Panduan Mudah Instalasi KBBI Qt v1.0 Di Ubuntu

Panduan mudah instalasi KBBI Qt
10 Shares

Pada 30 November 2016 lalu Komunitas BGLI secara resmi merilis software aplikasi perdananya bernama KBBI Qt v1.0.

KBBI Qt adalah sebuah program kamus Bahasa Indonesia yang dapat berjalan di GNU/Linux dan Windows.

Kamus yang dibawa oleh program ini adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia sesuai namanya. KBBI Qt adalah free software dengan lisensi GNU GPL v3.

Situs resmi KBBI Qt adalah https://github.com/bgli/kbbi-qt. Tulisan ini menunjukkan bagaimana mudah instalasi KBBI Qt di Ubuntu.

Mengunduh KBBI Qt

Diperbarui 6 Desember 2016 : versi 32 bit untuk Ubuntu telah tersedia !

Unduh paket KBBI Qt di alamat https://github.com/bgli/kbbi-qt/releases.

Paket yang harus Anda unduh untuk Ubuntu ialah kbbi-qt_1.0-1_amd64.deb. Untuk 64 bit dan kbbi-qt_1.0-1_i386.deb untuk 32 bit. Ukuran paket ini sekitar 10 MB.

Gambar ini diperbarui pada 6 Desember 2016.

Catatan : Terima kasih untuk Kang Sucipto pimpinan proyek KBBI Qt yang menginformasikan telah tersedianya paket 32 bit untuk Ubuntu melalui kotak komentar pada 5 Desember 2016.

Instalasi KBBI Qt

Cara termudah menginstal paket KBBI Qt ialah dengan klik kanan nama paket > pilih Open With Software Install > muncul Ubuntu Software Center > klik tombol Install > masukkan password jika diminta > biarkan instalasi sampai selesai.

Catatan : apabila Anda tidak bisa menginstal melalui Software Center, instal dari Terminal dengan perintah $ sudo dpkg -i nama_paket_versi_paket.deb.

Ganti variabel nama_paket_versi_paket dengan nama file yang benar.

Menjalankan KBBI Qt

Di Ubuntu dengan tampilan Unity, KBBI Qt akan muncul di Launcher samping sebagai ikon warna biru lalu jendelanya di layar utama menayangkan pencarian dan hasilnya.

Catatan Penulis

Saya mengucapkan selamat kepada Tim BGLI atas keberhasilan mengembangkan sebuah free software untuk desktop di GNU/Linux.

Karya ini menolong dan menginspirasi komunitas free software Indonesia di bidang desktop.

Kepada Kang Sucipto dan seluruh kontributor proyek semoga karya kita bersama ini besar manfaatnya dan panjang masa hidupnya bagi masyarakat Indonesia.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim BGLI dan komunitas BGLI itu sendiri atas terwujudnya KBBI Qt.

Tentang BGLI

Belajar GNU/Linux Indonesia (BGLI) adalah sebuah forum diskusi di jaringan internet Telegram yang menampung setiap pengguna GNU/Linux di Indonesia yang bersemangat mempelajari Linux.

BGLI didirikan awal 2016 oleh Sucipto, admin situs sucipto.net sekaligus pimpinan proyek KBBI Qt ini.

Alamat forumnya ialah https://telegram.me/GNULinuxIndonesia.

10 Shares

Artikel Populer

4 Comments

    1. Terima kasih banyak kepada Kang Sucipto atas informasi penting ini. Saya sangat senang Pimpinan Proyek KBBI Qt datang ke posting ini. Maaf saya tidak bisa daring kemarin, saya baru daring hari ini. Saya langsung edit, Kang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *