Seri Manajemen Paket Ubuntu 11: Repositori Pihak Ketiga (PPA)

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.  

Tulisan ini memperkenalkan penggunaan repositori pihak ketiga di Ubuntu. Di dalamnya termasuk bagaimana mencari PPA, mengetahui kecocokan PPA dengan versi sistem sekarang, memasang sebuah PPA, sampai menginstal paket dari PPA, dan terakhir menghapus sebuah PPA. Tulisan ini adalah seri ke-11 dari serial sistem manajemen paket Ubuntu
kami.


Serial Manajemen Paket Ubuntu

Berikut serial panduan manajemen paket dari kami.

 1. Mengenal Repositori

Repositori telah dijelaskan panjang lebar pada tulisan ini seri ke-2 Mengenal Repositori

2. Mengenal Repositori Pihak Ketiga

Di luar repositori pihak pertama (pihak resmi yang membuat sebuah distribusi GNU/Linux), pengguna akhir bisa memperoleh suatu software dari pihak ketiga atau dari luar repositori resmi, yang disebut repositori pihak ketiga. Di dunia keluarga Ubuntu, repositori semacam ini sering dinamakan Personal Package Archive atau PPA. Sebuah PPA adalah satu direktori di internet yang mengandung sebuah atau beberapa paket software yang dibangun khusus untuk Ubuntu versi tertentu.

  • Apa definisi PPA? PPA adalah sebuah repositori di luar repositori resmi yang berisi paket versi tertentu untuk Ubuntu versi tertentu yang dibuat oleh suatu pihak untuk publik. 
  • Apa tujuan dibuatnya sebuah PPA? Di sisi developer, untuk mendistribusikan suatu software langsung kepada pengguna akhir tanpa harus memasuki repositori resmi Ubuntu. Catatan: ada persyaratan ketat dan proses panjang supaya suatu software dapat masuk ke repositori resmi. Dengan PPA, prosedur itu tidak dibutuhkan.
  • Di mana saya bisa menemukan PPA-PPA? Platform Ubuntu memiliki layanan PPA gratis paling besar di dunia, yang diletakkan di server Launchpad, dinamakan Launchpad PPA. Lihat https://launchpad.net.
  • Siapa yang membuat sebuah PPA? Umumnya pihak perorangan di luar Canonical, atau pihak upstream yang ingin versi terbaru programnya dapat diakses semua pengguna Ubuntu. 
  • Kenapa saya butuh sebuah PPA? Karena mungkin versi paling baru dari software kesayangan Anda tidak tersedia di repositori resmi, mungkin suatu software tidak tersedia di repositori resmi, atau mungkin suatu software tertentu tidak ditemukan kecuali di dalam sebuah PPA. Anda bisa menginstal software-software itu dari PPA tertentu.
  • Apa saja isi sebuah PPA? Ada PPA yang berisi software aplikasi, PPA berisi software baris perintah, kernel, tema desktop, driver printer, driver VGA, program editor teks, paket fonta, software library, paket wallpaper, atau apa pun lainnya yang dapat dibayangkan untuk dipasang di sebuah OS. Lihat https://launchpad.net
  • Bagaimana menggunakan PPA? Anda akan selalu menginstal dahulu alamat sebuah PPA sebelum bisa menginstal software yang terdapat di dalamnya.
  • Apakah PPA aman? Pada dasarnya, tidak. PPA adalah repositori pihak ketiga (bukan repositori resmi) sehingga Anda harus yakin PPA yang Anda pilih aman terlebih dulu sebelum menggunakannya. Jangan instal apa pun dari sumber yang tidak dipercaya. Menggunakan PPA dari Launchpad cenderung lebih aman (dan cara ini disukai mayoritas pengguna akhir) karena adanya mekanisme-mekanisme keamanan untuk menjamin keabsahan setiap paket dan servernya.
  • Apa segala software tersedia PPA-nya? Mayoritas, ya. Namun tetap ada software yang tidak tersedia PPA-nya karena tidak ada orang yang membuatkan PPA untuknya. 

3. Mengenal Launchpad

Launchpad adalah layanan yang disediakan oleh Canonical Ltd. kepada semua orang untuk meng-hosting proyek-proyek free software. Istilah untuk Launchpad adalah code hosting service. Launchpad itu setara dengan layanan lain seperti Savannah, SourceForge, GitHub, BitBucket, dan seterusnya. Hanya saja, Launchpad punya fasilitas khusus yakni hosting PPA untuk Ubuntu. Situs resmi Launchpad adalah https://launchpad.net.

Isi Launchpad secara umum dapat dibagi menjadi dua: source code dan binary. Artinya, di dalam Launchpad Anda bisa menemukan dua jenis halaman berbeda untuk satu software yang sama, yakni halaman pengembangannya (isinya paket source code) dan halaman PPA-nya (isinya paket binary). Yang Anda butuhkan dalam hal PPA ini adalah halaman PPA. Anda akan mencari PPA di dalam Launchpad, yang semuanya adalah berisi paket berbentuk binary (.deb).

Catatan: walaupun mayoritas software telah memiliki PPA sendiri-sendiri di Launchpad, tidak ditutup kemungkinan ada PPA-PPA lain di luar Launchpad yang bisa Anda gunakan. Launchpad dijelaskan di sini sebagai contoh utama.

4. Contoh PPA

Catatan: nama-nama otto.kesselgulasch atau thomas-schiex di atas adalah nama-nama pihak yang membuat masing-masing PPA. Mereka tidak mesti developer asli dari software di dalam PPA tersebut, melainkan kebanyakannya adalah distributor saja.

5. Cara Mencari PPA

Cara tercepat mencari sebuah PPA adalah dengan mengunjungi https://launchpad.net lalu mencari dengan kata kunci “ppa <nama_software>“. Contohnya untuk mencari PPA Inkscape “ppa inkscape“:

Nama PPA “Inkscape Stable: Inkscape Developers Team” dari hasil pencarian tersebut jika dibuka maka seharusnya tampak seperti ini, yakni terdapat instruksi cara menambahkan PPA ke dalam sistem Anda:

6. Yang Perlu Diperhatikan

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memasang sebuah PPA adalah sebagai berikut:

  1. Ketahui versi Ubuntu Anda dan codename-nya. Misalnya 12.04 itu Precise Pangolin, 16.04 itu Xenial Xerus, dan seterusnya. 
  2. Ketahui arsitektur Anda. Anda harus tahu bahwa paket berlabel i386 mewakili komputer 32 bit dan label amd64 mewakili komputer 64 bit. Jangan salah arsitektur.
  3. Ketahui kecocokan versi paket di PPA dengan versi Ubuntu Anda. Jika sebuah PPA tidak menyediakan versi untuk Xenial Xerus yang sedang Anda pakai, maka carilah PPA lain yang menyediakan paket untuk Xenial Xerus, atau tunggu empunya PPA memaketkan untuk Xenial Xerus. 
  4. Ketahui alamat PPA yang Anda tuju. Format alamat PPA dari Launchpad seperti ini: ppa:nama-developer/nama-ppa dengan contohnya ppa:inkscape.dev/stable.

7. Memasang Sebuah PPA

Terdapat sekian banyak cara untuk menginstal PPA. Dimulai dari cara normal (melalui baris perintah apt) sampai cara manual (melalui editing langsung sources.list). Pilihlah satu cara yang Anda suka. Dijelaskan sebagai berikut.

(1) Cara baris perintah adalah dengan menjalankan perintah:

sudo apt-add-repository ppa:nama-developer/nama-ppa

diikuti dengan satu kali Reloading:

sudo apt-get update

sebagai contoh langsungnya begini untuk memasang PPA Inkscape:

sudo apt-add-repository ppa:inkscape.dev/stable
sudo apt-get update 

Catatan: cara pertama ini lebih direkomendasikan dan lebih aman bagi semua pengguna.

(2) Cara sources.list adalah dengan edit berkas sources.list:

Sampai di sini saja Anda sudah berhasil memasang sebuah PPA (tetapi belum menginstal software darinya).

8. Mengecek Versi Software dari PPA

Bukti bahwa pemasangan PPA berhasil adalah Anda bisa melihat dua versi berbeda, dari satu software yang sama di sistem Anda. Perintahkan apt-cache policy <nama_program> maka seharusnya Anda bisa melihat output seperti berikut:

Output di atas menunjukkan dua versi Inkscape, yakni versi telah terinstal (berasal dari repositori resmi) dan versi siap diinstal (berasal dari PPA). Tampak di situ versi dari PPA sedikit lebih baru dibanding versi repositori resmi, oleh karena itu posisinya ada di atas baris repositori resmi. Dengan cara ini Anda bisa mengecek versi setiap kali Anda menginstal PPA.

9. Menginstal Software dari PPA

Untuk menginstal software yang PPA-nya telah Anda pasang, cukup perintahkan:

sudo apt-get install <nama_paket>

Contohnya sesuai konteks tulisan ini:

sudo apt-get install inkscape

Catatan: jika Inkscape telah terinstal di sistem Anda, maka perintah di atas akan meng-upgrade Inkscape tersebut ke versi terbaru dari PPA. 

10. Menghapus Software yang Terinstal dari PPA

Untuk menghapus software yang terinstal dari PPA, sama saja dengan paket pada umumnya:

sudo apt-get remove <nama_paket>

11. Menghapus Sebuah PPA

Untuk menghapus sebuah PPA (bukan software dari PPA), gunakan perintah:

sudo apt-add-repository –remove ppa:nama-developer/nama-ppa

diikuti dengan satu kali Reloading:

sudo apt-get update

contohnya:
 

sudo apt-add-repository –remove ppa:nama-developer/nama-ppa
sudo apt-get update


12. Catatan Penting

Perintah apt-add-repository bekerja dengan cara membuat sebuah berkas sources.list spesial di dalam direktori /etc/apt/sources.list.d/ dengan satu berkas per satu PPA. Semakin banyak Anda menginstal PPA, maka semakin banyak pula berkas di dalam direktori ini. Jika Anda menemukan suatu error, maka periksa terlebih dahulu berkas-berkas di dalam direktori ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *