Mengatasi Hang Boot Ubuntu saat Adding Swap

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Saya ingin berbagi pengalaman mengenai masalah sederhana yang baru saja saya alami namun cukup membuat repot. Ceritanya komputer server saya yang menggunakan OS Ubuntu 14.04 LTS Server, sedang mengalami masalah Disk Failure pada salah satu harddisk yang saya setup menggunakan Linux Raid (baca Mengenal konsep raid Linux). Setelah mengalami disk failure ini, entah kenapa komputer server saya tidak mau booting karena mentok di bagian Adding Swap 765055k to /dev/md0. Hang begitu saja. Padahal seharusnya jika konfigurasi Raid sudah benar, ketika ada salah satu harddisk yang failure, secara otomatis harddisk yang lain akan menggantikan dengan sempurna. 
Setelah googling, ternyata untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana.
1.  Pada saat kalian memasuki tahap GRUB, tekan tombol ‘e‘ untuk mengedit opsi GRUB. Cari bagian yang mengandung semacam kalimat /boot/vmlinuz, kemudian di akhir bagian tersebut tambahkan opsi “nomodeset” (tanpa tanda kutip). Biasanya ada disebelah opsi ro atau yang semacamnya. Milik kalian bisa berbeda, namun yang pasti tempat peletakannya sama, ada dibagian akhir baris yang mengandung /boot/vmlinuz. Kalian bisa lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

 

 

Jika sudah tekan F10 untuk menyimpan dan boot dengan opsi yang baru ditambahkan. Seharusnya disini kalian sudah bisa booting dengan lancar.

2. Selanjutnya untuk membuat penambahan opsi nomodeset ini menjadi permanen, kalian perlu melakukan hal berikut :

Edit file /etc/default/grub :

# nano /etc/default/grub
Lalu ganti bagian GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”” menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”nomodeset”, kemudian simpan dengan menekan CTRL + X > Y > Enter.

Lalu update GRUB dengan perintah berikut :

# update-grub

Semoga bermanfaat 🙂

SUMBER 

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.