Mudah Menyambung OpenVPN Di Ubuntu Pakai NetworkManager

Menyambung OpenVPN di Ubuntu
1 Shares

Kini, menyambung OpenVPN di Ubuntu didukung dengan GUI yang mudah. Hanya saja, untuk mengaktifkan dukungan ini kita perlu memasang beberapa paket.

Tulisan ini ditujukan khususnya bagi karyawan/mahasiswa yang internetnya terhalang proxy instansi agar mudah menyambungkan semua aplikasinya ke internet melalui VPN.

Tulisan ini menunjukkan langkah-langkahnya berbasis contoh konfig .ovpn gratis dari VPNGate.net. Selamat ber-VPN mudah di Ubuntu !

Sekilas Tentang OpenVPN

Virtual Private Network (VPN) adalah salah satu bentuk jaringan di internet yang dipakai untuk menyambung secara aman dari satu jaringan ke jaringan lain.

Sementara itu, OpenVPN adalah program client & server yang dibuat berdasarkan teknologi VPN, yang jadi standar populer saat ini.

Kegunaan VPN sangat banyak, seringnya untuk membebaskan diri dari pemblokiran jaringan atau penyadapan internet.

Singkatnya dengan program OpenVPN inilah Anda bisa “memaksa” seluruh program di sistem operasi Ubuntu terhubung ke internet melalui satu jalur VPN yang banyak tersedia di internet gratis ataupun berbayar (masih banyak kegunaan lainnya juga).

Baca lebih lanjut tentang VPN di sini lalu OpenVPN di sini.

1. Sudahkah OpenVPN Terinstal ?

Pastikan paket bernama openvpn terpasang di Ubuntu Anda. Jika belum, instal dulu :

$ sudo apt-get install openvpn

2. Instal Pengaya NetworkManager

Untuk mengaktifkan konfigurasi GUI bagi OpenVPN di Ubuntu, Anda perlu menginstal beberapa paket “plugins” yang ditujukan untuk NetworkManager.

$ sudo apt-get install network-manager-openvpn network-manager-vpnc network-manager-openconnect network-manager-openvpn-gnome network-manager-vpnc-gnome network-manager-openconnect-gnome

3. Dapatkan Konfig .ovpn

Untuk mencoba OpenVPN di Ubuntu melalui kemudahan NetworkManager, paling mudahnya Anda cukup mendapatkan sebuah konfig .ovpn yang OK dari situs-situs yang menyediakannya gratis.

Anda bisa mengunduhnya gratis dari http://vpngate.net misalnya ambil yang server Jepang. Ambil yang mana saja asalkan ekstensinya .ovpn.

4. Impor .ovpn ke NetworkManager

Anda harus memasukkan konfig .ovpn ini ke NetworkManager dengan cara : klik ikon jaringan di panel atas > klik Edit connections > klik tombol Add > klik pilihan & pilih Import a Saved VPN Config > klik Create > pilih berkas .ovpn yang barusan Anda unduh tadi > klik Open > pada dialog Connection name cukup klik Save.

Sampai di sini impor konfig selesai.

5. Menyambung OpenVPN di Ubuntu

Sekarang klik ikon jaringan lagi > sorot VPN Connections > klik nama VPN yang barusan Anda imporkan > biarkan ikon jaringan berputar > sebuah notifikasi berhasil menyambung akan tampak > maka keseluruhan komputer Ubuntu Anda sekarang tersambung ke internet melalui OpenVPN ini.

Notifikasinya seperti ini. Ikon jaringan Anda juga akan dibubuhi logo gembok kecil.

6. Memeriksa Keabsahan Sambungan OpenVPN

Benarkah Anda sekarang tersambung ke internet melalui terowongan OpenVPN?

Cara mudah memeriksanya ketik saja “what is my ip” di mesin pencari di web browser Anda lalu lihat apakah bahasa halamannya berubah jadi Bahasa Jepang (atau sesuai negara server yang Anda pilih tadinya).

Jika benar Anda tersambung ke OpenVPN di Jepang, maka seharusnya tampilan mesin pencari beraksara Jepang sekarang.

Cara lain memeriksanya misalnya dengan mengunjungi situs pembaca IP address seperti IPLocation dan perhatikan nomor IP-nya kemudian negara-nya.

Seharusnya situs ini membaca nomor IP dari server yang Anda pilih dan negaranya bukan Indonesia lagi (jika benar Anda tadinya memilih Jepang, misal).

Perhatikan bahwa nomor IP yang dibaca oleh situs ini sama dengan IP dari konfig yang saya pakai (60.97.15.64).

Selamat, Anda berhasil menyambung OpenVPN di Ubuntu.

1 Shares

Artikel Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *