Panduan Instalasi KSuperkey di Fedora 24

 

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

KSuperkey adalah program kecil yang memampukan pengguna KDE membuka-tutup menu desktop dengan tombol Super (“tombol Windows”). Program KSuperkey ini tersedia di Fedora KDE (versi 23, 24, Rawhide) melalui repositori COPR oleh pengguna vanoudt (repositori ini tidak resmi). Berikut panduan instalasinya berdasarkan Fedora 24 (dan berlaku juga untuk versi 23 & Rawhide).

1. Kunjungi COPR

Buka alamat situs web COPR https://copr.fedorainfracloud.org lalu cari kata kunci ksuperkey dan Anda semestinya menemukan hasil repositori bernama vanoudt/KSuperkey. Kunjungi repositori tersebut.

2. Tentukan Versi Fedora

Di dalam halaman vanoudt/KSuperkey Anda akan disuguhi 3 pilihan (per 3 Oktober 2016 ini) yaitu Fedora 23, 24, dan Rawhide. Artikel ini mencontohkan versi 24, jadi klik pada tombol Fedora 24 pada kolom Download (klik kanan > Save Link As).

Dengan ini, Anda mengunduh sebuah berkas berekstensi .repo yang berisi informasi alamat repositori Fedora untuk paket software ksuperkey.

3. Setel Berkas .repo

Yang harus Anda lakukan setelahnya adalah pindahkan berkas .repo yang Anda unduh itu ke direktori /etc/dnf/. Cara melakukannya paling mudah dengan konsol: 

sudo cp -v vanoudt-KSuperkey-fedora-24.repo /etc/yum.repos.d/

Apabila penyalinan ini berhasil, maka di dalam /etc/dnf/ Anda akan melihat berkas .repo tersebut ada seperti berikut:

[[email protected] Downloads]$ ls /etc/yum.repos.d/
fedora-cisco-openh264.repo  fedora-updates.repo          vanoudt-KSuperkey-fedora-24.repo
fedora.repo                 fedora-updates-testing.repo
[[email protected] Downloads]$

4. Reload

Lakukan reload repositori dengan perintah:

sudo repolist

Perintah ini memerlukan sambungan internet dan akan memakan sekitar 30 MB data (apabila Anda belum check-update) atau memakan sekitar 1 KB data (apabila Anda sudah check-update). Tujuan dari perintah ini adalah mengambil daftar isi dari repositori COPR (berkas .repo) yang baru saja Anda masukkan ke sistem.

5. Menginstal KSuperkey

Lakukan instalasi dengan perintah:

sudo dnf install ksuperkey

Setujui pertanyaan-pertanyaan yang muncul dengan mengetik ‘y’. Instalasi KSuperkey ini memakan 27 KB di Fedora 24 saya.

Menggunakan KSuperkey

Jalankan program KSuperkey dengan mengetik perintah ksuperkey di konsol. Sekali dijalankan, program ini langsung hidup di balik layar. Setelahnya, tekan tombol Super (tombol Windows) maka menu desktop KDE Anda akan terbuka, tekan tombol Super sekali lagi maka ia tertutup.

Untuk selalu menjalankan fungsi KSuperkey seterusnya (selalu menyala bersama booting sistem) Anda perlu memasukkan perintah ksuperkey di dalam Autostart (buka menu desktop > cari Autostart) > klik Add Program > ketik ksuperkey > OK > OK. Dengan begini maka setiap Fedora start tombol Super Anda akan selalu membuka-tutup menu desktop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *