Install dan Konfigurasi Centos Web Panel (CWP)

0 Shares

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.
 
Menggunakan Control Panel pada suatu server atau VPS dapat meringankan waktu Anda untuk memasangan software segala sesuatu yang dibutuhkan, untuk membangun suatu web hosting misalnya, webserver seperti Apache atau Nginx, mail server, DNS server, database server, FTP server dan lain sebagainya. Memasang seluruh software tersebut secara manual satu per-satu dapat menghabiskan banyak waktu dan juga memiliki peluang untuk gagal mengkonfigurasi. Oleh karena itu kita membutuhkan suatu control panel yang mana fungsi utamanya yakni “menghemat waktu”.

Tulisan kali ini, penulis akan memperkenalkan suatu control panel yang free lagi open source dan powerful bernama Centos Web Panel atau disingkat dengan CWP. Apa itu CWP? CWP adalah suatu control panel yang powerful berbasis web yang free lagi open source, yang mana diciptakan didesain untuk newbie yang ingin membangun suatu web hosting dengan mudah, juga dengan CWP dapat mengambil alih atau mengatur seluruh kegunaan server dalam tampilan web, oleh kerenanya kita tidak perlu lagi mengatur server melalui SSH console.

Sesuai dengan namanya CWP hadir hanya untuk Centos saja. Juga CWP saat ini hadir hanya untuk pengguna Centos 5 dan 6. Bagi Anda pengguna Centos 7, ia masih tahap pengembangan.

Pada tutorial ini, penulis mencontohkan dengan menggunakan Centos 6.8 32bit, jika Anda pengguna Centos 6 dalam versi minor lainnya seperti versi 6.8 ke bawah atau pengguna 64bit, tutorial ini akan tetap dapat dipergunakan, karena memang CWP hanya butuh saat ini versi Centos 5 atau 6. Langsung saja kita mulai praktek memasangnya!

Pertama-tama pastikan repository server telah terupdate.

$ sudo yum update

Kemudian kita masuk ke direktori /usr/local/src dan unduh skrip instalasi CWP tersebut

$ cd /usr/local/src
$ sudo su
# wget http://centos-webpanel.com/cwp-latest

Setelah selesai kita mengunduh skrip CWP, langsung saja kita pasang CWP nya.

# sh cwp-latest

Maka proses installasi akan berjalan, ia akan memasang seluruhnya dari mulai webserver, database server dan lain sebagainya. Lihat gambar di bawah ini:

Tunggu sampai proses selesai, proses instalasi akan memakan waktu yang cukup lama dikarenakan CWP memasang seluruh kebutuhan web server. Jika sudah selesai, sekarang kita reboot seperti gambar di bawah ini. Sebelum reboot pastikan Anda sudah mencatat username dan password yang tertera, seperti gambar di bawah ini:

Langsung saja Anda buka dari browser Anda CWP tersebut:

Login dengan root dan password root Anda, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Jika ada beberapa pesan peringatan (Warning) seperti contoh gambar di atas, Anda bisa langsung klik tombol nya, ia akan otomatis terpasang.

Luar biasa bukan? Semoga bermanfaat. 🙂

0 Shares

Artikel Populer

3 Comments

  1. Artikel nya luar biasa om mantab sekali tentang penjelasan dari CWP om. Om ane ijin ngasih masukan om, untuk penulisan CentOS di paragraf ke-3 itu ada kesalahan om, yang di tulis dengan "Centios" om. Lalu ada kesalahan penulisan di "sudo yum updat", terimakasih om atas artikel nya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *