Instalasi Dropbox dan Mengintegrasikannya dengan Dolphin di Fedora KDE 22

Instalasi Dropbox di Distro yang menggunakan Desktop Environtment KDE memang tidak semudah di distro yang menggunakan Desktop Environtment seperti Unity atau GNOME. Ini disebabkan karena adanya perbedaan File Manager yang dipakai. Jika di Unity/GNOME menggunakan Nautilus, maka di KDE menggunakan Dolphin.

Paket yang biasanya selalu tersedia adalah paket nautilus-dropbox yang dapat langsung menginstall Dropbox sekaligus mengintegrasikannya dengan Nautilus. Lalu bagaimana dengan Dolphin? Didalam artikel ini saya akan membahas cara instalasi Dropbox sekaligus mengintegrasikannya dengan Dolphin di distro Fedora 22.

1. Download terlebih dahulu Dropboxnya dari link berikut. Sesuaikan dengan arsitektur komputer kalian masing-masing.

Fedora 22 32 Bit : http://www.getdropbox.com/download?plat=lnx.x86
Fedora 22 64 Bit : http://www.getdropbox.com/download?plat=lnx.x86_64

2. Setelah terdownload, pindahkan file tersebut ke direktori Home kalian. Kemudian eksekusi perintah berikut ini :

 rizal@empol-pc:~$ tar -xf dropbox*.tar.gz  
 rizal@empol-pc:~$ ln -s .dropbox-dist/dropboxd .config/autostart/  
 rizal@empol-pc:~$ .dropbox-dist/dropboxd &  

nb : jika muncul pesan error bahwa direktori autostart belum ada, maka buatlah terlebih dahulu dengan perintah mkdir .config/autostart

Penjelasan :

  • tar -xf dropbox*.tar.gz : Perintah untuk mengekstrak isi dari file dropbox-lnx.x86_64-3.6.7.tar.gz. Tanda bintang berarti pattern apapun diantara dropbox dan .tar.gz akan dimasukkan.
  • ln -s .dropbox-dist/dropboxd .config/autostart/ : Perintah untuk membuat symbolic link file binary dropboxd ke folder autostart. Ini agar Dropbox bisa langsung berjalan setiap komputer menyala.
  • .dropbox-dist/dropboxd & : Perintah untuk menjalankan Dropbox pertama kali.

3. Setelah menjalankan perintah-perintah diatas, seharusnya akan muncul tampilan Dropbox yang akan meminta kalian untuk memasukkan akun Dropbox kalian yang sudah ada. Silahkan masukkan saja hingga muncul pesan bahwa Dropbox siap digunakan. Jika kalian belum mempunyai akun Dropbox silahkan daftar terlebih dahulu karena caranya tidak akan dijelaskan diartikel ini.

Sampai tahap ini seharusnya kalian sudah berhasil menjalankan Dropbox. Bisa kalian cek saja sudah ada folder Dropbox termasuk file-file Dropbox kalian (jika kalian memang sudah sering memakai Dropbox) di Home.

4. Berikutnya kita akan mengintegrasikan Dropbox dengan File Manager Dolphin. Tentunya agar kalian bisa melakukan upload dan download serta dapat dengan mudah mengkopi link URL dari file-file Dropbox kalian langsung melalui Dolphin.

Caranya, pertama-tama kalian harus menginstall add-on Dolphin yaitu Dropbox service menu. Bukalah Dolphin lalu klik Control > Configure Dolphin > Services > Download New Services.

Kemudian ketikkan dropbox pada kolom Search, lalu install Dropbox ServiceMenu setelah hasilnya muncul.

5. Selanjutnya buka kembali terminal, lalu ketikkan perintah ini :

 rizal@empol-pc:~$ tar -xf .kde/share/apps/servicemenu-download/*.gz
 rizal@empol-pc:~$ sh .kde/share/apps/servicemenu-download/DropboxServiceMenu-0.16.1/install-it.sh

Perintah diatas adalah perintah untuk menginstall Dropbox ServiceMenu yang sudah kalian download sebelumnya. Terakhir lakukan logout kemudian login kembali, atau sekalian coba saja untuk restart komputer kalian. Jika berhasil, seharusnya sekarang saat kalian mengklik kanan pada layar Dolphin, sudah muncul menu Dropbox. Disana kalian bisa mengkopi link URL dari file-file Dropbox kalian.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : http://www.nixternal.com/kde-and-dropbox/

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.