Panduan Instalasi KSuperkey di openSUSE Leap 42.1

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

KSuperkey adalah program khusus yang memampukan pengguna KDE menggunakan tombol Super (biasa disebut “tombol Windows”) untuk membuka/menutup menu desktop. Dengan kata lain, dengan program ini maka menu desktop bisa dibuka-tutup dengan tombol Windows selayaknya di sistem operasi Microsoft Windows. Pengguna openSUSE bisa menginstal ksuperkey melalui fasilitas 1 Click Install. Berikut langkah-langkah instalasi sekaligus pengaturannya.

Peringatan: instalasi melalui cara 1 Click Install mengharuskan komputer openSUSE Anda tersambung ke internet ketika instalasi berlangsung.

Langkah 1: Kunjungi SOO

Bukalah situs software.opensuse.org (SOO) dengan alamat https://software.opensuse.org/package/ksuperkey untuk melihat daftar repositori openSUSE yang tersedia bagi KSuperkey. 

Peringatan: setiap repositori di halaman ini adalah tidak resmi, yang artinya bukan berasal dari Tim Pengembang openSUSE, tetapi dari komunitas pengguna openSUSE. Gunakan dengan hati-hati.

Langkah 2: Lihat Repositori Tersedia

Pada halaman tersebut, terdapat daftar versi openSUSE yang bisa menginstal paket software ksuperkey dari fasilitas 1 Click Install. Apabila versi openSUSE Anda ialah 42.1, maka klik pilihan openSUSE Leap 42.1 di situ > klik pranala Show Unstable Packages > setujui jendela yang muncul > pada halaman tersebut akan tampil pilihan repositori-repositori.


Langkah 3: Pilih Repositori Tersedia

Pilihan ini adalah repositori-repositori yang dibuat oleh para pengguna
openSUSE yang masing-masing berisi paket ksuperkey. Anda bebas pilih
salah satunya
. Misal, pilih pilihan pertama
home:auxsvr
dengan cara klik pada pranala 1 Click Install di ujung kanan.

Langkah 4: Mengunduh .ymp

Sistem kerja fasilitas 1 Click Install ialah pengguna harus mengunduh suatu berkas kecil berekstensi .ymp (YaST Meta Package) lalu secara otomatis menjalankan YaST untuk melakukan instalasi paket software yang sesungguhnya. Maka pas setelah Anda klik pranala 1 Click Install tadi, peramban akan mengunduh sebuah berkas .ymp lalu YaST akan terbuka.

Langkah 5: Instalasi di YaST

Instalasi yang sesungguhnya barulah terjadi di dalam program YaST yang langsung terbuka saat ini. Setujui setiap pertanyaan dari YaST dengan tekan tombol Continue terus sampai paket software yang Anda minta selesai diinstal.

Setelan KSuperkey

Untuk mengasosiasikan tombol Super dengan menu KDE, untuk sesi login yang sekarang saja, cukup jalankan perintah ksuperkey di Terminal. Lalu coba tekan tombol Super Anda. Seharusnya menu desktop KDE sudah bisa dibuka-tutup dengannya (persis seperti menu desktop di Microsoft Windows).

Namun apabila Anda ingin fungsi tombol Super -> buka/tutup menu selalu aktif setiap Anda menyalakan openSUSE, maka Anda harus mengatur supaya KSuperkey nyala setiap openSUSE nyala. Caranya adalah buka menu desktop > buka Autostart >  klik Add Program > di jendela baru ketik perintah ksuperkey > tekan OK > tekan OK. Dengan begini, maka setiap openSUSE hidup maka Anda bisa menekan tombol Super untuk membuka-tutup menu desktop.

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.