Install Joomla 2.5 di Ubuntu 11.10

Dulu rasanya ada yang pernah request saya untuk menuliskan cara-cara instalasi Joomla di Ubuntu. Waktu itu saya iya-in aja, padahal mah saya gatau apa itu Joomla. 😀 Denger sih sering, cuman saya belum tau gunanya apaan. Akhirnya saya pun searching-searching tentang apa itu Joomla. Oooh ternyata Joomla itu adalah CMS untuk membuat website toh. Saya pun tertarik dan mencoba mendownloadnya. Dan ternyata cara instalasinya di Ubuntu mudah banget kok, yuk kita belajar cara-caranya :

1. Install webserver dulu di mesin kalian, silahkan merujuk ke artikel saya yang ini instalasi webserver di debian squeeze untuk menginstallnya. Sama saja kok cara penginstalannya di Debian dan di Ubuntu.

2. Download Joomla full package versi terbaru 2.5 di situs resminya di www.joomla.org

3. Cari file yang telah kalian download tadi lalu ekstrak. Kemudian rename nama foldernya yang ribet itu jadi joomla saja.

4. Setelah itu tekan alt + F2, kemudian ketikkan gksu nautilus. Nanti akan terbuka jendela nautilus baru dengan akses root. Nah disitu kalian pilih filesystem > var > www. Lalu kopikan folder joomla tadi kesitu

5. Setelah di kopi, buka terminal lalu ketikkan kedua perintah berikut untuk memberikan hak akses penuh untuk folder joomla tersebut :

sudo chown -R rizal.rizal /var/www/
sudo chmod -R 777 /var/www
sudo /etc/init.d/apache2 restart

nb:yang saya tandai merah itu kalian ganti dengan nama user kalian

6. Lalu buka web browser kalian dan arahkan ke http://localhost/joomla maka akan muncul tampilan seperti ini. Pilih bahasa English saja, lalu klik next

7. Pastikan bagian yang saya lingkari dibawah menampilkan yes semua. Tapi untuk recommended setting yang saya tandai kotak tidak apa-apa jika ada beberapa yang berwarna merah. Kemudian klik next.

8. Bagian ini akan menampilkan persetujuan lisensi GPL (General Public License), silahkan dibaca hingga puas lalu klik next.

9. Isikan username dan password Mysql kalian, dan untuk database name nya isi saja dengan joomla. Kemudian klik next

10. Untuk konfigurasi FTP ini saya masih kurang mengerti, untungnya ini hanyalah poin optional, jadi kalian bisa menskipnya dengan mengklik next.

11. Ini adalah konfigurasi utamanya. Isikan domain website kalian, email kalian, dan juga user administratornya. Jika dirasa cukup, silahkan klik next

12. Jika muncul tampilan seperti ini berarti instalasi Joomla di Ubuntu kalian telah berhasil. Untuk keamanan kalian, Joomla sangat merekomendasikan untuk menghapus folder instalasi yang ada di komputer kalian. Silahkan klik remove installation folder. Jika sudah, pilih site untuk melihat website kalian, dan pilih administrator untuk masuk ke control panel administrator website kalian.

13. Inilah tampilan web sekolah saya yang dibangun dengan joomla 😀

Semoga bermanfaat 🙂

7 Comments

  1. postingan yang sangat menarik 🙂
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. 🙂

  2. @blog panik : hehe, bisa juga mas? ajarin saya dong. masih newbie nih sama joomla 😀
    @neesatechnology : i'm so happy if my article can be usefull for everyone. thanks for visiting my blog, i will visit your website soon. 😀
    @ongisnade : terima kasih gan, siap dikunjungi website aremanya. hehe
    @HA peduli : terima kasih mas 🙂 saya akan kunjungi 😀

  3. nice share gan.. detil bener..
    gan, ane ada masalah. proses install beres semua, sampai pada tahap remove installation folder, error. ane paksain masuk ke joomla administrator, dia malah install joomla lagi, ke tahapan awal (pilih bahasa)..
    dan waktu ane cek di folder joomla ane, emang belum remove tuh folder. ane del folder instalasi, malah error.
    apanya y gan yg salah? mohon petunjuk..

    1. makasih gan 🙂

      coba pas tahap remove instalasion folder kan error tuh, nah terus di remove manual aja folder instalasionnya. saya waktu itu bisa kok.

      errornya gimna?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *