6 Aplikasi yang Harus Kalian Coba di Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu kini sudah tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu distro Linux yang paling populer di dunia. Salah satunya adalah karena kemudahan pengoperasiannya dibanding distro-distro Linux yang lain. Tentunya aplikasi-aplikasi yang terdapat di Ubuntu itu sendiri lah yang berperan penting mengapa Ubuntu bisa diklaim menjadi distro yang sangat mudah pengoperasiannya.
Nah, pada postingan kali ini saya ingin membagikan 10 Aplikasi keren yang harus kalian coba di Ubuntu 12.04 LTS kalian. Mau tau apa saja? Baca terus yaa.

1. ZIM

ZIM adalah aplikasi cross-platform gratis yang berfungsi untuk memanajemen catatan, memanajemen daftar keperluan, serta membantu penulisan ide-ide kedalam bentuk presentasi atau mindmap.

ZIM juga dapat ditambahkan plugin-plugin menarik seperti :

  • Memasukkan Diagram
  • Memasukkan Linkmap (semacam Mindmap)
  • Pengkoreksi Pengejaan
  • Memasukkan Simbol-simbol
  • Memasukkan Screenshot
  • Quicknote, dll

Untuk menginstallnya, kalian ketikkan perintah ini di terminal :


sudo apt-get install zim

2. ProzGUI

ProzGUI adalah aplikasi download manager seperti Internet DOwnload Manager yang ada di Windows. Namun ProzGUI saya rasa jauh lebih powerful dibandingkan IDM, karena prozGUI yang mudah dioptimalisasi, lebih rakus bandwidth, bebas untuk memecah file downloadan menjadi berapa saja, ringan, dan juga bisa pause dan resume download. Kalian harus mencoba aplikasi yang satu ini !

Cara install :


sudo apt-add-repository ppa:alza/project
sudo apt-get update
sudo apt-get install prozgui


3. Pinta Image Editor


Jika kalian dulu sering menggunakan aplikasi Photoscape di Windows, dan merasa bahwa aplikasi GIMP terlalu sulit untuk digunakan, maka kalian harus mencoba aplikasi yang satu ini. Pinta adalah aplikasi pengedit gambar yang pengoperasiannya sangat mudah dan powerfull.

Untuk menginstallnya :

sudo apt-get install pinta

4. K3b

K3b adalah aplikasi burning yang kaya akan fitur yang merupakan aplikasi burning bawaan di distro yang berbasis KDE. Jujur, menurut saya K3b ini lebih powerfull dibandingkan brasero yang ada di Ubuntu.

Untuk menginstallnya di Ubuntu ketik ini :

 sudo apt-get install k3b

 5. Pencil

Pencil adalah aplikasi yang cukup menarik yang fungsinya untuk membantu menggambar karakter-karakter kartun. Fokus dari aplikasi ini adalah kesimpelannya, akan tetapi fitur-fiturnya tidak kalah canggih kok dengan aplikasi-aplikasi lain.

Install Pencil di Ubuntu :

sudo apt-get install pencil

6. Mount Manager


Mount Manager adalah aplikasi manajemen partisi/Disk semacam Disk Utility/Gparted. Namun yang ini saya rasa lebih canggih, karena dapat me-mount dan unmount, mengedit settingan mount point, bahkan mengedit file konfigurasi /etc/fstab dengan sangat mudah. Tertarik?

Install di Ubuntu :

sudo apt-get install mountmanager

Komentar Pembaca . . .

  1. Gan, saya mau tanya.. saya kok tiap update driver VGA selalu gagal ya? setelah di restart, saat booting hanya hitam terus. gak mau masuk desktop. Ane make ACER Aspire E1-451G, VGA AMD Radeon HD 8750.. Itu kenapa ya?

    Balas
    • kemungkinan salah kang cara instalasi drivernya atau salah versi drivernya. kadang, vga di linux ga perlu diinstall lagi drivernya. justru setelah diinstall, malah terjadi booting hitam seperti yang akang alami. sebelum di update drivernya memang vganya tidak jalan kang? efek 3dnya jalan tidak?

      Balas

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.