Instalasi Budgie Desktop Environment Di Fedora 25 Melalui COPR

Budgie adalah desktop environment baru yang dibuat oleh Proyek Solus untuk sistem operasi Solus.

Pada dasarnya, Budgie tidak tersedia di Fedora.

Namun seorang pengguna Fedora di Indonesia bernama Fadlun Akbar telah membuatkan repositori COPR yang pengguna Fedora 24, 25, dan Rawhide bisa melakukan instalasi Budgie darinya.

Berikut ini langkah-langkah instalasinya.

Memasang COPR

Jalankan perintah ini di Fedora 24, atau 25, atau Rawhide :

$ su -c ‘dnf copr enable alunux/budgie-desktop-git’

Instalasi Budgie

Jalankan perintah ini :

$ su -c ‘dnf install budgie-desktop’

Keterangan : Apabila sistem operasi Fedora Anda masih bersih baru diinstal, maka secara default perintah ini akan melakukan terlebih dahulu (1) unduh peta repositori resmi Fedora (2) unduh peta repositori COPR yang dituju; baru kemudian (3) unduh paket budgie-desktop yang sebenarnya (4) menginstal budgie-desktop.

Pada sistem livecd Fedora 25 saya, prosesi ini memakan data sekitar 52 MB. Budgie itu sendiri hanya berukuran sekitar 2 MB.

Menjalankan Budgie

Untuk menikmati Budgie Desktop Environment, silakan logout Fedora lalu ketika login, pilih dahulu nama Budgie Desktop dari pilihan desktop yang ada (biasanya dari tombol gear atau tombol semisal di layar login).

Tentang COPR

COPR (Cool Other Package Repo) adalah fasilitas online package builder untuk Fedora mirip seperti Launchpad PPA untuk Ubuntu atau OBS untuk openSUSE.

Dengan kata lain, COPR adalah salah satu sumber repositori pihak ketiga untuk Fedora.

Di COPR ini kita menemukan banyak sekali software yang tidak ada di repositori resmi Fedora didistribusikan oleh pengguna Fedora. Keterangan resmi mengenai fasilitas COPR tersedia di https://fedorahosted.org/copr/.

COPR yang saya pakai kali ini adalah budgie-desktop-git dengan alamat https://copr.fedorainfracloud.org/coprs/alunux/budgie-desktop-git.

COPR ini dibuat oleh alunux (alias Fadlun Akbar, pengembang nekorpm).

Saya menulis artikel ini atas rekomendasi dari Kang alunux melalui IRC #ubuntu-indonesia. Saya mengucap terima kasih banyak untuk Kang alunux atas informasi dan COPR beliau ini.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

RajaBackLink.com

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.