Memaksa Permission dan Ownership yang Sama pada Seluruh File dan Folder didalam Sebuah Direktori Linux

Ini merupakan catatan singkat agar saya bisa selalu mencontek jika saya sedang kelupaan untuk melakukan hal ini. Jika kalian tidak mengerti apa yang saya tulis disini, kalian bisa mencari tahu tentang dasar Ownership dan Permission di Linux terlebih dahulu.

Saya sering berhubungan dengan pembuatan File Server yang menuntut agar semua file yang dibuat oleh user harus mengikuti kepemilikan/Ownership dan hak akses/Permissions dari folder utamanya. Misal saya ingin agar folder /sharing/Marketing dimiliki oleh user sharing dan grup marketing dengan permission 775. Maka berikut adalah perintahnya (dengan asumsi folder masih kosong) :

# chown sharing.marketing /sharing/Marketing
# chmod 2775 /sharing/Marketing

Lalu lihat hasilnya :

# ls -l /sharing
drwxrwsr-x 1 sharing marketing 0 Mei 5 23:15 Marketing

Perhatikan ada tanda s, itu berarti folder ini ownershipnya telah berhasil dikunci untuk grup marketing. Set berarti setGID (set Group ID).

Sedangkan untuk mengunci permission, kita bisa gunakan perintah setfacl. Ini untuk membuat Access Control List (ACL) terhadap file atau folder yang kita tuju. Misalnya masih sama dengan skenario diatas, saya ingin agar semua file dan folder yang dibuat didalam folder /sharing/Marketing harus memiliki permission 775 (rwxrwxr-x). Maka saya bisa gunakan perintah berikut :

# setfacl -d -m u::rwx
# setfacl -d -m g::rwx
# setfacl -d -m o::r-x

Cek dengan perintah ini :

# getfacl /sharing/Marketing

# file: Marketing
# owner: sharing
# group: marketing
# flags: -s-
user::rwx
group::rwx
other::r-x
default:user::rwx
default:group::rwx
default:other::r-x

Semoga bermanfaat 🙂

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.