Cara Install Y PPA Manager di Ubuntu/Linux Mint

Jika kalian pengguna Ubuntu/Linux Mint tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah PPA. Ya, PPA adalah semacam repositori tambahan untuk instalasi aplikasi. Dan menginstall aplikasi lewat PPA adalah cara termudah kedua setelah menginstall aplikasi melalui repositori bawaan.

Kebanyakan tutorial di blog-blog orang (termasuk blog ini) biasanya perintah menambahkan PPA adalah melalui command di terminal seperti sudo add-apt-repository ppa:blablabla.

Nah, cara itu dirasa terlalu ribet bagi orang-orang yang tidak suka maen di terminal. Tetapi tidak perlu kuatir, solusinya ada kok yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Y PPA Manager. Y PPA Manager ini berkemampuan untuk menambah, menghapus, menghapus total (purge), membackup PPA, dan juga mampu menghapus file-file duplikat berekstensi .list secara GUI.

Cara install Y PPA Manager di Ubuntu/Linux Mint :

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/y-ppa-manager
sudo apt-get update
sudo apt-get install y-ppa-manager

Cara penggunaannya sangatlah mudah, jika kalian ingin menambahkan suatu PPA, misalnya saja PPA milik Y PPA Manager diatas, maka :

1. Jalankan aplikasinya kemudian klik Add a PPA

2. Kemudian masukkan PPA yang ingin kalian tambahkan, misalnya saja ppa:webupd8team/y-ppa-manager, kemudian klik OK.

Tunggu beberapa saat hingga proses penambahan PPA selesai, dan PPA baru pun telah ditambahkan. Ga perlu ketik-ketik di terminal lagi kan? 😀

Semoga bermanfaat 🙂

2 Comments

  1. Sebagai tambahan bro. Meskipun Y PPA Manager terbaru diklaim bisa dijakankan di Linux Mint, toh saya sendiri selalu gagal menjalankannya di Linux Mint 13 Maya.

    Saya punya trik tersendiri untuk dapat menjalankan aplikasi Y PPA Manager yang sangat bermanfaat umumnya buat Ubuntuers Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *