Berkenalan dengan Budgie Desktop Environment di GNU/Linux

Budgie Desktop (selanjutnya disebut Budgie saja) adalah antarmuka pengguna jenis baru yang dikembangkan pertama kali oleh Ikey Doherty, untuk sistem operasi Solus GNU/Linux. Budgie dikembangkan dari nol dan bukan merupakan turunan dari salah satu desktop yang ada di GNU/Linux saat ini. Sebagaimana desktop environment yang lainnya, Budgie ialah free software (lisensinya GNU LGPL dan GPL) dan oleh karena itu saat ini Budgie tersedia di berbagai distribusi GNU/Linux selain Solus. Tulisan ini khusus dibuat untuk memperkenalkan Budgie dari segi pemakaian pengguna akhir.

Catatan Teknis

Tulisan ini dibuat dengan memakai Solus OS versi 1.2.0.5 “Shannon” dan Budgie Desktop Environment versi 10.2.6. Apabila Anda ingin mencobanya juga, silakan unduh dari situs resminya https://solus-project.com.

Tampilan Desktop 

Tampilan luar Budgie secara garis besar sama dengan XFCE 4 dan GNOME 3, yakni sebuah wallpaper dan panel atas bermenu di desktop. Di ujung kiri panel ada tombol menu, di ujung kanan panel ada system tray. Software aplikasi yang sedang berjalan akan diletakkan di area tengah panel, diwujudkan dalam bentuk ikon tanpa teks.

Menu Desktop

Kabar gembira bagi setiap pengguna Windows, menu desktop di Budgie bisa dibuka-tutup dengan tombol Super (tombol berlogo Windows, antara Ctrl dan Alt). Kenampakan menu desktop di Budgie pun kurang lebih mirip menu di XFCE 4, yang memiliki 2 kolom vertikal di bawah dan 1 kotak pencarian horizontal di atas. Pengguna menelusuri program-program mereka dengan memilih kategori di kolom kiri, lalu memilih nama programnya di kolom kanan. Hanya saja di menu desktop ini pengguna tidak bisa melakukan logout atau shutdown karena dialihkan letaknya ke Raven.

Raven, Panel Samping

Satu hal yang menjadi ciri Budgie Desktop Environment adalah panel sampingnya. Panel ini diberi nama Raven, yang kendali atas penampilan desktop keseluruhan dilakukan pengguna di dalamnya. Keberadaan panel samping ini, entah kenapa, membentuk semacam tren di antara desktop environment di GNU/Linux saat ini. Bisa dibuktikan bahwa setidaknya ada 3 desktop environment yang sekarang memiliki fitur panel samping, yaitu DDE (deepin), Manokwari (BlankOn X), dan tentu saja Budgie (Solus) ini. Adapun cara menampilkan Raven ini adalah dengan klik pada salah satu ikon di system tray (kecuali jam dan jaringan).

Di antara fitur Raven ini adalah menayangkan 2 macam hal: pengaturan desktop dan nonpengaturan. Di dalam gambar berikut ini ditampakkan Raven menayangkan pengaturan desktop secara General.

Di dalam gambar berikut, Raven menampilkan Notifications yang notifikasinya sedang atau telah terjadi. Hal ini adalah pengganti dari balon notifikasi desktop yang biasanya kita lihat di GNOME atau XFCE yang muncul mengambang kemudian hilang.

Di dalam gambar berikut, Raven menampilkan area Applets yang maksudnya isi dari setiap ikon bawaan di system tray. Tampak di sini kalender (dari applet jam) dan volume suara (dari applet suara).

Di dalam gambar berikut Raven menampilkan pengaturan dari area Panel. Yakni Anda bisa lihat di bagian bawah, saya bisa menambahkan panel baru dan mengisinya dengan pilihan item-item yang bisa diatur dari sini.

Catatan Penutup

Budgie didesain secara sengaja untuk keperluan desktop murni. Budgie sangat sederhana dilihat dari kacamata pengguna akhir, yang membuatnya mudah dipelajari dan digunakan. Namun pada saat ini, secara umum fitur-fitur di dalam Budgie masih kurang dibanding desktop environment lain yang lahir lebih dulu. Budgie itu sendiri masih secara aktif dikembangkan sekarang. Kita bisa berharap, di masa depan, Budgie dapat memberikan pengalaman desktop dan usabilitas yang lebih baik di Solus OS miliknya sendiri maupun di GNU/Linux yang lain.

Informasi Lebih Lanjut

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.