Cara Instal Modem Venus Fast2 di Kali Linux 1.0

Seperti biasa, ketika saya menginstal suatu distro Linux ke laptop saya, hal yang paling pertama saya lakukan adalah mengecek apakah modem saya bisa terinstal atau tidak di distro tersebut. Karena bagi saya modem sangat penting di Linux, selain untuk menginstal aplikasi, untuk update, tetapi juga untuk mencari informasi di internet ketika ada masalah.

Begitu pula di Kali Linux, saya juga mencoba untuk menginstal modem Venus Fast2 saya tercinta disini. Ternyata caranya cukup mudah dan hampir sama dengan Cara Install Modem Venus Fast2 di Fedora 17 dan Cara Install Modem Venus Fast2 di Ubuntu 12.04 LTS. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Pertama-tama editlah file /lib/udev/rules.d/61-mobile-action.rules. File ini berguna untuk melakukan perintah eject secara otomatis agar modem yang awalnya hanya terbaca sebagai CDROM menjadi modem :

# leafpad /lib/udev/rules.d/61-mobile-action.rules

2. Pada file yang terbuka, tambahkan script berikut ini kemudian simpan dan tutuplah filenya :

# Venus Fast2
ACTION==”add”, ENV{ID_CDROM}==”1″, ENV{ID_VENDOR_ID}==”05c6″,
ENV{ID_MODEL_ID}==”1000″, RUN+=”/usr/bin/eject %k”

3. Sekarang edit juga file /etc/modules untuk menambahkan modul vendor dan product milik modem agar sistem mengenalinya :

# leafpad /etc/modules

4. Pada baris paling bawah file tersebut, tambahkan script berikut ini :

usbserial vendor=0x19f5 product=0x9909

Simpan dan tutuplah file tersebut.

5. Terakhir restartlah komputer kalian.

Sekarang cobalah colok modem Venus Fast2 kalian, tunggu beberapa saat, lalu lihatlah pada network manager (lambang sinyal di pojok kanan atas) akan muncul satu buah koneksi mobile broadband baru. Selanjutnya tinggal kalian atur deh konfigurasi koneksi modem kalian sesuai dengan ISP yang kalian gunakan masing-masing.

Semoga bermanfaat 🙂

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *