Install Eternal Terminal Di Ubuntu 14.04 / 16.04

Eternal Terminal adalah layanan remote SSH yang tidak akan merusak sesi yang sudah kalian buat walaupun tiba – tiba koneksi terputus.

Hal ini sangat keren menurut saya.

Karena selama ini kalau kalian perhatikan, jika kalian me-remote server kalian menggunakan putty, saat mengetikkan sesuatu atau sedang melakukan proses sesuatu kemudian koneksi kalian tiba – tiba putus, maka saat kalian reconnect putty kalian, semua yang kalian lakukan tadi akan hilang.

Ini bisa sangat berbahaya. Karena bayangkan kalau kalian sedang melakukan proses yang penting ( seperti mengupgrade sistem ).

Sebagai catatan, untuk saat ini Eternal Terminal baru ada di GNU / Linux dan MacOS saja. Jadi untuk klien windows belum bisa.

Nah untuk instalasi Eternal Terminal caranya cukup mudah, kalian tinggal ketikkan perintah – perintah berikut di kedua sisi, yaitu server ubuntu kalian dan ubuntu klien kalian :

sudo add-apt-repository ppa:jgmath2000/et
sudo apt-get update
sudo apt-get install et

Eternal Terminal pada defaultnya bekerja di port 2022.

Oleh karena itu jika kalian sebelumnya pakai SSH di port 22 atau yang lainnya, silahkan dibukakan port 2022 maupun di port forwarding port 2022 di firewall server kalian.

Untuk menggunakannya bisa langsung kalian ketikkan ini :

et username@serverhost

Misal :

et [email protected]
et [email protected]

Masukkan password, dan kalian sudah mulai terkoneksi.

Pada dasarnya tampilannya sama saja dengan SSH. Namun kalian bisa coba untuk langsung cabut koneksi klien kalian ( cabut kabel atau putus wifi ), lalu sambungkan kembali.

Seharusnya koneksi Eternal Terminal kalian masih nyambung dan aman.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.