Endless OS dan bagikanlah ke teman – teman Anda.

10 Comments

  1. Salam admin, mau tanya nih,kalau endless OS basic dengan peppermint OS lebih ringan yang mana ya? Saya mau coba install di laptop lama speknya: core 2 duo, ram 4gb, 64bit.
    Terima kasih sebelumnya ya

  2. untuk gnome nya bisa diganti gak ya min? soalnya pas idle memakan Ram 800an Mb, apalagi pas buka browser dan libreoffice pasti nyampe angka 1500an Mb. yg kedua entah kenapa klo pas buka aplikasi pasti prosesor berkerja extra shg cepet panas.
    spek laptopnya Dualcore, 2Gb support 64bit.

    1. Kepada Anonymous,

      Tentu bisa. Sebenarnya di dalam Endless OS masih ada apt-get. Asal Kang Anonym bisa operasikan apt-get itu, teorinya, akang bisa instal DE lain.

      Adapun untuk masalah beban kerja, laporan yang bagus, namun saya tidak bisa membantu. Saran saya coba tes Endless yang sama di komputer lain apakah sama-sama beratnya atau tidak.

      Semoga sukses!

  3. link buat full version bahasa Indonesia dimana om… doalnya saya sdh ke web resminya, cuma dapet link torrent, itupun nggak jalan (nggak tau, apakah karena nggak ada seddernya 😂)… atas suportnya makasih buanyak 🙏😀

    1. Alamat unduhan resmi yang versi full yang berbahasa Indonesia ada di https://torrents.endlessm.com/torrents/eos-amd64-amd64-id-3.3.3-iso.torrent [TORRENT]. Bila ini yang akang unduh, dan tidak ada seeder, kemungkinan itu wajar saja sebab si Endless memang masih baru.

      Namun ada berita gembira, yaitu Komunitas KLAS berhasil me-mirror Endless di alamat ini https://buaya.klas.or.id/endless/.

      Beritanya bisa akang baca di sini https://klas.or.id/index.php/2017/10/30/citra-iso-endless-os-telah-tersedia-di-reporitory-buaya-milik-klas/.

      Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *