Install MariaDB Sebagai Penganti MySQL

 Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom

MySQL adalah Database yang paling banyak digunakan khususnya untuk aplikasi berbasis Web. Kini pemakai Database MariaDB juga semakin banyak sehingga membuatnya semakin populer. Bahkan si raksasa Google telah mengganti mesinya dari MySQL ke MariaDB.

Menurut beberapa sumber Google mengganti MySQL ke MariaDB adalah masalah bisnis. Karena pemilik MySQL Sun microsystem telah diambil alih oleh Oracle pada tahun 2010. Bisa jadi masalah lisensi, karena belakangan Oracle menggugat ke Google terkait Library Bahasa Java Android.

Postingan hari Selasa yang lalu kita telah membahas mengenai MySQL, lanjut sekarang kita bahas mengenai MariaDB.

Apa itu MariaDB?

MariaDB adalah sama sebagaimana MySQL, dan diciptakan sama pula oleh para developer MySQL. Adanya MariaDB ini dikarenakan developer MySQL tidak setuju bahwa suatu saat MySQL dikomersilkan oleh Oracle. MySQL dibuat gratis untuk siapa saja, oleh karena itu dibuatlah aplikasi MariaDB ini agar dapat digunakan oleh siapa saja.

MariaDB ini konsepnya sama dengan MySQL hanya saja MariaDB ini memiliki kelebihan dibandingan MySQL.

Apa Kelebihan MariaDB dibandingan MySQL?

  1. MariaDB ini benar-benar open source (Truly Open Source) jadi MariaDB ini tidaklah dikomersilakn sebagaimana MySQL.
  2. MariaDB sangat kompatibel dengan MySQL karena MariaDB ini dibuat oleh pencipta MySQL itu sendiri. Ini keuntungannya jika Anda pada saat ini masih menggunakan MySQL dan ketika suatu saat MySQL dikomersilkan Anda bisa migrasi ke MariaDB dengan sangat mudah.
  3. MariaDB memiliki Storage Engine yang lebih banyak.
  4. MariaDB lebih cepat dibandingan MySQL.
  5. MariaDB memiliki banyak fitur dan kegunaan beserta extension.
  6. MariaDB diklain lebih sediki memiliki bugs dibandingan MySQL karena kekuatan komunitas Open Source lah hingga bugs lebih cepat tertangani.

Install MariaDB

Beberapa distro modern banyak yang telah mengadopsi Mariadb ke dalam lumbung resminya (official repository) jadi MariaDB ini lebih mudah instalasinya dibandingan MySQL. Misalnya Anda pengguna Archlinux bisa langsung menggunakan:

$ sudo pacman -S mariadb

dan Pengguna Ubuntu 16.04 bisa langsung

$ sudo apt-get install mariadb-server

Atau Anda bisa menginstal MariaDB dengan cara demikian:
https://downloads.mariadb.org/mariadb/repositories/

Tahap Konfigurasi

Setelah proses instalasi sukses langkah selanjutnya kita konfigurasi MariaDB. Untuk tahap konfigurasi MariaDB sama halnya seperti MySQL. tersebut dengan cara:

$ sudo mysql_secure_installation

Nah di situ kita dimintai memasukan atau membuat password root untuk MySQL yang mana nanti berfungsi untuk mengatur seluruh aktifitas dari MySQL seperti membuat database, mengelola dan menghapus table dalam database.

Tahap Testing

Setelah selesai seluruhnya sekarang tahap testing ke MySQL. Pertam-tama login database:

$ sudo mysql -u root -p'password'

Ingat setelah paramenter -p gunakan petik satu lalu baru masukan password Anda.

Jika sudah seperti gambar di atas artinya Anda sudah sukses dapat menginstal dan menjalankan MySQL. Langkah selanjutnya yakni mempelajari tahap-tahap penggunaan MySQL ini dalam CLI, nantikan tulisannya di linuxku.com danpantengin terus artikel terbarunya.
Semoga bermanfaat 🙂

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.