Seri Manajemen Paket 9: Memperoleh Dependensi Secara Offline

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.  

Tulisan ini adalah seri ke-9 dari serial panduan sistem manajemen paket Ubuntu. Tulisan ini memberikan contoh dalam 3 langkah bagaimana pengguna Ubuntu yang komputernya offline bisa menginstal paket-paket software tanpa komputernya tersambung ke internet. Pengunduhan paket-paket software bisa dilakukan di komputer lain dengan sistem operasi apa pun secara instan. Tulisan ini tidak terikat pada repositori Ubuntu sehingga bisa diterapkan pada semua keluarga Debian (Linux Mint, BlankOn, dll.).




Serial Manajemen Paket Ubuntu

Berikut serial panduan manajemen paket dari kami.

Syarat

Untuk menerapkan contoh ini ada syarat yang harus dipenuhi pengguna:

  • Ubuntu yang berada di komputer offline harus sudah pernah mengalami Reload (sudo apt-get update) yakni sudah memiliki “peta repositori“.  
  • Paket dependensi untuk satu versi Ubuntu tidak bisa diinstal di Ubuntu versi lain. Misalnya paket dependensi di 14.04 hanya bisa diinstal di 14.04 pula, tidak di versi lain.

Langkah 1: Memperoleh URL Seluruh Dependensi

Dilakukan di: komputer offline.

Jalankan contoh perintah-perintah di bawah ini di Ubuntu yang sedang offline. Setiap perintah ini menghasilkan sebuah berkas TXT yang isinya adalah baris-baris URL paket-paket dependensi. Sesuaikan saja nama paket yang dicontohkan dengan nama paket yang Anda mau instal. Perintah-perintah ini tidak membutuhkan jaringan internet.

Contoh 1: URL Dependensi Inkscape

sudo apt-get install --print-uris --yes inkscape | sed -n "/'/p" | cut --delim="'" --field=2 > dependensi-inkscape.txt

Contoh 2: URL Dependensi GIMP

sudo apt-get install --print-uris --yes gimp | sed -n "/'/p" | cut --delim="'" --field=2 > dependensi-gimp.txt

Contoh 3: URL Dependensi Chromium Browser

sudo apt-get install --print-uris --yes chromium-browser | sed -n "/'/p" | cut --delim="'" --field=2 > dependensi-chromium-browser.txt

Contoh Output

Contoh isi dari berkas TXT dari contoh 3 di atas adalah seperti gambar berikut. Di dalam TXT ini tercantum 3 buah URL untuk 3 paket .deb yang merupakan dependensi untuk menginstal aplikasi Chromium Browser.

Langkah 2: Mengunduh Seluruh Dependensi

Dilakukan di: komputer online.

Bawalah berkas TXT yang sudah berisi URL paket-paket dependensi tadi ke komputer lain yang tersambung ke internet. Sistem operasi pada komputer lain ini bebas, terserah apakah itu Windows, OS X, BSD, GNU/Linux, atau sama-sama Ubuntu.

Unduh semua URL yang tercantum dalam berkas TXT tadi ke sebuah folder di media penyimpanan Anda. Setelah semua paket .deb dari URL-URL tersebut selesai diunduh, bawa pulang media penyimpanan itu ke komputer offline Anda.

Untuk mempercepat proses pengunduhan di komputer lain tersebut, gunakan program download manager yang mampu menerima berkas TXT sebagai input. Contohnya dengan Mozilla Firefox gunakan DownThemAll! untuk mengunduh seluruh URL sekaligus. Caranya adalah buka terlebih dahulu TXT itu di jendela baru lalu dengan DownThemAll! pilih dan unduh semuanya. Ini cara instan dan salah satu yang tercepat.

Ini sangat penting jika berkas TXT Anda memuat ratusan URL. Karena tentu Anda tidak akan suka mengunduh ratusan URL satu per satu.

Langkah 3: Menginstal Seluruh Dependensi

Dilakukan di: komputer offline. 

Salin folder yang sudah berisi paket-paket dependensi tadi ke Ubuntu di komputer offline Anda. Agar Anda mudah, salin ke $HOME Anda.

Anggaplah nama folder itu dependensi. Buka Terminal dan laksanakan perintah:

cd ~/dependensi
sudo dpkg -i *.deb

Maka perintah ini akan memindahkan konsol Anda dahulu ke direktori dependensi lalu akan memerintahkan dpkg untuk menginstal paket-paket .deb di dalamnya satu per satu sampai selesai. Dengan cara ini Anda telah menginstal sebuah software secara offline di Ubuntu. Perintah ini telah dijelaskan di Seri 3 Mengenal Dpkg.

Penjelasan

Perintah panjang untuk memperoleh URL dependensi pada Langkah 1 di atas sejatinya adalah 3 perintah yang disambung jadi satu. Tujuan dari perintah ini adalah mengeluarkan daftar URL dependensi yang lengkap untuk suatu nama paket. Output dari perintah ini adalah sebuah berkas TXT yang berisi baris-baris alamat URL dependensi suatu paket.

  1. Perintah pertama adalah perintah apt-get khusus untuk mencetak URL dependensi ke layar. Opsi yang membuat apt-get bisa mencetak URL dependensi adalah `–print-uris`. Perintah pertama ini adalah yang paling esensial.
  2. Perintah kedua adalah perintah sed khusus untuk mengambil hanya URL-URL dari output perintah pertama. Perintah ini ditambahkan karena output dari perintah pertama mengandung teks-teks yang bukan URL. Namun output dari perintah kedua ini masih menyisakan satu bagian teks yang bukan URL. 
  3. Perintah ketiga adalah perintah cut khusus untuk membuang teks sisa bukan URL dari daftar URL yang telah terbentuk. Output dari perintah ketiga ini adalah hanya benar-benar daftar URL murni yang dicetak ke layar. 
  4. Redireksi (tanda `>`) menyimpan output dari gabungan 3 perintah di atas menjadi sebuah berkas TXT. 

Catatan Penting

Apabila pembaca tidak mengetahui nama paket dari program yang hendak diinstal, pembaca dapat mencari nama paket tersebut di http://packages.ubuntu.com. Situs ini adalah layanan resmi Ubuntu yang mampu mencarikan nama-nama paket di dalam seluruh repositori resmi Ubuntu pada seluruh versi Ubuntu. Lihat contoh berikut ini.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

RajaBackLink.com

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.