Panduan Langganan RSS Feed di Desktop GNU/Linux

Dapatkan update terbaru Linuxku.com di kanal Telegram https://telegram.me/linuxkudotcom.

Tulisan ini memandu Anda melanggan posting terbaru dari website-website favorit Anda di internet menggunakan aplikasi feed reader di desktop GNU/Linux Anda. Tulisan ini memberikan contoh cara melanggan suatu rss feed secara global kemudian memberikan contoh pula pada beberapa aplikasi feed reader populer yang tersedia di GNU/Linux. Panduan ini bisa diterapkan di semua distribusi GNU/Linux yang ada. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Apa Itu RSS Feed?

RSS (Really Simple Sindication) adalah standar sindikasi (syndication) dari web di zaman sekarang (Web 2.0) untuk menyebarluaskan konten. Feed adalah istilah untuk suatu sumber RSS. RSS Feed adalah metode menyebar dan melanggan konten dari suatu sumber. Dengan melanggan rss feed dari suatu website, atau banyak website, Anda tidak perlu mengunjungi website itu memakai browser untuk melihat posting terbarunya. Melainkan, semua posting terbaru akan dikirim otomatis setiap hari ke aplikasi feed reader Anda. Anda bisa membaca semua berita terbaru dari semua website favorit jika Anda melanggan feed mereka dengan memakai aplikasi feed reader. Bayangkan seperti melanggan koran berbagai judul bersamaan (dan gratis).

Contoh Aplikasi Feed Reader

Di GNU/Linux, misalnya di Ubuntu, software untuk melanggan feed sudah disediakan bawaan. Contohnya Mozilla Thunderbird. Software aplikasi feed reader lainnya banyak sekali seperti Akregator, Claws Mail, Evolution, dan Liferea. Semuanya tersebut adalah free software. Tulisan ini akan mencontohkan bagaimana melanggan feed dengan Mozilla Thunderbird.

Contoh Logo RSS Feed

Di setiap website terdapat logo atau pranala untuk melanggan kontennya. Contohnya sudah sangat umum seperti berikut.

Dari http://www.fsf.org

Contoh logo RSS yang umum dipakai di dunia free software, di planet-planet seperti GNU, Debian, dan planet para hacker yang lain lebih sederhana lagi seperti ini.

Dari http://planet.gnu.org

Tanpa logo sekalipun, komunitas free software biasa memberikan pranala RSS semacam ini.

Dari http://www.planet.slackware-id.org

Panduan Umum Melanggan Feed

Cara melanggan feed (RSS atau Atom) dari suatu website sebenarnya sangat sederhana. Setiap website di era Web 2.0 ini menyediakan layanan berlangganan feed secara otomatis. Buktinya bisa dilihat pada logo RSS feed yang oranye itu di setiap website. Jika tidak ada logo, suatu website biasanya memberikan pranala yang isi URL-nya merupakan RSS feed. Website tersebut umumnya bisa dilanggan dengan cara pertama berikut. Jika tidak ada logo dan tidak ada pranala sama sekali, maka ada cara kedua yang bisa Anda baca berikut.

Cara pertama:

  1. Kunjungi suatu website. 
  2. Temukan logo RSS feed, salin alamat URL feed-nya. Biasanya seperti ini untuk RSS http://www.linuxku.com/feeds/posts/default?alt=rss.
  3. Buka aplikasi feed reader Anda. 
  4. Masukkan URL feed tadi sebagai entri baru. 
  5. Lakukan sinkronisasi supaya feed dari website ini terbaca oleh aplikasi feed reader. 
  6. Selesai.

    Cara kedua:

    1. Kunjungi suatu website. 
    2. Tekan Ctrl+U. 
    3. Browser akan menayangkan source code dari halaman website tersebut. 
    4. Tekan Ctrl+F. 
    5. Cari kata kunci “rss“. Lihat gambar.
    6. Akan ditemukan alamat URL feed dan biasanya seperti ini URL-nya http://www.linuxku.com/feeds/posts/default?alt=rss
    7. Salin alamat URL feed itu ke aplikasi feed reader Anda sebagai entri baru. 
    8. Selesai. 

      Panduan Melanggan Feed dengan Thunderbird

      Saya memberikan satu contoh khusus untuk software aplikasi Thunderbird. Rata-rata aplikasi feed reader bekerja dengan cara yang sama persis dan Thunderbird ini dijadikan contoh saja. Anda bisa menerapkan konsep yang sama untuk segala feed reader lain. Bahkan yang berjenis CLI sekalipun. Contoh URL yang akan dicoba kali ini adalah http://www.linuxku.com/feeds/posts/default?alt=rss.

      (1) Buka Thunderbird.

      (2) Buka menu File > New > Feed Account.

      (3) Jendela kecil akan muncul meminta nama akun. Berikan nama atau biarkan saja nama default Blog & News Feed. Nanti juga Anda bisa mengubahnya. Tekan Next dan Next.

      (4) Sebuah entri akun Feed akan tercipta di panel kiri Thunderbird bernama Blog & News Feed.

      (5) Klik kanan entri akun tersebut > Subscribe > muncul jendela Feed Subscriptions > paste (tempel) alamat URL feed http://www.linuxku.com/feeds/posts/default?alt=rss di kolom Feed URL:.

      (6) Klik tombol Add > jendela itu akan menayangkan proses unduhan feed dari situs yang dituju (yaitu linuxku.com) > proses berlangganan selesai dengan pesan Feed Added.

      (7) Feed dari situs yang dituju siap dibaca.

      Contoh Langganan Banyak Feed

      Berikut ini contoh saya melanggan feed-feed dari banyak situs GNU/Linux berdasarkan Daftar Panjang Website GNU/Linux. Di gambar ini di Thunderbird saya berlangganan feed dari planet GNU, planet Debian, planet Arch Linux, situs Linuxkucom, Cilsy Fiolution, FSF, OSI, serta yang tak asing lagi OMG! Ubuntu! dan Webupd8. Dengan begini saya setiap hari otomatis akan memperoleh kiriman posting baru dari mereka di dalam Thunderbird.

      Catatan

      Artikel ini ditujukan agar pengguna GNU/Linux di Indonesia dapat melanggan situs-situs sumber rujukan free software nantinya. 

      Yakin Ngga Mau Diskusi ?

      Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.