Bagaimana Chatting di IRC dengan Hexchat

IRC (Internet Relay Chat) adalah salah satu fasilitas internet tertua, lebih tua dari fasilitas WWW kita pada hari ini. Sejak dahulu (sampai sekarang), orang menggunakan IRC untuk diskusi melalui internet secara real time (yaitu chatting). Lebih terutama lagi komunitas free software seperti komunitas GNU/Linux, tiap-tiap dari mereka memiliki ruang diskusi di IRC baik itu untuk technical support atau development. Pendek kata, setiap pengguna GNU/Linux di dunia pasti menggunakan IRC. Artikel ini memberikan contoh bagaimana kita masuk ke IRC dengan program Hexchat (free software) di GNU/Linux. Artikel ini menyertakan pula sejumlah alamat kanal IRC untuk berbagai distribusi GNU/Linux dan free software.

1. Instal Hexchat

Hexchat merupakan salah satu free software dari jenis IRC client (bagaikan Firefox terhadap WWW), yang gunanya untuk chatting dengan orang lain di dalam jaringan IRC. Hexchat tersedia di repositori setiap distribusi mayor. Adapun cara instalasinya di berbagai distribusi GNU/Linux seperti berikut ini:

Ubuntu

sudo apt-get install hexchat

Fedora

sudo dnf install hexchat

openSUSE

sudo zypper in hexchat

Arch Linux

sudo pacman -S hexchat

Slackware

Hexchat tersedia di repositori SlackBuilds milik alienbob: http://www.slackware.com/~alien/slackbuilds/hexchat/.

2. Konfigurasi Hexchat

IRC tidak mewajibkan registrasi akun, tidak seperti sistem WWW umumnya seperti email, blog, media sosial, atau lainnya yang mewajibkan registrasi akun. Karena itu pada dasarnya tidak ada konfigurasi pada IRC client (Hexchat di sini) kecuali sedikit sekali. Saya asumsikan Anda tidak pernah meregistrasikan nickname ke suatu server IRC.

1. Buka Hexchat. 

2. Isikan nickname dan username pada jendela dialog Hexchat. Sebagai contoh, saya memilih nickname gnu_os. Anda bisa memilih nickname apa pun di IRC tanpa registrasi dan tanpa membutuhkan email.

3. Pilih salah satu server IRC yang disediakan Hexchat pada dialog tersebut. Server yang digunakan oleh hampir seluruh komunitas free software adalah Freenode. Maka pilih Freenode di sini.

4. Tekan tombol Connect. 

5. Jendela baru menayangkan proses login ke arah server IRC yang dipilih (dalam hal ini, Freenode). Proses login ini ditampilkan dalam bentuk baris-baris teks (lihat, kemiripan antara IRC dan sistem operasi UNIX-like kita).

6. Jendela dialog meminta alamat kanal IRC kepada Anda. Di server Freenode saja, sudah ada ribuan kanal IRC dengan masing-masing fungsi. Contoh kanal paling ramai di Freenode, di antara yang lain adalah kanal #ubuntu yang merupakan kanal diskusi resmi dari Sistem Operasi Ubuntu. Ketik kanal kanal #ubuntu lalu klik OK.

7. Jendela utama menayangkan ruang chatting di kanal yang dipilih (dalam hal ini, #ubuntu). Selamat chatting di IRC dengan Hexchat.

Tambahan

Agar Anda tidak tersesat di IRC, berikut ini terdapat daftar sejumlah kanal IRC populer sesuai dengan nama-nama distribusi GNU/Linux yang tersebut perintahnya di atas:

  • Ubuntu: #ubuntu (Inggris), #ubuntu-indonesia (Indonesia)
  • openSUSE: #opensuse (Inggris)
  • Arch Linux: #archlinux (Inggris)
  • Fedora: #fedora (Inggris), #fedora-id (Indonesia)
  • Slackware: #slackware (Inggris)

Penting: Anda benar, setiap distribusi GNU/Linux memiliki kanal IRC di Freenode apakah resmi atau tidak resmi. Nama dari kanalnya sesuai nama distribusinya. Lihat contoh-contoh kanal di atas, maka jika distro Anda Debian Anda bisa menemukan #debian di Freenode (kendati kanal #debian yang resmi berada di server OFTC bukan Freenode). Begitu juga #gentoo, #blankon, #linuxmint, dan sebagainya. Hal ini berlaku untuk free software, seperti #python, #kde, #gnome, #libreoffice, dan seterusnya. Selamat datang di sistem komunikasi de facto komunitas free software!

Komentar Pembaca . . .

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.