3 Langkah Mudah Menghilangkan Noise Kecil Dengan Audacity

Menghilangkan noise dengan Audacity

Buat kalian yang sering merekam audio, tentunya menghilangkan noise adalah salah satu hal yang wajib dilakukan saat proses editing.

Noise-noise seperti bunyi “sssssss” itu saja sudah cukup mengganggu.

Nah di artikel kali ini, saya ingin membagikan sedikit tips untuk menghilangkan noise-noise kecil seperti itu menggunakan aplikasi open source Audacity.

Disini saya melakukan 1 buah rekaman audio. Berikut adalah contoh hasilnya :

Rekaman tersebut memiliki banyak noise kecil yang kira-kira ketika dijalankan rekamannya akan berbunyi “sssssss”.

Suara noise tersebut dapat kita lihat pada kotak-kotak merah yang sudah saya tandai yang hampir disetiap bagian pasti muncul :

Nah lalu bagaimana menghilangkan noise ini ? Kita bisa menggunakan fitur Noise Reduction milik Audacity.

Konsepnya adalah kita pertama-tama memilih bagian contoh noise, kemudian kita pilih bagian mana saja yang ingin kita hilangkan noisenya, setelah itu tinggal kita jalankan fitur peredam noisenya.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pilih contoh bagian noise dengan cara mengklik kiri dan drag kursor sepanjang bagian noise yang ingin kita tandai. Tipsnya adalah memilih bagian yang paling mirip dengan semua noise yang ada.

Setelah itu klik menu Effect > Noise Reduction > Get Noise Profile untuk mendapatkan contoh profil noise yang akan dihilangkan.

  • Selanjutnya kita akan memilih bagian mana saja yang ingin kita hilangkan noisenya. Pada kasus ini saya ingin menghilangkan noise tersebut dikeseluruhan bagian audio. Sehingga saya cukup melakukan CTRL + A untuk memilih keseluruhan bagian audio.
  • Langkah terakhir kita akan menghilangkan noisenya. Caranya dengan memilih kembali menu Effect > Noise Reduction, kemudian klik OK.

Berikut adalah contoh hasil audio setelah diredam noisenya :

Kalian tentunya bisa mengulang langkah-langkah diatas jika kalian masih merasa kurang puas dengan hasilnya.

Ini contoh ketika saya melakukan peredaman yang kedua kali :

Berikut saya tampilkan juga perbandingan penampakan audio secara dizoom antara sebelum diredam noisenya, setelah diredam 1 kali, dan setelah diredam 2 kali.

Sebelum diredam

Setelah diredam 1 kali

Setelah diredam 2 kali

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *