Panduan Mudah Membuat Templat LibreOffice Impress

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.   

Panduan singkat ini mendemonstrasikan bagaimana membuat sendiri templat presentasi LibreOffice Impress dengan program Inkscape. Panduan ini memuat pula contoh-contoh templat Impress (.odp) yang sudah jadi serta sumber gambar (.svg) yang dapat langsung dipraktikkan oleh pembaca.

Langkah 1

Di Inkscape, buat objek rectangle dengan perbandingan panjang:lebar = 4:3. Misalnya, 400×300 piksel. Berikan warna abu-abu.

Langkah 2

Masih di Inkscape, buat lagi objek persegi panjang yang menutup bagian header. Beri warna merah. Anda bisa menambahkan gambar logo pula (ambil dari direktori /usr/share/icons/hicolor/).

Langkah 3

Masih di Inkscape, seleksi semua objek yang sudah dibuat > Ctrl+Shift+E > tentukan resolusi 90dpi > beri nama berkas objek.png > klik tombol Export. Anda akan memperoleh sebuah berkas gambar bernama objek.png.

Langkah 4

Di LibreOffice Impress, klik kanan kanvas > Set Background Image > buka berkas objek.png yang sudah dibuat > pilih Apply to All Slides. Sampai di sini presentasi kosong ini akan berubah menjadi berlatarkan gambar objek.png Anda.

Langkah 5

Masih di Impress, modifikasilah teks dalam boks-boks teks sehingga sesuai keinginan Anda. Contohnya seperti gambar berikut.

Langkah 6

Masih di Impress, simpan sebagai (Save As) format .odp. Templat Impress Anda telah selesai.

Catatan

  • Anda bisa berkreasi semau Anda dengan Inkscape misalnya memberikan gradasi, blur, objek dekorasi, dan sebagainya. 
  • Anda bisa mengekspor templat Impress Anda ke PNG dengan menu File > Export > PNG. Ini berguna jika Anda ingin memajangnya di internet.

Sumber Daya

Berikut ini sejumlah templat jadi dan “mentahan” svg yang dapat pembaca edit sendiri. Lisensinya public domain dan CC BY-SA 3.0. Semoga besar manfaatnya.

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.