Panduan Instalasi Software Pendidikan di elementary OS Loki

elementary OS 0.4 “Loki” yang baru dirilis 9 September 2016 menyediakan ratusan software pendidikan yang free dan siap pakai. Tulisan ini ditujukan untuk setiap pengguna elementary OS yang berada di bidang pendidikan, apakah pengajar atau pelajar, supaya mengetahui apa saja software pendidikan dan bagaimana menginstalnya di elementary OS. Cara instalasi software boleh dipilih, antara melalui AppCenter (sangat mudah) dengan melalui Terminal (menengah). Semoga tulisan ini turut membantu sosialisasi free software dan GNU/Linux di Indonesia.

Yang Patut Diketahui

Di komunitas perangkat lunak bebas (free software), sudah terdapat banyak sekali software pendidikan tersedia secara publik; baik secara bidangnya maupun secara jumlahnya. Kita bisa klasifikasikan menjadi beberapa kelompok dari jumlah yang banyak itu berdasarkan proyeknya:

  • Proyek KDE memiliki paket KDE Edu, kumpulan software edukasi dari KDE untuk sekolah TK sampai universitas dalam berbagai mata pelajaran. Di antara software KDE Edu adalah KAnagram (anagram), KTurtle (pemrograman), dan Kalzium (kimia).
  • Proyek GNU memiliki software seperti Dr. Geo, Octave, GCompris, dan sebagainya untuk matematika, sains, dan bidang lain.
  • Proyek Sugar: memiliki desktop environment yang khusus diciptakan untuk pendidikan, bernama Sugar.
  • Proyek Edubuntu: memiliki sistem operasi yang khusus memuat software pendidikan, bernama Edubuntu. Edubuntu bahkan sudah mengandung hampir semua software pendidikan tersebut di sini secara bawaan.
  • Lain-lain: terdapat banyak sekali proyek selain tersebut, yang menghasilkan software pendidikan sangat bagus seperti misalnya KiCAD (elektronika), Oregano (elektronika), Scratch (pemrograman), dan banyak lagi lainnya. 

Yang perlu Anda ketahui lagi adalah bahwa setiap free software di atas telah didistribusikan oleh masing-masing distribusi GNU/Linux di dalam repositori mereka, sehingga setiap pengguna bisa menginstal mereka semua secara instan. Ini termasuk elementary OS, dan nilai tambahnya adalah AppCenter memberi Anda tampilan yang mudah nan indah untuk melakukannya.

Daftar Software Pendidikan

Berikut ini daftar berisi beberapa contoh software pendidikan yang dapat Anda instal di elementary OS melalui program AppCenter:

  • KAnagram (anagram, acak kata)
  • Kalzium (tabel periodik kimia)
  • Artikulate (pelafalan kata, bahasa)
  • KGeography (geografi, peta dunia)
  • Marble (globe, bola dunia)
  • Stellarium (langit, perbintangan)
  • OpenTeacher (belajar bahasa asing)
  • TuxType (latihan mengetik)

Tulisan ini akan memberikan contoh bagaimana instalasi program-program ini melalui AppCenter.

1. Instal KAnagram

Pastikan sistem Anda tersambung ke internet.  Buka AppCenter > ketik KAnagram > klik nama KAnagram yang muncul > klik tombol Install > setelah terinstal, buka KAnagram melalui menu.

2. Instal Kalzium

Buka AppCenter > ketik Kalzium > klik nama Kalzium yang muncul > klik tombol Install > setelah terinstal, ikon Kalzium akan tampak di menu.

3. Instal Artikulate

Buka AppCenter > ketik Artikulate > klik nama Artikulate yang muncul > klik tombol Install > setelah terinstal, ikon Artikulate akan tampak di menu.

 4. Instal Marble

Buka AppCenter > ketik Marble > pilih Marble > klik tombol Install > setelah terinstal, ikon Marble akan tampak di menu.

5. Instal yang Lainnya

Adapun OpenTeacher, Stellarium, KStars, dan yang semisal itu, dapat Anda instal dengan cara yang sama dengan poin 1-4.

6. Instal Melalui Terminal

Adapun software pendidikan yang tidak terlihat di AppCenter masih sangat banyak, misalnya Oregano, KiCAD, dan lain-lain. Selain itu, program apa saja yang Anda instal dari poin 1-5, sebenarnya bisa Anda instal melalui Terminal asalkan Anda tahu perintahnya. Contohnya seperti ini:

Instal KiCAD

sudo apt-get install kicad

Instal TuxType

sudo apt-get install tuxtype

Instal GNU Octave

sudo apt-get install octave

Instal GNU GCompris

sudo apt-get install gcompris

Instal banyak program bersamaan:

sudo apt-get install kicad tuxtype octave gcompris

 

4 Comments

  1. kalo via terminal muncul pesan ini

    [email protected]:~$ sudo apt-get install firefox
    [sudo] password for azhad:
    Reading package lists… Done
    Building dependency tree
    Reading state information… Done
    Package firefox is not available, but is referred to by another package.
    This may mean that the package is missing, has been obsoleted, or
    is only available from another source

    E: Package 'firefox' has no installation candidate
    [email protected]:~$

    apa yang harus saya lakukan,
    cara pindah software source ke main server bagaimana?
    saat instal saya buat negara indonesia

    1. Apa kabar Kang Azhad?

      Mengenai pertanyaan akang, gambaran masalah akang ialah bahwa apt-get tidak menemukan nama paket "firefox" di dalam seluruh repositori yang dia pegang. Buktinya apa? Buktinya adalah apt-get mengatakan "has no installation candidate" yang artinya saya tidak menemukan nama "firefox" di semua repositori yang saya pegang.

      Yang harus Anda lakukan pertama-tama perintah:

      sudo apt-get update

      Pastikan internet menyala ketika Anda melakukan ini. Perintah ini hanya mengunduh sekitar 20 MB data. Setelah perintah ini Anda lakukan, silakan lakukan perintah sesungguhnya:

      sudo apt-get install firefox

      Semoga Anda berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *