Pengantar Pemula Menggunakan GNU Emacs


Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

GNU Emacs tergolong text editor paling powerful, cepat, ringan, kaya fitur, dan fleksibel yang pernah ada, yang tersedia untuk GNU/Linux, Windows, dan Mac. Di dalam artikel ini Anda akan mendapatkan kunci-kunci dasar navigasi di GNU Emacs, yang ditujukan supaya pemula murni bisa langsung menavigasi Emacs selancar memakai Notepad (Windows) atau Gedit (Ubuntu) untuk kebutuhan sendiri. Anda juga memperoleh kunci-kunci dasar untuk split window dengan mudah, serta kunci untuk menjalankan perintah internal Emacs dan perintah bash shell dengan contohnya untuk pemrograman C, Python, dan Perl. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Alasan Menggunakan Emacs

Kecepatan. Ini satu alasan utama, bahkan bagi pemula sekalipun, karena segala interaksi pengguna dengan Emacs dilakukan melalui keyboard (bukan mouse). Anda akan berinteraksi dengan Emacs seluruhnya dengan keyboard. Adapun alasan lain masih banyak, seperti Emacs itu ekstensibel, kaya fitur, dan tentu saja Emacs itu free software

1. Bagaimana Menjalankan Emacs

Buka Terminal Anda lalu jalankan perintah berikut:

emacs –no-window

Lalu Anda akan melihat layar (frame) sambutan Emacs seperti berikut:

Layar sambutan ini menunjukkan berbagai dokumentasi terkait Emacs yaitu help dan tutorial, disertai pernyataan lisensi.

2. Bagaimana Menutup Emacs

Kunci untuk menutup program Emacs yang sedang berjalan adalah

C-x C-c

Yang cara bacanya Ctrl+x Ctrl+c (tahan Ctrl lalu tekan x, lepas x, tekan c). Kunci ini adalah perintah Emacs, anggap ini perintah Emacs pertama Anda.

3. Bagaimana Membuat Berkas Baru (New File)

Ketika Emacs sedang berjalan, kunci untuk membuat berkas baru (New File) adalah:

C-x C-f

maka Emacs di baris terbawah akan meminta nama berkas (File Name) yang harus Anda ketikkan (misalnya program.c atau novel.txt):

4. Bagaimana Membuka Berkas (Open File)

Ketika Emacs sedang berjalan, kunci untuk membuka berkas (Open File) adalah sama saja dengan membuat berkas:

C-x C-f

5. Bagaimana Mengetik Teks

Ketika Emacs sudah membuka suatu berkas, Anda sudah bisa mengetik teks di dalamnya terserah teks apa saja. Di dalam penulisan ini Anda langsung mengetik teks tanpa ada mode-mode INSERT-COMMAND (tidak seperti vi), jadi dalam hal pengetikan teks Emacs sama seperti Notepad dan editor GUI lainnya. Contohnya lihat gambar berikut.

6. Bagaimana Membuka Menu

Ketika Emacs sedang berjalan, Anda bisa membuka menu-menu di bagian atas dengan tombol:

F10

Tekan tombol panah kiri bawah kanan atas untuk menavigasi kursor ke menu-menu di sebelahnya. Tekan tombol Enter untuk memilih suatu item di dalam menu. Tekan tombol F10 sekali lagi untuk menutup menu.



PENTING: apabila Anda tidak hafal kunci-kunci Emacs (yang memang sangat banyak), cukup buka menu dan cari perintah yang Anda maksud dan lihat di sisi kanannya kunci pintasannya. Misalnya pada gambar di atas tampak jelas Save = C-x C-s

7. Bagaimana Membelah Layar (Split Window)

Kunci untuk membelah layar di Emacs adalah:

C-x 2
C-x 3

Yakni cara melakukannya tekan Ctrl+x, lepas Ctrl, tekan 2. Tekan Ctrl+x, lepas Ctrl, tekan 3. Kunci C-x 2 adalah split layar atas-bawah, sedangkan kunci C-x 3 adalah split layar kiri-kanan. Lihat gambar berikut.

8. Bagaimana Berpindah Layar (Move Window)

Ketika Emacs sedang membuka banyak window (banyak split), kunci untuk berpindah dari satu jendela ke jendela lain (satu split ke split lain):

C-x o

Satu kunci C-x o berarti pindah satu window. Menekan 3 kunci C-x o C-x o C-x o berarti pindah window 3 kali. Lihat gambar di bawah, perhatikan posisi kursor (kotak putih) sudah berada di pojok kanan bawah.

9. Bagaimana Membuka Berkas Baru di Window Baru

Ketika Emacs sudah membuka banyak window, lalu kursor sudah dipindahkan ke window baru, kunci untuk membuka berkas baru masih sama:

C-x C-f

Maka Emacs bisa membuka banyak window dengan banyak berkas berbeda bersamaan di dalam satu layar Terminal. Lihat contoh gambar berikut ketika Emacs membuka 4 berkas berbeda dalam 4 window.

10. Bagaimana Membuka Terminal di dalam Emacs

Ketika Emacs berjalan, idealnya ketika jendela sudah terbagi-bagi, kunci untuk membuka sebuah jendela shell adalah:

M-x shell

Yaitu cara melakukannya tekan Esc+x kemudian ketik “shell” kemudian tekan Enter. Lihat gambar berikut, window sebelah kanan ialah Terminal (shell). Kita bisa lakukan perintah apa pun (sebagaimana di Terminal biasanya) di sini.

11. Bagaimana Mengompilasi C dengan GCC

Ketika Emacs sedang membuka kode sumber C, idealnya dua window seperti di bawah ini, kunci untuk melakukan kompilasi dengan GCC adalah:

M-x compile RET gcc -o program program.c

Cara melakukannya tekan Esc-x ketik “compile” tekan Enter ketik “gcc -o program program.c”. Gantilah nama program.c dengan nama kode sumber Anda dan nama program dengan nama binary Anda. Kunci RET adalah RETURN, sama dengan ENTER.

12. Bagaimana Menginterpret Python

Sama dengan kasus kode sumber C GCC, ketika Emacs sedang membuka kode sumber Python, idealnya dua window seperti gambar di bawah ini, maka kunci untuk melakukan interpret Python adalah:

M-x compile RET python ulo.py

Cara melakukannya adalah tekan Esc-x ketik “compile” tekan Enter ketik “python ulo.py”. Gantilah nama ulo.py dengan nama kode sumber Python Anda. Kunci RET adalah RETURN, sama dengan ENTER.

13. Bagaimana Menginterpret Perl

Sama dengan C dan Python, ketika Emacs sedang membuka kode sumber Perl, idealnya dua window seperti gambar di bawah ini, kunci untuk melakukan interpret Perl adalah:

M-x compile RET perl mutiara.pl

Cara melakukannya adalah tekan Esc-x ketik “compile” tekan Enter ketik “perl mutiara.pl”. Gantilah nama mutiara.pl dengan nama kode sumber Perl Anda. Kunci RET adalah RETURN, sama dengan ENTER.

14. Bagaimana Mengeksekusi Program dengan Shell

Ketika Emacs sedang membuka dan sudah mengompilasi kode sumber C, idealnya dengan 3 window, cara mengeksekusi program binary hasil kompilasi tersebut adalah dengan perintah shell di jendela shell tersendiri:

./program

Ganti nama program dengan nama binary dari program C yang Anda buat. Lihat gambar berikut. Window kiri adalah kode sumber C, window kanan atas adalah perintah kompilasi, dan window kanan bawah eksekusi.

Menginstal GNU Emacs di Sistem Operasi Anda

Berikut ini beberapa petunjuk instalasi Emacs di sejumlah sistem operasi.

Ubuntu

sudo apt-get install emacs

Fedora

sudo dnf install emacs

openSUSE

sudo zypper install emacs

Gentoo

sudo emerge –ask app-editors/emacs

Arch Linux

sudo pacman -S emacs

Microsoft Windows

Baca https://www.emacswiki.org/emacs/MsWindowsInstallation.

Mac OS X

Baca https://www.emacswiki.org/emacs/EmacsForMacOS

Tentang GNU Emacs

Apabila UNIX punya text editor bernama ed, BSD punya vi, maka GNU punya Emacs.
GNU Emacs adalah text editor yang muncul pertama kali tahun 1976 (jauh
sebelum sistem operasi GNU itu sendiri dibuat), yang berfokus pada fitur
Lisp Interpreter dengan penekanan fleksibilitas pada Macro, yang
terkenal di kalangan para penggunanya sebagai text editor legenda yang
utamanya digunakan para programer untuk berbagai macam pekerjaan
pemrograman hingga saat ini. Emacs kaya fitur, bisa digunakan untuk hampir
segala-galanya, bahkan secara default ia sudah membawa email client,
news reader, file manager, web browser, dukungan GUI, dukungan plugins, dan fitur lainnya (bahkan game). Situs resmi GNU Emacs adalah https://www.gnu.org/software/emacs.

Komentar Pembaca . . .

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.