Menonaktifkan Automatic Updates di Ubuntu

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Bagi pengguna layanan internet berkuota, automatic updates di Ubuntu bisa jadi sangat mengganggu karena dapat memboroskan jatah internet. Contohnya adalah ketika tethering (peranggitan) dengan smartphone dilakukan, komputer Ubuntu akan melakukan sambungan dan update ke internet tanpa disadari yang itu memakan data besar sekali. Bisa jadi, tanpa disadari dalam satu hari Anda bisa kehabisan 100 MB jatah data. Bagaimana caranya menonaktifkan automatic updates di Ubuntu? Berikut caranya.

1. Buka Software & Updates

Program penyetelnya bernama Software & Updates bisa ditemukan di menu Ubuntu. Jika tidak ada di menu, panggil dari command line dengan perintah software-properties-gtk.

2. Tab Updates

Buka tab Updates (ketiga dari kiri). Ubah empat opsi di bagian paling bawah menjadi Never dan Display immediately seperti di gambar di bawah ini. Pilihan-pilihan ini menonaktifkan pengecekan updates otomatis (yang mana memakan jatah data internet), menonaktifkan download otomatis updates keamanan dan updates lainnya (yang juga memakan jatah data internet). Dengan ini, maka Ubuntu tidak akan lagi mengecek atau mengunduh secara otomatis dan jatah data internet Anda akan lebih hemat.

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.