Mudah!! Install virtualbox + phpvirtualbox di debian 6 squeeze

Ngelanjut postingan sebelumnya yang tentang snort, kali ini saya akan ngasih tau cara termudah dan tercepat untuk menginstall virtualbox di debian 6 alias debian squeeze. Oh iya, ini debiannya berlaku sebagai server lho yaa, jadi tanpa GUI sama sekali. full text :D. Nah lho, terus gimana dong ngejalanin virtual boxnya kalo cuma teks doang? Tenang coy, hehe berterima kasihlah kepada pembuat bahasa pemrograman php, karena ada sebuah software yang bisa mengimplementasikan virtualbox menjadi berbasis web dengan bahasa php. ya! bener! jadi ntar virtualboxnya dipanggil melalui client dan semuanyya di konfigurasikan disitu. keren kan?

yaudah, gausah lama-lama langsung aja step by stepnya.

1. Download dulu virtualbox-4.1 nya pake laptop client atau dari mana aja terserah. nanti file-file ini akan dikirim ke debian squeezenya pake samba. Download disini

2. Download extension packnya disini

3. Download phpvirtualboxnya dari sini

4. Setelah itu share sebuah folder di debiannya dan beri akses writeable agar kita bisa mengkopikan file kita dari laptop ke debiannya. Tapi tau kan cara install samba dan ngesharenya? kalo gatau, googling dulu yaa. :p

5. dari client (laptop) tekan tombol windows+r lalu ketikkan : ipserver –> contoh : 192.168.7.2. Setelah itu akan muncul folder yang sudah di share oleh si server. contoh folder yang saya share tadi itu letaknya di /home/server/data. langsung aja kopikan ke 3 file yang sudah kita donlod tadi ke dalam file sharing debiannya. Oh iya disini saya menggunakan OS Windows yaa, ntar kapan-kapan deh saya akan sharing pake yang OS Ubuntu. 🙂

6. Setelah proses kopi berhasil, sekarang anda pindah ke komputer server aja. Lakukan perintah berikut untuk menginstall virtualboxnya dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan :

# apt-get install apache2 mysql-server phpmyadmin php5 unzip
# cd /home/server/data
# dpkg -i *.deb
# apt-get -f install

7. Jika tidak ada pesan error, maka sampai tahap diatas virtualboxnya sudah berhasil terinstall dengan baik. Sekarang lanjut install Virtualbox extension packnya supaya nanti virtualboxnya support usb dan juga remote console. cara installnya (kita masih berada di folder /home/server/data) :

# VBoxManage extpack install Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-4.0.14-74382.vbox-extpack

8. Tahap yang terakhir yaitu untuk menginstall phpvirtualboxnya. Masih di dalam folder /home/server/data lakukan perintah ini :

# unzip phpvirtualbox-4.1-4.zip && cp -a phpvirtualbox-4.1-4 /var/www/phpvirtualbox
# adduser vbox –ingroup vboxusers

kalo diminta password isikan saja pass biar mudah.

lanjut

# cd /var/www/phpvirtualbox
# mv config.php-example config.php

restart vboxweb-servicenya dan apache2 nya

# /etc/init.d/vboxweb-service restart && /etc/init.d/apache2 restart

Langkah yang terakhir adalah menjalankan vboxwebsrv :

# /usr/lib/virtualbox/vboxwebsrv

Untuk mengaksesnya, buka dari web browser client http://ipserver/virtualbox –> http://192.168.1.8/phpvirtualbox

masukkan username : admin password : admin.

kalo muncul tampilan virtualbox GUI seperti gini berarti phpvirtualboxnya udah berhasil terinstall dengan baik. 🙂

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *